medsos
#BPN 30 Day Blog Challange

Pintar-pintar Bermedia Sosial

Makin hari, media sosial tidak lagi menjadi tempat yang nyaman. Rasanya semakin banyak orang yang memanfaatkan media sosial dengan tujuan tidak baik. Hoax, bully sampe istilah yang sekarang lagi nge-hits, body shaming acapkali tak sengaja lewat di beranda.

So kita mesti pintar-pintar. Pintar menyeleksi pertemanan, pintar buat cepet out dari grup-grup nggak bermutu, unfollow pemilik akun yang gemar posting aneh-aneh, pintar memilah mana informasi yang tidak akurat, pintar untuk mencerna informasi dan tidak menshare ulang informasi yang sumir.

Bukannya apa-apa. Kalau setiap hari kita “dipaksa” menerima informasi yang sama sekali tak bermanfaat, yang ada malah bikin kita menjadi selalu berpikir negatif. Padahal ada banyak hal positif yang bisa didapat dari berselancar di dunia maya.

Kenapa Medsos Mudah Jadi Ladang Hoax

Medsos mudah menjadi ladang hoax karena memang penggunanya yang sangat banyak. Mengutip dari situs berita okezone.com, penelitian We Are Social dan Hootsuite, terungkap bahwa masyarakat Indonesia sangat gemar mengunjungi media sosial.

Tercatat ada 130 juta masyarakat Indonesia yang aktif di berbagai media sosial. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter dan lainnya. Dalam laporan juga diungkapkan pada Januari 2018, total masyarakat Indonesia sejumlah 265,4 juta penduduk. Sedangkan penetrasi penggunaan internet mencapai 132,7 juta pengguna.

Jika membandingkan antara jumlah pengguna internet dengan pengguna medsos, berarti sekitar 97,9 juta pengguna internet di Indonesia sudah menggunakan medsos. Sedangkan jika dibandingkan dengan total penduduk Indonesia, ini berarti sekira 48 persen penduduk Indonesia telah mencicipi medsos.

Dalam data ini juga terlihat jika sekira 120 juta pengguna, atau sekira 92 persen dari total pengguna medsos datang dari perangkat mobile. Tentu saja, jumlah ini sangat besar. Besarnya angka pengguna internet inilah yang kerap dimanfaatkan sekelompok orang atau secara individu untuk menyebarkan info-info yang bisa mematik konflik.

Agar dunia maya lebih menyenangkan, sebaiknya jangan lakukan ini di dunia maya :

  1. Curhat masalah pribadi
  2. Share atau posting info yang belum bisa diyakini kebenarannya
  3. Posting info berbau SARA dan pornografi
  4. Berkata kasar
  5. Posting info pribadi dengan detail
  6. Posting foto mantan
  7. Share karya tulisan atau foto tanpa izin

Akan lebih baik jika memanfaatkan media sosial untuk :

  1. Personal branding
  2. Share info bermanfaat
  3. Medsos sebagai ladang rezeki
  4. Menambah jaringan dan kolaborasi
  5. Mengembangkan potensi diri
  6. Berkomunitas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top