Cumi Tumis Kecombrang

Cumi Tumis Kecombrang

MENULIS soal kuliner nusantara, memang nggak ada habisnya. Kebetulan nih, sudah lama nggak nulis soal masak-masak. Kali ini saya ingin menulis resep masakan yang menjadikan hutan sumber makanan. Menunya adalah cumi tumis kecombrang. Tentu sudah pada tahu kan sama kecombrang.

Kecombrang ini disebut juga unji/ honje, merupakan jenis tanaman yang tumbuh di hutan dan juga di sekitar kita. Bentuknya mirip gasing dan lancip di ujungnya. Berwarna merah muda, hingga merah merekah jika sudah membentuk bunga.

Di pasar, masih cukup mudah ditemukan. Kecombrang ini aslinya bisa banget diolah untuk berbagai macam ragam masakan karena memiliki cita rasa tinggi. Aromanya segar, rasanya sedikit pedas dan bisa menggugah selera makan bagi penggemar makanan ini.

Nah, untuk memasak cumi tumis kecombrang tidak sulit didapat. Berikut bahan-bahannya :

Bahan

Bahan memasak cumi tumis kecombrang

Bahan memasak cumi tumis kecombrang

500 gr                   Cumi basah yang masih segar

1/2 ons                 Kecombrang

1/2 ons                 Cabai merah

10 buah                Cabai rawit (sesuai selera)

1 batang               Serai

1 iris                      Lengkuas

3 lembar              Daun Jeruk

5 siung                 Bawang merah

2 siung                 Bawang Putih

Garam, lada, penyedap rasa dan minyak goreng

Cara Memasak

Semua bahan cumi tumis kecombrang dicampur jadi satu

Semua bahan cumi tumis kecombrang dicampur jadi satu

  1. Panaskan minyak goreng secukupnya di penggorengan. Tumis bawang merah, bawang putih hingga tercium aroma wangi.
  2. Masukkan cabai merah dan cabai rawit, lengkuas dan serai yang sudah digepruk, daun jeruk, garam, lada dan penyedap rasa.
  3. Masukkan cumi, tunggu hingga lembut.
  4. Setelah cumi masak, baru masukkan irisan kecombrang.
  5. Kecombrang tidak perlu ditumis terlalu lama.
  6. Angkat, sajikan.

Mudah sekali bukan masak cumi tumis kecombrang. Paling lama untuk memasak menu yang satu ini, hanya memakan waktu tidak sampai setengah jam. Cocok untuk menu harian. Setengah kilogram cumi itu bisa untuk makan dua orang, satu kali makan. Paling nikmat disantap dengan nasi hangat.

Manfaat Kecombrang

Kecombrang memiliki manfaat dan khasiat yang tinggi. Baik itu manfaat untuk kesehatan atau dijadikan untuk kosmetik. Manfaatnya antara lain baik untuk produksi Air Susu Ibu (ASI) bagi ibu menyusui. Mencegah kanker serviks dan payudara, buahnya bisa menjadi obat sakit telinga. Daunnya bisa untuk membersihkan luka karena mengandung antimikroba dan antioksidan.

Selain itu kecombrang juga menguatkan tulang dan gigi, mencegah dehidrasi, mengihlangkan bau mulut  dan bau badan, menjadi pewarna alami untuk lipstik. Untuk lebih lengkapnya tentang kecombrang, silakan baca tulisan saya yang lainnya di blog ini Kecombrang, Hutan dan Pemenuhan Hak Perempuan. Sampai jumpa di tulisan kuliner berikutnya.(**)

Ayam Saos Lada Hitam Favorit Sahur & Berbuka

Ayam Saos Lada Hitam Favorit Sahur & Berbuka

RAMADHAN memang bulan yang penuh berkah. Selain karena di bulan suci ini pintu mencari pahala terbuka lebar dan berlipat, kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga juga jadi lebih sering. Saya juga jadi punya waktu untuk masak ayam saos lada hitam favorit keluarga karena jam kantor lebih cepat pulangnya.

Selain itu, jika pada hari biasa makan malam hanya bersama suami, maka di bulan Ramadhan ini saya yang masih tinggal bersama mama dan dua adik di rumah selalu buka bersama keluarga. Nah karena setiap orang punya selera yang berbeda-beda, terkadang jadi suka bingung kalau mau masak. Masak ikan, suami yang nggak doyan. Daging sapi, adik perempuan yang gak doyan. Masak soto, adik yang laki-laki yang ga suka.

Hingga pada suatu hari timbul ide bikin masakan dari bahan ayam, tanpa tulang dengan saos yang rasanya mirip dengan masakan salah satu restoran favorit keluarga. Saya menyebutnya ayam saos lada hitam. Dan ternyata masakan inilah yang seleranya kompak. Selalu ludes dari piring tanpa sisa. Rasanya manis, pedas dan gurih di lidah.

Sebagai perempuan pekerja yang hari liburnya cuma Minggu dan setiap hari pulang menjelang Magrib, terus terang saya lebih memilih masak makanan dengan cara yang praktis dan cepat. Apalagi kalau bulan Ramadhan, masaknya jadi harus lebih gesit.

Nah, memasak ayam saos lada hitam ini menjadi masakan yang disukai oleh keluarga, tapi masaknya gampang dan nggak pakai lama. Jadi melalui tulisan perdana menulis resep masakan hasil buatan sendiri ini saya ingin berbagi resep Ramadhan yang bisa dijadikan sebagai menu sahur atau makanan buka puasa. Dimulai dari menyiapkan bahan-bahannya :

Resep Ayam Saos Lada Hitam

Bahan masakan ayam saos lada hitam

Bahan-bahan masakan ayam saos lada hitam. Foto: Komi Kendy

Bahan

800 gr – Ayam potong daging dada bersih

5 siung – Bawang merah

3 siung – Bawang putih

1 ons – Bawang bombay

3 bks – Saos lada hitam kemasan

1/2 sendok – Merica

4 sendok – Kecap Manis

10 buah – Cabai rawit (sesuai selera)

1 sendok – Garam

 

Meracik Bahan

  • Cuci daging ayam hingga bersih, lalu iris kecil dengan potongan lebar seperti di-fillet
  • Iris 1 ons bawang bombay atau bisa ditambah sesuai selera
  • Giling halus 5 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih dengan garam dan merica.
  • Iris 10 buah cabai rawit atau bisa ditambah dan dikurangi sesuai selera
  • Tahapan Masak di Kompor
  • Panaskan minyak goreng di kuali
  • Tumis bawang merah, bawang putih, garam dan merica yang sudah digiling halus hingga aroma harumnya keluar
  • Masukkan daging ayam, aduk sampai rata
  • Masukkan kecap dan cabai rawit. Lalu tambah sedikit air hingga meresap. Biarkan 10 menit.
  • Setelah daging ayam mulai matang, masukkan lada hitam cair dan bawang bombay, biarkan 5 menit.
  • Kalau ingin kuahnya lebih banyak, bisa ditambah sedikit air.
  • Setelah kuahnya tampak kental, pindahkan ke piring. Selesai deh.

Gimana? Gampang kan masak ayam saos lada hitam. Daging ayam ini bisa juga diganti sama daging sapi, tahu atau tempe loh. Saya juga udah pernah coba memasaknya dengan bahan lain. Saya juga punya resep masakan lain berbahan ayam. Namanya rolade ayam. Bisa dibaca juga ya buat referensi memasak untuk keluarga.

Walau memasaknya mudah dan praktis, tapi yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahannya. Semuanya harus segar. Baik itu daging, maupun bawang dan cabainya. Karena kalau bukan bahan terbaik yang dibeli, akan mempengaruhi rasa. Misal kalau dagingnya sudah kurang segar, rasanya jadi tidak manis lagi. Walau sudah dibumbui sedemikian rupa, ada rasa “sepah” yang tersisa.

Belanja di HappyFresh

Kurir Happy Fresh

Kurir Happy Fresh

Buat yang ingin membeli bahan masakan segar tapi punya waktu banyak untuk berbelanja, tidak usah khawatir tidak mendapatkan bahan masakan yang masih fresh. Karena sekarang ada layanan belanja online khusus bahan masakan segar. Yap. HappyFresh namanya.

Jasa layanan HappyFresh ini sangat membantu. Khususnya yang nyaris tidak punya waktu buat belanja. Jadi kita bisa menghemat waktu. Nggak perlu capek mondar-mandir bawa troli sampe berdiri antre panjang di kasir.

Selain itu juga menghindarkan diri dari pengeluaran belanja lainnya yang bikin budget belanja bahan makanan jadi membengkak. Hihihi tau sendiri kan ibu-ibu biasanya ngeliat yang lain, semuanya jadi bikin merasa perlu dibeli.

Apalagi belanja dengan menggunakan layanan HappyFresh ada promo #BukaKebahagiaan selama Ramadhan. So, sangat tepat menjadikan HappyFresh sebagai pilihan utama para buat berbelanja.

Seperti yang kita ketahui, di zaman digital seperti sekarang ini aktivitas berbelanja bahan masakan segar pun bisa dilakukan cukup menggunakan ujung jari saja. HappyFresh memberikan kemudahan itu melalui aplikasi yang diluncurkan melalui AppStore atau Google Play Store.

Meski bukan kita sendiri yang memilih langsung sayur, bahan mentah lauk dan lain-lain, namun HappyFresh memberikan jaminan yang dibeli adalah kualitas terbaik. Soalnya tenaga alias sumber daya manusia yang berbelanja, sudah dibekali oleh pengetahuan dan keahlian memilih bahan masakan yang oke punya.

Download Aplikasinya

Download aplikasi Happy Fresh di PlayStore

Download aplikasi Happy Fresh di PlayStore

Terus gimana dong kalau mau menggunakan jasa layanan berbelanja bahan masakan segar dari HappyFresh? Caranya gampang bingits. Tinggal buka AppStore (pengguna smartphone Aplle) atau Google Play Store. Ketik HappyFresh di pencarian. Install. Berat aplikasi ini hanya 29 MB dan sekarang sudah dipakai oleh lebih dari 1 juta orang.

Asyiknya lagi, HappyFresh sekarang lagi ada diskon Rp 50 ribu loh untuk order pertama dengan pembelian minimal Rp 150 ribu. Diskon ini bisa kita dapatkan dengan memasukkan kode BUKARESEP di halaman checkout yang ada di aplikasi. Atau bisa juga dengan memasu  Promo ini berlaku 1 Januari-31 Desember 2018.

Cara Belanja

Cara belanja HappyFresh mirip kayak kita berbelanja online di aplikasi belanja lainnya. Bedanya, HappyFresh khusus untuk berbelanja di supermarket. Kita tinggal tentukan melalui maps atau peta dimana tempat kita tinggal.

Nantinya aplikasi tinggal mengarahkan supermarket mana yang terdekat dengan rumah. HappyFresh dengan personal shopper terlatih yang akan berbelanja. Setelah itu dianter sampai ke rumah.

Supermarket Premium

Saat ini HappyFresh bekerja sama dengan banyak supermarket ternama. Ada Ranch Market, Farmers Market, Superindo, LOKA Lifestyle Supermarket, LotteMart, Grand Lucky dan Carrefour. Selain itu juga tersedia toko yang menjual barang khusus seperti Red & White.

Mahal Nggak?

Pilih barang yang kita perlukan. Barang yang kita beli melalui aplikasi, tetep sama dengan harga toko. Sistem pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit dan cash on delivery. Kita bisa membayar ketika barang sampai dan kita terima.

Waktu antar belanjaan juga bisa diatur dengan rentang waktu panjang. Mulai dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Jadi kalau masih ada keperluan di luar rumah, kita bisa bikin janji sama kurirnya kapan sudah ada di rumah. Mudah kan?(**)

Resep Rolade Ayam Favorit Keluarga

Resep Rolade Ayam Favorit Keluarga

Aslinya saya adalah orang yang jarang masak. Tapi bukan karena nggak bisa atau nggak hobi. Ada kalanya karena lelah bekerja, keinginan untuk memasak di dapur acapkali menjadi urusan nomor dua. Makanya saya selalu mencoba resep masakan yang mudah dan cepat membuatnya, tapi dinikmati semua anggota keluarga. Salah satunya rolade ayam.

Seperti namanya, rolade ayam berbahan dasar ayam potong yang sudah dipisahkan dagingnya dari tulang. Rolade ayam biasanya digemari anak-anak karena rada mirip seperti makanan fast food. Mirip nugget, tapi sedikit berbeda. Lebih aman dikonsumsi karena bisa dipastikan tanpa bahan pengawet.

Supaya nilai gizi dan nutrisi anak tercukupi, kita bisa menambahkan sayur seperti wortel, labu kuning atau brokoli. Rolade ayam juga bisa dijadikan stok ya. Disimpan ke dalam freezer terus tinggal dihangatkan saat ingin disantap. Btw sebelum membaca resepnya, mau ngasih info nih buat kawan-kawan yang mau membuka bisnis kuliner. Untuk manajemen yang lebih baik, bisa menggunakan aplikasi SPOT.

Ini dia resep rolade ayam favorit keluarga saya:

Bahan Kulit Rolade

  • 2 butir telur
  • 4 sdm air
  • 1/2 sdt garam

Cara Mengolah Kulit

  • Campur semua bahan kulit dengan dikocok pakai whisk (kocokkan telur yang dengan tangan) atau garpu.
  • Tuang adonan rolade ayam diatas teflon seperti membuat pancake di atas api sedang sampai matang.
  • Setelah matang, letakan diatas piring yang rata.

Bahan Isi

  • 1/4 daging ayam giling
  • 2 butir telur ayam
  • 4 sdm tepung panir
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt tepung terigu
  • 3 siung bawang putih halus
  • 1 batang daun bawang iris tipis
  • 1 batang wortel parut
  • 75 gr keju cheddar parut

Cara Mengolah Isi

  • Campur semua bahan diatas sampai rata
  • Ratakkan diatas kulit rolade ayam
  • Lipat kedua sisi kulit lalu gulung perlahan
  • Bungkus dengan daun pisang atau allumunium foil
  • Kukus selama 15-20 menit
  • Setelah dingin balur rolade dengan telur yang sudah dikocok
  • Lumurkan tepung panir ke seluruh permukaan rolade (boleh tidak usah pakai panir, sesuai selera)
  • Goreng setengah matang lalu iris dengan ketebalan sesuai selera
  • Bisa disimpan dalam freezer. Tinggal digoreng lagi sampai matang saat akan dihidangkan

Kandungan Gizi

Gimana, mudah kan membuatnya. Hayuk dicobain. Seperti yang sudah saya tulis sebelumnya, selain enak, mudah dan cepat memasaknya, rolade ayam yang satu ini juga memiliki nilai gizi yang baik. Apa saja?

Daging Ayam

Daging yang menjadi bahan dasar rolade ayam sudah jelas mengandung protein rendah lemak yang baik untuk perkembangan otot. Selain itu daging ayam juga mengandung mineral, fosfor dan kalsium yang baik untuk tulang.

Sayur Wortel

Wortel dikenal sebagai sayuran yang kaya akan vitamin A. Selain itu mengandung hidrat arang, kalsium, fosfor dan beta karoten. Zat yang disebutkan terakhir mampu memberikan perlindungan terhadap kanker, penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan memperlambat efek penuaan.

Nah, kalau buat anak menurut sejumlah penelitian yang dikutip dari beberapa sumber, wortel juga baik untuk mempertahankan kekebalan tubuh. Anak yang rajin mengonsumsi wortel lebih memiliki daya tahan dari infeksi yang diakibatkan virus.

Telur Ayam

Telur menjadi salah satu bahan dasar yang paling banyak digunakan pada rolade ayam. Telur ayam memiliki manfaat memberikan perlindungan terhadap otak, membantu menyerap kalsium, menyehatkan mata, menurunkan risiko jantung dan kanker serta menjadikan kulit lebih sehat.

Daun Bawang

Daun bawang memiliki kandungan quercetin dan kemferol yang merupakan zat antioksidan. Artinya baik untuk tubuh. Selain itu daun bawang pada rolade ayam juga baik untuk pencernaan, menjaga kadar gula, mencegah anemia dan manfaat lainnya.

Keju Cheddar

Sama halnya seperti daging ayam. Keju pada rolade ayam juga kaya akan protein. Kandungan protein pada keju bisa meningkatkan energi, meningkatkan kesehatan tulang dan otor, meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi lain, memperkuat rambut dan lain-lain.(**)