LIPUTAN

Siapkan Kawasan Bisnis Terpadu, Bencoolen City Superblock (3)

Perlahan tapi pasti, Bencoolen Mall (Benmall) terus tumbuh dan berkembang. Selain akan ada beberapa tenant baru yang berinvestasi, dalam beberapa tahun kedepan akan berdiri Bencoolen City Superblock. Sebuah kawasan yang dicita-citakan menjadi salah satu areal bisnis terbesar di Sumatera.

MENJADI pusat perbelanjaan terlengkap dan terbesar di Provinsi Bengkulu, membuat Benmall terus berupaya menghadirkan tenant-tenant berkualitas. Dalam waktu dekat, ACE Hardware sebagai perusahaan retail yang bergerak dalam bidang perlengkapan rumah tangga dan gaya hidup, akan dibuka. Lokasinya berada di lantai III mall yang kini dalam tahap pembangunan.

Selain itu, kedepannya juga akan ada tenant lain yang akan dibuka. Antara lain Skechers, XL Axiata. “Saat ini kami juga tengah mengembangkan Bencoolen Hotspot. Viewnya sangat bagus karena menghadap langsung ke arah pantai. Tempat ini paling menarik dan cocok sebagai tempat hangout bersama teman dan keluarga,” kata Center Manager Benmall Ekawati Sinaga.

Pengembangan lainnya yang menjadi mega proyek Benmall adalah Bencoolen City Superblock. Dicanangkan menjadi sentra bisnis terpadu dengan fasilitas lengkap. Ada mall, distrik bisnis perdagangan, hotel dan area rekreasi seperti wahana air. Areanya terintegrasi, sehingga memudahkan mobilitas masyarakat Kota Bengkulu.

Jika megaproyek ini tuntas, dampak positif keberadaan mall pun semakin luas. Kawasan wisata Pantai Panjang semakin “hidup”, penyerapan tenaga kerja berlipat. Jika saat ini kehadiran Benmall bisa menyerap tenaga kerja hingga 1.000 orang, diharapkan dengan beroperasinya Bencoolen City Superblock, bisa bertambah drastis.

Eka mengatakan, lokasi Bencoolen City Superblock berada di lahan seluas 7 hektare di kawasan Pantai Panjang. Tepatnya dari lokasi Benmall saat ini, hingga berbatasan dengan Sport Center.

“Tujuan didirikannya Bencoolen City Superblock adalah untuk menciptakan sebuah lingkungan waterfront (area) yang berkarakter dan beridentitas. Diharapkan dapat menjadi contoh perencanaan di kawasan lain Pantai Panjang. Sehingga sanggup memicu pergerakan sektor perekonomian terutama perdagangan an pariwisata,” kata Eka.

Nama Bencoolen, ujar Eka, sengaja disematkan pada kawasan superblock agar nama yang sudah mendunia dan identik dengan Kota Bengkulu, semakin terangkat.”Di superblock ini kami berencana menciptakan infrastruktur yang baik disertai servis standar internasional. Jadi nantinya mampu menyerap wisatawan dari seluruh dunia,” tutur Eka.

Dukungan pemerintah dalam pembangunan Bencoolen City Superblock ini sangat diharapkan. Khususnya dalam hal dukungan infrastruktur dan kemudahan administrasi. Sehingga investor dari luar bersemangat masuk ke Bengkulu.

“Investasi adalah kunci dari sebuah pembangunan, mendatangkan uang dan lapangan pekerjaan guna menaikkan pendapatan masyarakat. Kami berharap seluruh stake holder terkait bisa bersinergi,” harap Eka.

Apresiasi Pengunjung

Keberadaan Benmall sebagai pusat perbelanjaan terlengkap, mendapat apresiasi dari pengunjung. Selain dengan tujuan belanja, mall menjadi tempat wisata yang tepat untuk refreshing. Seperti yang diungkapkan Wensi Kumala Sari (32), warga Jalan Citarum RT. 12 Kelurahan Jalan Gedang, Kota Bengkulu.

Ia menuturkan, setiap libur akhir pekan Benmall menjadi salah satu destinasi wisata favorit bersama keluarga. “Biasanya belanja mingguan di Hypermat. Mau cuci mata fashion juga ada tenant-tenant besar seperti Matahari dan Buti. Kalau capek dan lapar habis berkeliling, tempat makannya juga ada,” tutur Wensi yang ditemui di Benmall pada Minggu (18/3).

Menurutnya saat ini kondisi Benmall sudah semakin ramai dibandingkan beberapa tahun lalu. Ia berharap semoga kedepannya semakin banyak tenant yang dibuka, juga banyak barang diskon yang dijual.

“Fasilitas pendukungnya sudah lengkap. Ada toilet, ATM Center dan musala. Semoga nanti tempatnya bisa lebih bagus lagi dari yang ada sekarang,” ujar Wensi.

Apresiasi lainnya juga datang dari Aprianto Nugraha (38), warga Jalan Cempaka Kelurahan Penurunan. Menurutnya sejak dibukanya Benmall hingga kini semakin ramai, perekonomian di lingkungannya juga ikut bergeliat. Bahkan nilai tanah di tempat tinggalnya pun ikut naik.

Apalagi di hari-hari libur dan akhir pekan, serta saat ada event-event besar. Tak sedikit warga Kelurahan Penurunan yang membuka usaha di sekitar mall atau bekerja di tempat-tempat usaha yang kini semakin banyak dibuka.

“Kalau kami merasakannya dulu, kawasan Penurunan ini sepi. Seingat saya di sini dulu kawasannya rawa. Ada posko-posko dan kebun kelapa. Kalau sekarang, selain mall sudah ada banyak tempat usaha. Ada hotel, tempat makan, distro,” ujar Aprianto yang sudah 28 tahun tinggal di Kelurahan Penurunan.

Aprianto menambahkan, ia menyambut positif jika nantinya Bencoolen City Superblock benar-benar direalisasikan. “Selain akan menambah tenaga kerja, kapan lagi Bengkulu punya kawasan sentral komersil dan bisnis yang juga menjadi pusat wisata di Bengkulu,” tutupnya.(**)

One thought on “Siapkan Kawasan Bisnis Terpadu, Bencoolen City Superblock (3)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top