Indonesia Art Mart 2017. FOTO www.mldspot.com
JAWA TIMUR LIPUTAN TRAVELING

Sambut Indonesian Art Mart, Pasar Seni Lukis Terbesar di Dunia

SUDAH satu dekade, Indonesian Art Mart menjadi ajang pertemuan dan pameran lukisan terbesar di Indonesia. Tahun ini event yang dikenal dengan Pameran Pasar Seni Lukis Indonesia (PSLI) bakal kembali diadakan di Kota Pahlawan Surabaya loh.

Pasar seni lukis bakal diadakan pada 12-21 Oktober ini bakal menjadi rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Jawa Timur ke-73. Diikuti tak kurang dari dua ratus pelukis yang memamerkan karya mutakhirnya.

PSLI juga menjadi ajang kompetisi melukis destinasi terbaik pariwisata Indonesia melalui penghargaan Pesona Award. Bahkan Kementerian Pariwisata juga menjadikan pasar seni lukis sebagai Top 100 Calender of Event (CoE).

Nah, buat masyarakat yang ingin melihat 5.000 lebih lukisan di pasar seni ini, bisa datang langsung ke Pasar Seni Lukis Indonesia di Jatim Expo, Jl Ahmad Yani, Surabaya.

Info teranyarnya nih, 5.000 lukisan yang ditawarkan dalam PSLI, adalah karya dari sekitar 200 pelukis. Mereka datang dari berbagai daerah. Seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali, dan Nusa Tenggara Barat. Juga dari mancanegara. Seperti Malaysia, China, Jepang, Thailand dan Singapura.

Menteri Pariwisata Arief Yahya, menilai PSLI memiliki urgensi. Khususnya dalam pengembangan ekonomi kreatif Indonesia. PSLI menyediakan pertemuan antara supply produk orang kreatif di bidang seni, dengan demand dari para peminat seni.

“Dalam bisnis kreatif yang ada adalah kreasi. Seseorang menciptakan produk. Laku atau tidak, tak peduli,” kata Menpar Arief Yahya beberapa waktu lalu.

Arief Yahya mengungkapkan, tantangan yang umumnya dihadapi dunia seni bisa dilihat dari PSLI. Di antaranya, belum stabilnya jejaring antara pelaku seni dan pasar dalam kerangka industri kreatif.

“Belum tentu pula karya seni yang dipamerkan seluruhnya memiliki HAKI. Nantinya pemerintah berinisiatif melindungi dan memfasilitasi HAKI dari karya kreatif lewat PSLI ini,” kata Menpar Arief Yahya.

Pada penyelenggaraan pasar seni lukis pekan depan, PSLI menyediakan 150 booth. Sama seperti tahun sebelumnya, konsep event di tahun ke-11 ini tetap menjadi ajang bertemunya pelukis dengan pembeli. Baik dari kalangan kolektor atau galeri. Dari sisi karya, PSLI dipastikan makin kaya dengan teknik dan aliran lukisan.

Selain jual beli karya lukis, banyak kegiatan lain yang mengisi PSLI 2018. Ada workshop seni lukis, melukis on the sport, melukis model. Tidak hanya itu, nantinya juga akan ada pementasan teater, musik dan tari kontemporer.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top