Waktu yang Tepat Mengajak Anak Berenang
DIVE & SWIM PARENTING

Waktu yang Tepat Mengajak Anak Berenang

HAMPIR sebagian besar anak suka bermain air. So, nggak ada salahnya kalau orangtua, ayah dan bunda, mengarahkan kesukaan anak pada air kepada aktivitas berolahraga. Seperti renang. Syukur-syukur nantinya kebiasaan ini memupuk dan memicu prestasinya sejak kecil. Nah kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengajak anak saya, Sean Kilimanjaro untuk berenang.

Pengalaman Pertama

Sean usia 8 bulan berenang sama ayah
Sean usia 8 bulan berenang sama ayah

Biasanya pengalaman pertama adalah yang paling tak terlupakan. Awalnya saya yang memang suka sekali berenang, berkomitmen setidaknya baru akan mengajak Sean berenang setelah usianya 2 tahun. Nyatanya, nggak tahan menunggu sampai usia itu. Usia delapan bulan saya nekat ajk Sean berenang ke kolam renang Grage Hotel Bengkulu.

Mengapa saya ragu membawa bayi yang masih kecil berenang? Ada beberapa alasan sih diantaranya karena  :

1. Air Kolam Tidak Steril

Namanya juga tempat pemandian umum. Sudah pasti isinya berbagai macam orang, dengan berbagai macam kondisi tubuh. Jadi takut nanti gimana kalau ada yang menular ke anak kita.

2. Kuatir Alergi

Sebagian orang kulitnya tidak tahan dengan kandungan obat yang biasa dipakai untuk membersihkan kolam renang. Sempat kuatir juga takutnya nanti kulit Sean yang masih sangat kecil jadi iritasi.

3. Belum Mengerti

Biasanya kalau masih terlalu kecil anak belum bisa mengerti mana yang bahaya, mana yang aman. Terus biasanya kalau sudah terlalu lama berenang, nggak mau naik-naik. Padahal badannya sudah kedinginan.

4. Takut Anak Sakit

Ada terbesit rasa takut juga kalau anak dibawa renang itu nanti pulangnya malah kena demam, batuk dan pilek.

Browsing kesana-sini, saya mendapat pengetahuan bahwa sebenarnya aman-aman saja mengajak Sean berenang. Asalkan persiapannya sudah oke dan melihat kondisi anaknya memang sedang fit. Sehingga kejadian-kejadian kurang baik yang bisa dialami anak bisa diantisipasi.

Persiapan

Untuk persiapan dan hal  yang bisa dilakukan jika mengajak anak berenang antara lain:

  1. Pastikan sudah makan sebelum berenang
  2. Bawa peralatan mandi anak
  3. Siapkan pelampung
  4. Pakaikan baju renang yang nyaman
  5. Awasi dan pastikan anak tidak banyak terminum air kolam renang
  6. Bawa bekal susu dan kue kesukaan anak

Manfaat Berenang

Berenang bersama ayah dan bunda
Berenang bersama ayah dan bunda

Mengenalkan olahraga renang kepada anak sejak kecil itu ternyata manfaatnya juga banyak. Dari yang pernah saya rasakan sendiri dan semoga nanti manfaatnya juga menurun ke Sean, olahraga renang itu sangat bermanfaat untuk:

1. Melatih Gerak Motorik

Berenang buat anak bisa melatih gerak motorik tubuhnya. Jadi makin lincah, jadi makin sehat dan bugar.

2. Melatih Keberanian

Tak sedikit ketemu sama anak yang takut sama air. Padahal usianya sudah lebih besar dari Sean. Walaupun kolamnya dangkal, enggan membasuh wajahnya sama air. Atau ada juga yang pernah ketemu sama anak yang menjerit ketakutan saat masuk air. Wah, jangan sampai deh anak kita takut sama air.

3. Skill Seumur Hidup

Berenang adalah kemampuan yang akan menempel terus pada diri anak kita seumur hidupnya. Sepanjang bersekolah, guru olahraga akan memberlakukan pengambilan nilai dari olahraga renang. Pada beberapa bidang pekerjaan ada juga yang mewajibkan harus bisa renang. Begitu juga dengan berbagai aktivitas hobi menarik lainnya. Seperti selam dan olahraga air lainnya.

4. Bikin Happy

Saat menemani anak berenang, hubungan antara anak dengan orangtuanya terjalin semakin erat. Keduanya bisa sama-sama merasakan kebahagiaan menghabiskan waktu bersama bermain di dalam air. Anak merasa dekat dengan ayah dan bundanya tatkala ia memeluk dan dipegangi saat mencoba untuk berenang.(**)

19 thoughts on “Waktu yang Tepat Mengajak Anak Berenang

  1. Ada tekniknya yah memang agar anak-anak mau dan berani belajar berenang.
    Saya praktekin ke keponakan saya ah

  2. Wah ma kasih nih diingatkan utk ajak anakku berenang. Sama mba saya juga berkomitmen usia 2th baru mau diajak ke kolam renang. Habis puasa langsung aah buat jadwal renang buat anak.

  3. Dulu waktu anak saya kecil mereka seneng banget berenang… tapi sekarang udah males berenang.. cuman saya bersyukur juga karena anak anak fisiknya jdi tinggi tinggi gara gara kecilnya rajin berenang

  4. Kegiatan berenang bisa membuat pertumbuhan anak semakin tinggi. Perkenalan sedari kecil terhadap olahraga bisa berdampak menerapkan pola hidup sehat. Hal ini bisa berkat dukungan orang tua

  5. Saya nggak bisa berenang 😢 mau dong Mbak tips biar nggak takut pas belajar berenang, saya beberapa kali belajar berenang selalu panikan gitu.

  6. Mengajarkan berenang pd anak emang penting banget buat nambah skill. Meskipun emaknya gak bisa berenang, tp bukan berarti si anak ntar jg gak bisa kan? Biar belajar renang sm ayahnya lah… 😅😅

  7. Untuk Dapat memenuhi pertumbuhan tulang pada anak anak. Selain berenang diwajibkan mengkonsumsi susu Uht 600ml/ hari. Mau tidak mau harus dilakukan supaya otot. Syaraf dan tulang terpenuhi nutrisi nya dengan baik maksimal. bergerak motoriknya didalam air sehingga tumbuh kembang nya secara fisik tumbuh optimal. Very good sharing and information

  8. Iya ya, aku ini besok Ran 4 bulan, tapi pengen aku ajak berenang. Sementara sih berenang dirumah dulu. Aku juga takut dia gak kuat sama suhu nya plus takut kulitnya gak tahan sama kaporit yang ada di air kolam. Tapi ngeliat anak Bule udah nyemplung dari usia bulanan kayaknya enak banget ya. Hihihi

  9. Wah sama kita mbak, zaman anakku bayi pun jarang sekali aku bawa renang ke tempat umum dengan alasan yang sama. Dan berenangpun menggunakan kolam renang plastik dirumah biar aman, tapi karena sekarang sudah 4 tahun sudah sering diajak ayahnya berenang ke tempat umum

  10. PR aku banget ini ngajak anak-anak berenang. Karena aku belum.pernah ajak mereka berenang, terutama yang bayi. Padahal kalau mandi seneng banget berendem. Jangan kayak aku nggak bisa berenang samapai sekarang.

  11. Anak aku seneng banget main air, bener banget kata kakak kayaknya perlu diarahkan lebih baik. Jadi kepengen banget bawa dia berenang lagi, dulu sempat rutin cuman semenjak punya baby lagi jadi gak pernah sama sekali.

  12. Aku lupa anak2 renang mulai kapan, kyke ya pas udah di atas setahun hehe.
    Btw kalau anak2 bule usia 6 bulan dah dicemplungin kolam, tapi kalau di sini emang khawatir kolamnya kebanyakan kaporit gtu2 ya mbak.
    Pengen jg nih anak bisa renang, soalnya salah satu yang dianjurkan Rasulullah TFS

  13. Kayaknya ga ada anak kecil yang ga suka berenang yaa. Anakku pertama kali ngelihat kolam langsung pengen nyebur dan nangis pas diajak udahan. Padahal masih usia setahun tapi udah paham nikmatnya esensi main air apalagi di tengah cuaca terik

  14. saya ngajak anak berenang sebelum usia 1 tahun
    sampe sekarang usia 6 thn ia sangat suka berenang
    bahkan bisa berenang tanpa dilatih oleh pelatih khusus
    banyak mmg manfaatnya salah satunya membuat anak berani dan motoriknya juga lincah
    dulu klu berenang sya juga ikut..sekarang biarkan dia sendiri tapi tetap diawasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top