PERJALANAN AGAR SI KECIL JADI ANAK GENERASI MAJU

BISA dibilang perjalanan menjadi Mombassador SGM Eksplor adalah berkat keberadaan Sean Kilimanjaro. Dia anak lelaki pertamaku. Empat tahun usianya kini. Sejak Sean dalam kandungan, bunda mulai banyak cari referensi soal parenting, nutrisi dan gizi supaya mendapat informasi untuk memantau tumbuh kembang anak. Kan saya pengennya Sean menjadi anak generasi maju.

Pas usia 3 bulan, Sean sempat mengonsumsi susu SGM Ananda Soya untuk usia 0-6 bulan. Saat itu kami sempat mengira Sean alergi karena di punggung, perut, leher, tangan dan kaki tumbuh bentol-bentol merah.

Dua kali periksa ke dokter anak, dibilang begitu. Sean alergi dari ASI bundanya. Untuk sementara disuruh membatasi Air Susu Ibu (ASI) dan mengonsumsi makanan yang tidak amis-amis. Karena ragu, kami pun ke dokter kulit. Hasilnya, Sean bukan alergi dari ASI bunda. Tapi kena scabies.

Pengalaman dari penyakit kulit yang sempat dialami Sean, bundanya makin aktif browsing dan gabung di grup facebook yang isinya membahas soal parenting, nutrisi dan gizi. Gabung juga grup-grup blogger yang membernya didominasi perempuan. Seperti Blogger Perempuan dan Kumpulan Emak Blogger.

Dari grup-grup Facebook, sekitar pertengahan Januari 2018 ada informasi bahwa SGM Eksplor mengundang bunda-bunda yang aktif di media sosial untuk gabung di Mombassador SGM Eksplor. Langsung dah diisi formnya. Alhamdulillah setelah proses seleksi, dinyatakan lolos dan bergabung di salah satu komunitas bunda terbesar di Indonesia.

Mombassador SGM Eksplor

Mombassador SGM Eksplor saat mengikuti outbound di Candi Prambanan.

Tentang Mombassador SGM Eksplor

Bunda sudah kenal belum apa itu Mombassador SGM Eksplor? Mombassador SGM Eksplor dibentuk oleh PT. Sarihusada Generasi Mahardika, sebuah perusahaan produsen susu untuk anak, ibu hamil dan menyusui. Komunitas ini bertujuan mengajak bunda-bunda Indonesia menjadi lebih paham dan peduli terhadap gizi, nutrisi dan perkembangan anak.

Harapannya kelak para bunda dapat mempersiapkan anak-anak menjadi anak generasi maju dan memiliki lima potensi anak generasi maju. Yakni mandiri, supel, kreatif, percaya diri, tumbuh tinggi dan kuat.

Proses Seleksinya

Untuk menjadi Mombassador, sudah barang tentu kita mesti ikut seleksi bunda. Pertama, kita mendaftar melalui form yang biasanya disampaikan melalui FanPages Facebook Aku Anak SGM atau juga info dari komunitas seperti Blogger Perempuan dan Komunitas Emak Blogger. Jadi bunda jangan lupa like Aku Anak SGM dan pantau terus informasi terupdatenya.

Lolos diseleksi pertama, ada seleksi lagi melalui pengisian form. Selanjutnya setelah lolos tahap dua, ada telepon masuk dari tim community SGM Eksplor yang memberikan informasi bahwa saya lolos. Duhh senangnya. Begitu menutup telepon, beneran lompat-lompat kegirangan. Yogja, Yogja. Yap, pengumuman lolos ini sekaligus undangan buat berangkat ke acara Temu Bunda di Kota Yogjakarta. Plus mengunjungi secara langsung pabrik SGM Eksplor.

MOMEN MENARIK, YA YOGJA

Bagi saya selama bergabung di Mombassador SGM Eksplor adalah ketika mendapat undangan ke Kota Gudeg itu pada Maret 2018 lalu. Istimewanya, ini adalah pertama kalinya ke Yogyakarta sendirian setelah dewasa. Dulu ke sana masih anak-anak. Terus untuk pertama kalinya diajak ke pabrik susu SGM Eksplor. Ikut workshop di Hotel The Alana Yogyakarta dan outbound di Prambanan.

Biar kata cuma dua malem menginap, tapi rasanya senang sekali. Untuk pertama kalinya saya berkumpul bersama bunda-bunda lain dengan berbagai latar belakang. Ada yang ibu rumah tangga, influencer, blogger, vlogger penyiar, guru, pekerja media dan lain-lain. Semuanya punya satu kesamaan. Sama-sama senang menebar manfaat melalui media sosial dan menginginkan anaknya menjadi anak generasi maju.  

Para Mombassador foto bersama di depan pabrik.
Mombassador SGM Eksplor berada di depan pabrik SGM

Benefit Mombassador SGM Eksplor

Kalau ditanya benefit apa yang didapat dengan bergabung dengan Mombassador SGM Eksplor, jawabannya jelas tidak bisa terhitung lagi. Jadi banyak mendapat informasi yang bermanfaat seputar tumbuh kembang anak dan nutrisi melalui live chat di IGTV @Aku Anak SGM dan fanspage Aku Anak SGM. Bunda juga bisa mendapatkan informasi tersebut melalui situs resmi Aku Anak SGM.

Di komunitas Mombassador SGM Eksplor, saya juga jadi paham akan pentingnya personal branding. Bagaimana membangun citra yang baik, bukan hanya di dunia maya melalui media sosial saja. Tapi juga di dunia nyata. Bagaimana pikiran, perilaku, ucapan dan penampilan bisa menjadikan diri kita sebagai perempuan yang luar biasa. Memiliki etiket, etika dan berkarakter.

Terus yang bikin saya bangga nih, tahun 2019 mendapat kesempatan menjadi Bundafluencer. Semoga tahun 2020 ini bisa kepilih lagi. Karena tahun lalu itu saya tidak mendapat izin suami berangkat ke Jakarta lantaran hamil anak kedua.

Benefit lainnya, sering voucher belanja dan transferan GoPay dari berbagai program yang diikuti. Dapet tas cantik, kain batik sebagai “baju seragamnya” Mombassador. Soal pertemanan, jaringan pun bertambah. Sekarang banyak kenal sama bunda-bunda inspiratif melalui media sosial.

Tak kalah pentingnya nih. Jadi dapet banyak ilmu soal dunia digital. SGM Eksplor rajin bener mengadakan workshop soal blog, fotografi dan media sosial. Yang jauh dan belum bisa merapat, difasilitasi melalui Kulwap alias Kuliah WhatsApp. Pokoknya bahagia banget bisa gabung di komunitas ini. Pengalaman menjadi Mombassador Eksplor juga bisa dibaca melalui artikel Tahun Baru Semangat Baru Bersama SGM Eksplor 

Nah, tahun ini SGM Eksplor berencana menambah member lagi. Sepertinya akan dibuka batch 8. Bunda-bunda yang ingin bergabung, silakan ikutin terus postingan Aku Anak SGM supaya tidak ketinggalan informasi. Semoga makin banyak lagi bunda yang bergabung, mendapat manfaat dan menebar manfaat untuk bunda-bunda lainnya.(**).

Share This