Pengurus dan anggota genPI Bengkulu bersama Kementerian Pariwisata dan GenPI Nasional.
LIPUTAN TRAVELING

Semangat Baru Itu Bernama GenPI Bengkulu

BENGKULU kaya akan potensi wisata. Mulai dari wisata alam, hingga wisata sejarah. Akan tetapi selama ini pengemasan dan promosinya masih dinilai belum mampu memikat dan mem-booming-kan sejumlah objek wisata hingga ke dunia nasional dan internasional.

Oleh sebab itu wisata Bengkulu memerlukan sebuah energi baru yang bisa member support, bahkan menjadi motor penggerak kemajuan. Khususnya dalam bidang promosi dan kampanye wisata, seni budaya dan tradisi. Semangat baru itu bernama Generasi Pesona Indonesia (GenPI), yang diisi oleh orang-orang muda yang punya komitmen untuk memajukan pariwisata dan Provinsi Bengkulu.

GenPI Bengkulu resmi terbentuk 8 Mei 2018. Secara nasional, GenPI yang merupakan bentukan Kementerian Pariwisata sudah ada sejak tahun 2016. Saat ini sudah ada 22 GenPI daerah baik tingkat provinsi, kabupaten, maupun kota. Dilihat dari usianya, memang belum lama. Tapi jika dilihat dari aktivitasnya, GenPI aktif baik di dunia maya maupun nyata.

Aktivitas GenPI

Di dunia maya, anggota GenPI melakukan aktivitas utama mempromosikan potensi pariwisata daerah yang akan diviralkan secara nasional. Caranya melalui aktivitas nge-twit bareng dengan taggar tertentu, sehingga event daerah dikenal seantero nusantara bahkan dunia.

Sementara di dunia nyata, GenPI menggelar pasar digital sebagai destinasi wisata baru, ikut mensupport pengembangan desa wisata, mengadakan Jalan-Jalan Bareng GenPI untuk mempromosikan wisata dan lain-lain.

FYI, GenPI sendiri merupakan sekumpulan orang baik yang sebelumnya berasal dari komunitas, maupun perorangan. Anggotanya adalah netizen aktif, suka pariwisata, hobi travelling, menulis, foto, nge-vlog dan memiliki jiwa relawan yang tinggi.

Syarat Jadi Member

Syarat buat gabung sebagai anggota GenPI nggak sulit kok. Cukup sign up alias daftar ke situs genpi.co. Pastikan kamu punya akun aktif twitter, instagram dan facebook. Kalo nggak punya, hayuk bikin dulu. Selain itu syarat lainnya, kamu harus punya visi sama untuk tidak menyebarkan hoax, pornografi dan konten SARA di media sosial. Gimana? Gampang kan?

Susunan Pengurus

Pengurus GenPI Bengkulu saat dikukuhkan Ketua Umum GenPI Nasional Mansur Ebo.

Di Bengkulu ada sembilan pengurus GenPI yang sudah dikukuhkan oleh Ketua GenPI Nasonal Mansur Ebo. Adapun strukturnya

  1. Ketua Umum Abdul Khafi Syatra
  2. Sekretaris Jenderal (Sekjend) Ria Kurniasih
  3. Sekretaris Umum Komi Kendy
  4. Bendahara Umum Ambar Pravitasari
  5. Ketua Harian Muhammad Mansyur
  6. Ketua Divisi Organisasi & Keanggotaan Riko Serasi
  7. Divisi Online Anindita Ayu Prastiwi
  8. Divisi Offline Relinda Puspita
  9. Ketua Divisi Kreatif & Desain Grafis Andika Nugraha
  10. Divisi Humas & Litbang Arie Saputra Wijaya

“Kami berharap GenPI Bengkulu bisa kreatif, bersemangat dan menjadi mitra pelaku pariwisata dan pemerintah untuk mempromosikan Bengkulu,” kata Mansur Ebo, saat menyampaikan sambutan di acara deklarasi dan pengukuhan pengurus.

Harapan ini tentunya dibarengi dengan keinginan bersama anak-anak muda Bengkulu untuk mengambil peran di bidang yang diminatinya, dengan tujuan yang satu, memajukan pariwisata. Semoga nantinya GenPI Bengkulu bisa terus eksis dan kreatif seperti apa yang dicita-citakan sejak awal.(**)

2 thoughts on “Semangat Baru Itu Bernama GenPI Bengkulu

  1. Semoga nantinya, lewat Genpi, tidak hanya kekayaan alam yang bisa dipromosikan, tapi juga kekayaan seni, budaya, tradisi. Ujung-ujungnya, grup kesenian bisa juga mendapat curahan rezeki dan menjadi daya tarik wisata seperti di Jogja, Bali, Lampung, Bandung dan Jakarta.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top