Sumbang Mobil Wisata, Semen Padang Dukung Pariwisata Bengkulu

BENGKULU – Upaya Pemprov dan Pemkot Bengkulu memajukan potensi pariwisata, mendapat dukungan dari banyak pihak. Salah satunya dari PT. Semen Padang, selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang namanya sudah dikenal oleh masyarakat.

Bentuk dukungan yang diberikan yakni dengan menyerahkan satu unit mobil pariwisata dalam program Corporate Social Responsibility (CSR). Mobil pariwisata itu diserahkan langsung oleh Direktur Komersial PT. Semen Padang Pudjo Suseno, Senin (4/12).

Penyerahan mobil diterima langsung Walikota H. Helmi Hasan disela pembukaan Karnaval Batik Besurek dan Festival 1.000 Cangkir Kopi di Plaza Pantai Panjang. Dalam pemberian CSR ini, Pudjo mengungkapkan Semen Padang sengaja turut ambil bagian dalam meningkatkan sarana dan prasarana.

“Kami ingin membantu pemerintah memberikan kemudahan dan kenyamanan masyarakat untuk berwisata. Kami berharap kerjasama bisa berlanjut dan semakin kokoh,” ujar Pudjo yang menyempatkan diri mencoba langsung mobil pariwisata bersama walikota, Branch Manager Agung Toyota Meriani dan sejumlah undangan dari berbagai negara.

Bangun Pabrik Pengemasan

Pada kesempatan ini Pudjo Suseno mengungkapkan terima kasih atas sambutan baik pemerintah terhadap Semen Padang. Khususnya pada rencana Semen Padang membangun pabrik pengantongan semen atau disebut packing plant.

Lokasi pabrik berada di kawasan Pelabuhan Pulau Baai. Dimana saat ini kemajuan pembangunan yang dipimpin Nurita Handayani sebagai Chef Manager Packing Plant Project itu, sekarang sudah lebih dari 60 persen.

“Targetnya triwulan I tahun 2018 proyek pembangunannya sudah tuntas. April sudah bisa beroperasi. Kapasitas pabrik ini bisa memproduksi hingga 300.000 ton per tahun,” kata Pudjo.

Pembangunan packing plant, lanjut Pudjo, diharapkan bisa meningkatkan market share.Dimana hingga Oktober 2017 market share Bengkulu sudah mencapai angka 51,19 persen dan 42,22 persen di Sumatera.  

Keberadaan pabrik ini diharapkan nantinya bisa menyuplai kebutuhan semen bukan hanya di Provinsi Bengkulu saja. Tapi juga sejumlah kabupaten yang berada di Sumatera Bagian Selatan. Hal ini ditambahkan Kepala Perwakilan Semen Padang Bengkulu Aldri Sonni.

“Kapasitas silo penampung semen nanti mencapai 2×3.000. Ada dua tipe semen yang dikemas yakni OPC dan PCC,” ujar Aldri Sonni.

Ada banyak keuntungan dengan pembangunan pabrik ini. Dari segi harga, masyarakat Bengkulu bisa membeli Semen Padang dengan harga yang lebih kompetitif dibanding selama ini yang pasokannya berasal dari Padang, Sumatera Barat.

Dampak positif lainnya, keberadaan pabrik bisa membuka peluang kerja. Termasuk dari masyarakat lokal di Bengkulu. “Tentu saja nantinya akan ada perekrutan setelah pabriknya beroperasi,” ungkap Soni.

Sementara itu Walikota H. Helmi Hasan menyambut baik investasi Semen Padang di Kota Bengkulu. Ia juga berterima kasih dengan adanya CSR bus wisata. Bus ini nantinya akan melayani rute pariwisata di Pantai Panjang. “Pengunjung boleh naik bis, tapi antri. Sesuai dengan kapasitasnya,” kata Helmi. (ken)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *