tema blog yang paling disukai
#BPN 30 Day Blog Challange

Empat Tema Blog yang Paling Disukai

Setelah punya blog, biasanya kita tidak akan asing lagi sama yang namanya niche. Niche atau tema adalah topik yang dibahas dalam tulisan. Misalnya traveling, pendidikan, beauty, fashion, kuliner, fotografi, tips, download film dan lain-lain.

Dari beberapa artikel yang pernah dibaca, idealnya setiap blog punya niche khusus. Yakni cukup membahas satu tema saja. Misal kalau soal otomotif, semua tulisannya ya seputar otomotif dengan segala seluk-beluknya.

Begitu juga dengan para pencari job, yang biasanya kerap menginginkan kerjasama dengan blogger pemilik blog berniche khusus. Tapi sayangnya nilai ideal itu tak bisa saya junjung. Karena apa? Karena buat saya rasanya akan membosankan jika hanya menulis tema yang sama terus.

Padahal seyogyanya menulis adalah kebebasan. Bebas menuangkan apapun yang kita pikirkan. Eh, tapi ini pandangan saya ya. Mungkin bagi blogger yang memilih fokus pada satu niche pada blognya punya pendapat berbeda. Pasti punya pertimbangan matang kenapa blognya hanya punya tema tertentu.

Kalau saya, saya adalah pemilik blog gado-gado dengan beragam kategori. Malah tak sedikit isi blog memuat tulisan yang sudah terbit di media cetak. Tapi biar kesannya rada nggak konsisten, saya happy-happy aja.

Kalau masih ada yang mau menjalin kerjasama dengan blog gado-gado ini, Alhamdulillah. Kalau tidak juga tak apa. Yang penting saya merasakan kebahagiaan ketika tulisan saya sudah diposting. Nah, diantara banyak tema yang ada setidaknya empat tema blog ini yang paling disukai :

1.Traveling

Traveling so pasti menjadi tema terfavorit. Ini adalah aktivitas yang paling saya suka sejak masih single. Setelah menikah, aktivitas traveling semakin bertambah. Yang artinya semakin banyak pula tulisan perjalanan yang saya buat di blog ini.

2.Kuliner

Jalan-jalan nggak lengkap tanpa makan-makan. Sayang dilewatkan momen memotret masakan dengan sajian menggugah selera. Selain menulis tentang tempat dan menu masakan di restoran atau rumah makan yang dikunjungi, kita juga bisa menulis resep masakan favorit keluarga.

3.Tips

Menulis tips juga menjadi tema yang saya sukai. Tentang apa saja. Tips bikin SIM, tips berolahraga, mendaftarkan kartu provider, tips membuat desain, membuat NPWP dan lain-lain. Tulisan bertema tips biasanya mendatangkan traffic lebih banyak. Berkaca dari diri sendiri yang selalu buka search engine ketika ingin cari info tentang sesuatu dan bagaimana tipsnya.

4.Fotografi

Menulis tentang fotografi sejalan dengan passion saya yang memang suka memotret. Apalagi memotret aktivitas traveling dan pemandangan dengan beragam tekniknya. Setidaknya 15 persen tulisan yang ada di blog ini berisi tentang aktivitas fotografi yang pernah saya lakukan.

Nah, kalo kalian tema apa nih yang paling disukai? Berbagi cerita yuks di kolom komentar.(**)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top