WAKIL Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi, SE, MM kemarin (15/12) meresmikan pembukaan PT. Prodia Widyahusada Tbk. Jejaring layanan pemeriksaan kesehatan terbesar ini resmi membuka cabang ke-124 di Bengkulu.

“Pemerintah Kota Bengkulu mengucapkan selamat atas pembukaan Prodia Bengkulu,” kata Dedy Wahyudi dalam sambutannya.

Dalam acara pembukaan Prodia di  Jalan S. Parman itu, Direktur Utama Prodia Dewi Muliaty menuturkan, sebenarnya sudah sejak dua tahun lalu Prodia ingin buka di Bengkulu. Akan tetapi karena masih melakukan pengembangan di daerah lain, maka pembukaan laboratorium klinik terlengkap ini baru buka di penghujung tahun 2018 ini.

“Pembukaan Prodia di Bengkulu ini menggenapi cabang di 34 provinsi. Kurun dua minggu persiapan pembukaan Prodia, sudah ada 50 calon pasien yang sudah mendaftar ingin mendapatkan pelayanan,” tutur Dewi.

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi meresmikan Prodia Bengkulu.

Wakil Walikota Bengkulu Dedy Wahyudi meresmikan Prodia Bengkulu.

Layanan Prodia, lanjut Dewi, akan mulai dibuka pada Senin, 17 Desember 2018. Pelayanan yang diberikan bukan layanan pengobatan. Melainkan pelayanan kesehatan yang bersifat promotif dan preventif.

“Kami memberikan layanan pro diagnosa. Yang artinya memberikan layanan diagnosa yang lebih baik. Sebagai bisnis pelayanan kesehatan, kami menggunakan teknologi terbaru. Perlatan lengkap internis dan diagnosis. Kalau ada yang berlum tercover di sini, bisa dikirim ke Jakarta dengan peralatan yang lebih canggih,” ungkap Dewi.

Dewi juga berharap Prodia bisa menjangkau lebih luas masyarakay Bengkulu yang selama ini belum pernah merasakan layanan kesehatan Prodia. Pihaknya juga berharap bisa menjadi mitra pemerintah untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Bengkulu dengan layanan berkualitas internasional.

Apa Saja Layanannya?

Untuk diketahui, Prodia Bengkulu saat ini melayani pemeriksaan laboratorium. Baik pemeriksaan rutin maupun khusus. Beberapa tes pemeriksaan yang tersedia diantaranya :

  • pemeriksaan hematologi
  • imunologi
  • serologi
  • pemeriksaan terkait antigen dan antibodi hepatitis B
  • fungsi tiroid
  • pemeriksaan kadar glukosa
  • HbA1c
  • lemak
  • fungsi ginjal
  • fungsi hati dan elektrolit
  • pemeriksaan petanda tumor
  • hormon reproduksi
  • urinalisa dan lain-lain

Layanan kesehatan lainnya, Prodia sudah meluncurkan pemeriksaan Cancer Risk (Carisk) yang merupakan pemeriksaan genomik yang digunakan untuk menganalisis lebih dari 64 gen dan 65 varian. Pemeriksaan ini terkait sembilan jenis kanker.

Sembilan jenis kanker itu yakni kanker payudara, usus besar atau kolorektal, serviks, hati, pankreas, paru, lambung dan uterus. Adapun pemeriksaan genomik risk lainnya yang akan dikembangkan dapat digunakan untuk memetakan risiko penyakit kardiovaskular, hipertensi, diabetes, automun dan kanker berdasarkan genetiknya.

Sementara itu pada pembukaan kemarin tampak hadir Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Herwan Antoni, Kepala Dinas Kesehatan Kota Susilawaty, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Toni Harisman, Komisaris Utama Prodia Andi Widjaja, Komisaris Prodia Gunawan Prawiro.

Lalu tampak pula Direktur Bisnis dan Marketing Prodia Indriyanti Rafi S, Regional Head Prodia Region Sumatera Hermin Tikumaqdika, Branch Manager Prodia Bengkulu Putra Firdaus serta manajemen Prodia lainnya.(ken)

Share This