Saham Online dan Risiko di Dunia Saham

Saham Online dan Risiko di Dunia Saham

JIKA membicarakan tentang investasi, maka sebagian besar orang hanya akan menghitung dari segi keuntungannya saja. Hal ini memang tidak salah. Namun ada baiknya juga jika penghitungannya bisa secara adil dengan mengetahui apa itu saham online dan risiko apa di dunia saham.

Salah satu jenis investasi online yang sarat akan risiko adalah investasi saham. Kini sejak tersedianya saham online, makin banyak masyarakat yang kerap penasaran dengan investasi saham dan kemudian terjun tanpa ada persiapan sama sekali.

Risiko dalam investasi umumnya kerap disamakan dengan variabilitas, dimana apabila return aset tidak memiliki variabilitas, maka aset itu tidak memenuhi risiko. Namun jika variabilitas semakin besar, maka semakin besar juga kemungkinan return berbeda pada hasil yang diharapkan.

Sudah banyak yang tahu jika dunia saham memang kejam. Dimana keuntungan akan berbanding lurus dengan risiko yang diberikannya. Memang jika menguntungkan, Anda seolah menang lotre, tapi jika kalah maka bukan hal baru jika kehilangan segalanya.

Untuk memahaminya, maka berikut ini beberapa risiko investasi di dunia saham:

1. Tidak mendapat dividen

Risiko pertama adalah tidak mendapat dividen karena berbagai alasan misalnya saja ketika perusahaan yang Anda investasikan mengalami kemunduran sehingga tidak membagikan dividen.

2. Capital loss

Jika Anda untuk menjual saham ketika harganya turun sehingga harganya adalah di bawah harga beli, maka Anda juga bisa rugi.

3. Risiko likuiditas

Risiko ini bisa terjadi ketika saham yang akan Anda jual tidak dapat dijual dengan cepat sesuai harga yang Anda mau. Risiko likuiditas juga mungkin terjadi jika perusahaan publik dinyatakan pailit atau dibubarkan.

4. Delisting dari bursa

Terakhir ada risiko ketika dihapusnya perusahaan dari bursa sehingga Anda akan kesulitan dalam melakukan transaksi baik ingin masuk atau keluar kepemilikan.

“Ternyata risiko investasi saham cukup menyeramkan bukan? Untuk itu, ada baiknya selalu waspada dan tidak gegabah. Anda juga bisa berinvestasi melalui Trimegah Sekuritas yang terpercaya akan performa dan kinerjanya. Saham online, reksadana online dan jenis investasi reksadana lainnya tersedia sehingga bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda”.(**)

15 Replies to “Saham Online dan Risiko di Dunia Saham”

  1. saham hanya salah 1 instrumen investasi dari pasar modal, risk nya sebanding dengan return nya. konsepnya sama dengan dagang, beli di harga murah dan jual di saat mahal. namun ada ilmu yang harus dipelajari bagaimana analisa pasar, tools yang bisa membantu apa saja, dan terutama sekali bagaimana cara withdraw dana yang kita masukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *