Pantai Bangkahan, Berasa Pantai Pribadi

KOTA Bengkulu yang terletak di kawasan pesisir, so pasti wilayahnya ada yang berbatasan dengan pantai. Yang sudah dikenal seperti  Pantai Jakat, Pantai Tapak Paderi, Pantai Pasar Bengkulu, Pantai Malabro. Dan tentu saja Pantai Panjang. Pantai ini menjadi primadona wisata karena dikenal dengan pasir putihnya.

Tapi tau nggak sih kalau ada pantai lainnya yang tidak kalah cantik. Pantai Bangkahan namanya. Ada yang pernah dengar? Sebagian orang ada juga yang menyebutnya dengan Pantai Teluk Sepang. Wuih, rugi kalau belum pernah ke sini.

Pantai ini cocok buat yang pengen wisata pantai dengan suasana tenang. Yaaa, mirip-mirip wisata ke pantai pribadi lah. Beberapa kali ke sana, hanya beberapa pengunjung saja yang datang. Mungkin karena lokasinya yang berada di pinggiran kota ya.

Pantai Bangkahan berada di kawasan Kelurahan Teluk Sepang Kecamatan Kampung Melayu. Kalau mau ke sana berkendara motor atau mobil, bisa langsung cusss ke arah Pelabuhan Pulau Baai. Terus mengikuti jalan raya menuju ke arah stockpile (penimbunan batu bara).

Suasana Pantai Bangkahan. FOTO: Komi Kendy
Suasana Pantai Bangkahan. FOTO: Komi Kendy

Di sebelah kiri jalan raya bakal ketemu dengan papan gapura tanda masuk ke Perumahan Teluk Sepang. Buat yang nggak bawa kendaraan sendiri alias naik angkot, turun di simpang ini terus nyambung bisa naik ojek. Nanti setelah ketemu SD Negeri ada simpang Puskesmas, belok ke kanan. Ikuti saja jalan tanah sampai ke ujung ketemu pantainya.

Masuk ke kawasan Pantai Bangkahan aslinya sih gratisan. Tapi kadangkala kalau ada momen-momen seperti libur Lebaran dan Tahun Baru mendadak diportal sama warga. Diminta iurannya. Alasannya dana yang masuk buat swadaya warga melakukan kebersihan. Seperti biasa nih ya, kalau wisatawannya membludak sampahnya berserakan.

Yang datang wisata ke Pantai Bangkahan tak sedikit diantaranya yang membawa pancing. Ada juga yang bertujuan mandi-mandi. Nah, buat yang mau mandi, tetep harus mawas ya. Ombaknya lumayan deras karena pantai ini berbatasan langsung sama samudera lepas. Samudera Hindia.

Kalo saya sih ke pantai ini lebih ke menikmati suasananya yang tenang dan ngeliat pemandangannya aja. Di hari libur bersantai sambil membawa buku dan cemilan. Angin bertiup sepoi-sepoi menggelar matras di bawah pohon cemara laut, lama-lama sampai ketiduran. Hehe. Sesekali juga sambil motret.

Karang Kecil

Di saat pantainya surut, permukaan pantai berganti dengan karang dengan beragam tanaman air yang unik-unik bentuknya. Ada bebatu karangnya juga. Saya paling suka mengumpulkan rumah-rumah kerang yang kecil-kecil buat dijadiin hiasan di dalam toples.

Meski masih satu garis pantai dengan Pantai Panjang, tapi pasir di Pantai Bangkahan berbeda. Pasirnya berwarna kehitaman. Bisa jadi karena pengaruh campuran batu bara yang jatuh saat dibawa kapal tongkang yang menepi terhempas ombak.

Struktur pasirnya yang kasar ditambah lagi dengan pecahan kulit kerang dan umang-umang yang banyak terdampar di pantainya. Menariknya, pecahan rumah kerang dan umang-umang akan terlihat berwarna merah muda jika terpapar cahaya matahari. Jadi mirip-mirip Pantai Pink di Lombok.

Pantai Bangkahan walau terbilang sepi, Alhamdulillah terbilang aman. Meski begitu tetep aja sebaiknya ajak teman jika ingin berkunjung ke pantai ini biar lebih nyaman. Lagian kalo sendiri, kurang seru ahh. Nggak ada yang fotoin kan.

Terus jangan lupa bawa sunblock alias krim matahari dan topi

ya. Deburan pantai di siang bolong kadangkala menggoda iman buat neylupin kaki main-main ombak di pinggiran pantainya. Pasti nggak mau kan kulit wajahnya yang udah mulus jadi greseng, terus mengelupas gara-gara keasyikan main di pantai. Belang-belang putih nantinya.(**)

 

 

9 Comments Add yours

  1. Mildaini berkata:

    Dulu waktu sekolah sering ke sana sama teman2, tapi sekarang belum lagi

  2. Keluarganawra berkata:

    Pengen juga mengajak anak-anak ke sana, pasti mereka juga suka

    1. admin berkata:

      pas mbak.. mau long weekend 😀

  3. Relinda Puspita berkata:

    Wah, wajib ke sini, kayaknya. Sepinya suka.

    1. admin berkata:

      cuss mbak Relinda 😀

  4. Ata berkata:

    Aku taunya Teluk Sepang Mba. Ternyata nama lainnya Bangkahan ya. Bener banget ini kaya private beach ya..

    1. admin berkata:

      Iyaa kata warga sana namanya Pantai Bangkahan.. 😀

  5. oh namonyo itu Bangkahan ya, tapi ini yang lebih ke ujung lagi kan ya mb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *