Bunda dan Sean senang sekali bergabung dengan Komunitas Mombassador SGM Eksplor

Tahun Baru Semangat Baru Bersama Mombassador SGM Eksplor

Tidak terasa sekarang sudah masuk tahun 2020. Tahun ini rasanya lebih bersemangat dan optimis untuk melakukan berbagai macam hal. Baik urusan keluarga, maupun pekerjaan. Apalagi bersama komunitas Mombassador SGM Eksplor yang selalu membuat saya merasa terinspirasi untuk melakukan hal-hal baru dan makin care terhadap kebutuhan nutrisi anak.

Sejak bergabung di komunitas Mombassador SGM Eksplor, juga berteman secara aktif di media sosial facebook, twitter dan instagram, bunda jadi punya referensi apa saja yang bisa dilakukan untuk mengasah potensi prestasi si kecil. Bukan itu saja, bunda Mombassador SGM Eksplor bikin saya termotivasi untuk meningkatkan kapasitas diri dan keterampilan, terutama menjadi konten kreator di media sosial. Kalau bunda mau tau komunitasnya, bisa banget gabung di Klub Bunda SGM yang infonya ada di tulisan saya Gabung Klub Bunda SGM, Dapatkan Hadiah Menarik.

Mombassador SGM Eksplor Batch 7 di Candi Prambanan Yogyakarta.
Mombassador SGM Eksplor Batch 7 di Candi Prambanan Yogyakarta.

Mengisi hari libur di pergantian tahun ini, banyak hal yang kami lakukan sekeluarga. Mulai dari mengunjungi keluarga, mendatangi tempat-tempat wisata, olahraga, hingga beberes rumah. Apalagi Sean Kilimanjaro, putra pertama kami sekarang sudah genap berusia 4 tahun pada 27 Desember 2019 lalu. Maka momen libur kali ini kami manfaatkan sembari mengasah  potensi prestasinya sebagai persiapan pra sekolah.

Ada beberapa hal yang sudah kami lakukan bersama untuk mengasah potensi prestasi si kecil sepanjang libur Tahun Baru. Bunda-bunda tentu sudah tau kan sama lima potensi prestasi anak Generasi Maju, yakni cerdas kreatif, tumbuh tinggi dan kuat, mandiri, supel dan percaya diri.

Lebih detail mengenai lima potensi generasi maju itu bisa juga bunda baca melalui situs resmi SGM Eksplor atau Facebook Fanpage Aku Anak SGM. Nah ini dia yang kami lakukan sepanjang liburan pergantian tahun:

Cerdas Kreatif

Untuk mengasah kecerdasan dan kreativitasnya, akhir tahun lalu bunda membelikan Sean meja kayu untuk belajar. Juga buku untuk mengenal angka dan huruf. Bunda juga membelikannya pensil warna untuk corat-coret di buku mewarnai. Setidaknya walau belum hapal benar mana angka 1,2, 3 dan seterusnya, nanti pas masuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Sean sudah kenal gambar angka-angka itu.

Tumbuh Tinggi dan Kuat

Mengonsumsi makanan bergizi plus minum susu dua kali sehari bikin anak tumbuh tinggi, kuat dan sehat.
Mengonsumsi makanan bergizi plus minum susu dua kali sehari bikin anak tumbuh tinggi, kuat dan sehat.

Tak sedikit orang mengira Sean sudah bersekolah dasar. Karena tubuhnya memang sudah setinggi rata-rata anak kelas 1 SD. Padahal aslinya belum sekolah. Alhamdulillah tubuhnya tumbuh tinggi dan kuat, bukan hanya karena faktor keturunan ayahnya yang bertumbuh tinggi. Tapi karena ia bergerak aktif dan ditambah dengan asupan gizi dan nutrisi seimbang dengan tambahan minum susu SGM Eksplor dua kali sehari. Tepatnya setiap sarapan pagi dan malam hari sebelum tidur.

Saat mengisi waktu libur, kami mengajak Sean bermain bola dan bersepeda di kawasan tempat wisata baru yang ada di Pantai Panjang Kota Bengkulu. Sambil berwisata, sambil berolahraga. Momen ini juga menjadi kesempatan bonding bunda dengan Sean.

Mandiri

Sean membantu bunda menyiram tanaman.
Sean membantu bunda menyiram tanaman.

Di rumah, kami juga melatih kemandirian Sean. Pelan-pelan dia sudah belajar melepas dan mengenakan bajunya sendiri. Mulai berlatih makan sendiri tapa berantakan. Sesekali kami juga mengajaknya melakukan pekerjaan rumah. Misal mengepel lantai, atau menyiram tanaman di teras rumah.

Yang bikin senangnya lagi, Sean melakukannya bukan karena disuruh oleh ayah dan bundanya. Tapi dia melakukan beberapa pekerjaan rumah sebisanya karena mencontoh yang dilakukan ayah bundanya. Tak kalah pentingnya, kalaupun hasilnya belum sempurna 100 persen tetap beri pujian. Supaya kelak tidak jera melakukan pekerjaan rumah.

Kemandirian juga bisa dilatih dengan membiasakan anak menyiapkan sendiri perlengkapan untuk berpegian. Bunda biasanya membiarkan Sean packing sendiri baju salin yang akan dibawa, juga mainan.

Supel

Kemanapun kami bepergian, Sean selalu mendapat teman baru jika ada anak-anak lain datang ke tempat yang sama. Disela bermain Sean akan bercerita bahwa dia punya teman baru. “Bunda, liat bunda. Itu teman abang loh bunda,” ucap Sean. Lalu saat hendak pulang, dia pasti juga melambaikan tangan pada teman barunya. “Nanti kita main lagi ya. Abang pulang dulu,” kata Sean.

Percaya Diri

Mudah beradaptasi dimanapun berada, sudah terlihat pada diri Sean. Ia tidak canggung atau malu-malu jika bertemu dengan orang baru. Jika disapa, ia akan menyapa balik. Rasa percaya diri ini bisa tertanam salah satunya karena kami melatihnya dengan memberikan pujian ketika dia bisa melakukan sesuatu.

Begitulah hal-hal yang kami lakukan sepanjang musim liburan pergantian tahun lalu. Mudah-mudahan nanti semakin besar usianya, Sean bisa menjadi anak berprestasi dan bersemangat menempuh pendidikan. Bagaimana dengan bunda-bunda lainnya nih. Apa saja yang dilakukan sepanjang libur panjang tahun baru ini?

Komi Kendy

Halo, salam kenal. Saya Komi Kendy, berdomisili di Bengkulu. Ibu dua anak yang suka menulis, memotret, makan-makan dan jalan-jalan. Terima kasih sudah berkunjung ke blog saya. Silakan tinggalkan komentar untuk berinteraksi.

1 Comment

Join the discussion and tell us your opinion.

Februari 11, 2020 - 07:34

[…] Tak kalah pentingnya nih. Jadi dapet banyak ilmu soal dunia digital. SGM Eksplor rajin bener mengadakan workshop soal blog, fotografi dan media sosial. Yang jauh dan belum bisa merapat, difasilitasi melalui Kulwap alias Kuliah WhatsApp. Pokoknya bahagia banget bisa gabung di komunitas ini. Pengalaman menjadi Mombassador Eksplor juga bisa dibaca melalui artikel Tahun Baru Semangat Baru Bersama SGM Eksplor  […]

Balas

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *