MENULIS soal kuliner nusantara, memang nggak ada habisnya. Kebetulan nih, sudah lama nggak nulis soal masak-masak. Kali ini saya ingin menulis resep masakan yang menjadikan hutan sumber makanan. Menunya adalah cumi tumis kecombrang. Tentu sudah pada tahu kan sama kecombrang.

Kecombrang ini disebut juga unji/ honje, merupakan jenis tanaman yang tumbuh di hutan dan juga di sekitar kita. Bentuknya mirip gasing dan lancip di ujungnya. Berwarna merah muda, hingga merah merekah jika sudah membentuk bunga.

Di pasar, masih cukup mudah ditemukan. Kecombrang ini aslinya bisa banget diolah untuk berbagai macam ragam masakan karena memiliki cita rasa tinggi. Aromanya segar, rasanya sedikit pedas dan bisa menggugah selera makan bagi penggemar makanan ini.

Nah, untuk memasak cumi tumis kecombrang tidak sulit didapat. Berikut bahan-bahannya :

Bahan

Bahan memasak cumi tumis kecombrang

Bahan memasak cumi tumis kecombrang

500 gr                   Cumi basah yang masih segar

1/2 ons                 Kecombrang

1/2 ons                 Cabai merah

10 buah                Cabai rawit (sesuai selera)

1 batang               Serai

1 iris                      Lengkuas

3 lembar              Daun Jeruk

5 siung                 Bawang merah

2 siung                 Bawang Putih

Garam, lada, penyedap rasa dan minyak goreng

Cara Memasak

Semua bahan cumi tumis kecombrang dicampur jadi satu

Semua bahan cumi tumis kecombrang dicampur jadi satu

  1. Panaskan minyak goreng secukupnya di penggorengan. Tumis bawang merah, bawang putih hingga tercium aroma wangi.
  2. Masukkan cabai merah dan cabai rawit, lengkuas dan serai yang sudah digepruk, daun jeruk, garam, lada dan penyedap rasa.
  3. Masukkan cumi, tunggu hingga lembut.
  4. Setelah cumi masak, baru masukkan irisan kecombrang.
  5. Kecombrang tidak perlu ditumis terlalu lama.
  6. Angkat, sajikan.

Mudah sekali bukan masak cumi tumis kecombrang. Paling lama untuk memasak menu yang satu ini, hanya memakan waktu tidak sampai setengah jam. Cocok untuk menu harian. Setengah kilogram cumi itu bisa untuk makan dua orang, satu kali makan. Paling nikmat disantap dengan nasi hangat.

Manfaat Kecombrang

Kecombrang memiliki manfaat dan khasiat yang tinggi. Baik itu manfaat untuk kesehatan atau dijadikan untuk kosmetik. Manfaatnya antara lain baik untuk produksi Air Susu Ibu (ASI) bagi ibu menyusui. Mencegah kanker serviks dan payudara, buahnya bisa menjadi obat sakit telinga. Daunnya bisa untuk membersihkan luka karena mengandung antimikroba dan antioksidan.

Selain itu kecombrang juga menguatkan tulang dan gigi, mencegah dehidrasi, mengihlangkan bau mulut  dan bau badan, menjadi pewarna alami untuk lipstik. Untuk lebih lengkapnya tentang kecombrang, silakan baca tulisan saya yang lainnya di blog ini Kecombrang, Hutan dan Pemenuhan Hak Perempuan. Sampai jumpa di tulisan kuliner berikutnya.(**)

Share This