HARUS diakui bahwa alokasi transportasi dan akomodasi merupakan pos yang paling membutuhkan banyak biaya saat liburan. Keduanya bisa saja sih disiasati dengan memanfaatkan  pinjaman uang tunai.

Tetapi, kalau kamu sudah terbiasa jalan sendirian apalagi ikutan open trip, sudah pasti paham bagaimana caranya menyiasati liburan biar makin hemat tanpa ribet. Nah, kalau gitu kita ulas aja nih gimana cara bisa liburan hemat tanpa harus mengurangi kebahagiaan saat liburan.

Destinasi Anti Mainstream

Penerbangan menuju Pulau Bali. Foto: Komi Kendy

Penerbangan menuju Pulau Bali. Foto: Komi Kendy

Destinasi Instagramable di Indonesia bukan di Bali aja lho. Kementerian Pariwisata sejak tahun lalu mempromosikan 10 obyek wisata Bali baru di Indonesia.

Nah, kamu bisa pilih nih beberapa obyek menarik selain ke Bali. Apalagi infrastruktur wisata juga sudah dibangun dengan memadai ke 10 daerah ini. Diantaranya adalah Danau Toba di Sumut, Tanjung Kelayang di Babel, Tanjung Lesung di Banten, Kepulauan Seribu yang dekat dengan Jakarta, Candi Borobudur, Bromo Tengger Semeru, Mandalika di NTB, Labuan Bajo di NTT, Wakatobi di Sulawesi Tenggara dan Morotai di Maluku Utara.

Kalau mau menekan budget mulai aja dulu dari yang paling dekat. Kepulauan Seribu misalnya. Pulau Seribu di Jakarta ini juga punya banyak destinasi lho. Rasanya buat eksplore seharian juga pasti bakal kurang. Seperti Pulau Pramuka, Pulau Bidadari, Pulau Tidung, Pulau Pari, Pulau Kelor, Pulau Onrust dan beberapa pulau indah lainnya.

Sharing Budget Bareng Teman

Ngomongin soal hemat rasanya gak bisa lepas dari peran orang lain. Biar tetap bisa menjaga privasi tapi tetap enjoy, kamu bisa ajak salah satu teman yang bisa diajak sharing budget buat traveling.

Kalau kamu jago foto, cari teman yang memang jago video. Supaya konten liburan kamu juga makin lengkap. Anggap aja lagi ngumpulin konten liburan bareng. Lumayan juga kan kalau cerita dan fotonya bisa ditulis dan laku dipasang di majalah atau media. Bisa balik modal deh ongkos liburan kamu.

Pilih Homestay Biar Lebih Akrab dengan Masyarakat

Salah satu cara untuk bisa mengenal lebih dekat tempat wisata yang kamu kunjungi adalah dengan mengenal warganya. Sesekali kamu bisa mencari tempat penginapan di homestay yang memang nyaman dan nyaman untuk kamu tempati.

Di beberapa pemesanan hotel online saja sudah disediakan kok opsi untuk memilih homestay. Cuma memang hanya beberapa daerah saja. Info homestay seperti ini sebetulnya bisa kamu dapatkan dengan mudah juga di beberapa grup backpacker. Bahkan kamu bisa memanfaatkan situs seperti couchsurfing untuk mendapatkan host di destinasi wisata kamu.

Liburan Ala Warga Lokal

Berlibur ke Goa Jatijajar bisa menjadi alternatif traveling. Foto: Komi Kendy

Berlibur ke Goa Jatijajar bisa menjadi alternatif traveling. Foto: Komi Kendy

Lagi-lagi bicara soal budget, cara paling mudah untuk bisa menekan biaya adalah berlibur ala warga lokal. Cari aja warung-warung makan yang paling ramai dikunjungi oleh warga sekitar. Kamu juga bisa langsung bertanya pada warga lokal untuk mencari rumah makan sederhana yang masih menyediakan makanan khas daerahnya.

Tempat seperti ini ibarat seperti menemukan harta karun yang tersembunyi. Jangan lupa didokumentasikan. Cara seperti ini juga bisa membantu mempromosikan mereka agar tetap bisa eksis sekaligus mengangkat kesejahteraan mereka lewat kuliner khas lokal yang pasti dicari oleh wisatawan.

Andalkan Jasa Pinjaman Uang Tunai

Kalau kamu sudah kebelet mau liburan tapi tabungan cekak, bisa juga lho memanfaatkan pinjaman uang tunai dari Kredivo. Kredivo adalah salah satu lembaga keuangan yang memberikan kemudahan pinjaman tunai secara online yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan.

Syarat daftarnya juga enggak ribet kok. Minimal kamu sudah berusia 18 tahun, punya penghasilan minimal Rp3 juta perbulan dan berdomisili di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Medan, Palembang, Semarang, Bali, Yogyakarta, Solo, Malang, Makassar, Cirebon, atau Sukabumi.

Untuk daftar, download saja dulu aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Selesaikan pendaftarannya dan tunggu persetujuan dalam waktu 1×24 jam. Kredit limit yang diberikan Kredivo bisa mencapai Rp30 juta. Kredit limit inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk belanja online maupun mengajukan pinjaman uang tunai secara online.

Bunganya paling rendah dibandingkan dengan perusahaan lain yaitu 2,95 persen per bulan. Untuk pinjamannya bisa memanfaatkan pinjaman mini mulai dari Rp500 ribu dengan pengembalian dalam 30 hari. Sedangkan pinjaman jumbo mulai dari Rp1 juta dengan tenor mulai dari 3 bulan atau 6 bulan dengan bunga rendah 2,95 persen saja.

Cara mendapatkannya juga mudah saja kok. Tinggal isi form yang tersedia di aplikasi kemudian masukkan rekening atas nama pribadi dan tunggu dalam hitungan menit. Pinjaman akan langsung ditransfer ke rekening kamu. Jadi, sudah siap liburan ke mana aja nih? (**)

Share This