Nikmatnya Jahe Merah Auliya

Nikmatnya Jahe Merah Auliya

JAHE merah dikenal sebagai salah satu tanaman yang kerap digunakan sebagai bahan masakan. Rempah yang satu ini memiliki rasa pedas dan aroma tajam yang khas. Tak sedikit orang juga memanfaatkannya sebagai campuran obat herbal.

Karena kaya akan manfaat, jahe merah ini dijadikan minuman kemasan kesehatan oleh Bawangmas Jaya Bengkulu milik Restu Sayogi. Ia membuat produk minuman Auliya yang dikemas dengan tagline jahenya orang Bengkulu.

Minuman jahe ini dibagikan sebagai oleh-oleh Kopi Darat (Kopdar) Blogger Bengkulu (Bobe) ke-9 di Ruang Rapat Rafflesia Kantor Gubernur, Minggu, 30 April. Nah, saya menjadi salah satu peserta kopdar yang kebagian jatah satu kotak isi lima sachet, sehingga bisa mencicipi minuman ini di rumah.

Kemasan jahe Auliya.
Kemasan jahe Auliya.

Untuk mencicipi jahe merah Auliya, serbuknya harus dulu diseduh dengan air panas. Sembari nge-blog, saya menikmati rasa jahe yang berasa pedas di mulut, lalu terasa hangat di tenggorokan. Rasa manis gula arennya pun pas dilidah.

Yogi, sapaan akrab Restu Sayogi mengatakan, penggunaan gula aren ini bukan tanpa alasan. Menurutnya kadar manis gula aren tidak terlalu tinggi. “Sehingga minuman ini aman dikonsumsi, termasuk oleh penderita diabetes,” tutur Yogi.

Nah, selain untuk saya sendiri, suami juga saya buatkan satu gelas. Besok paginya suami cerita kalau angin yang ada di dalam tubuh keluar setelah minum air jahe Auliya. Mengeluarkan angin yang ada di dalam tubuh memang menjadi salah satu khasiat jahe Auliya.

Yogi mengatakan, jahe Auliya juga bermanfaat untuk mencegah masuk angin, meningkatkan stamina dan kekebalan tubuh mengatasi flu, migrain, pusing, radang tenggorokan dan asma. Lalu membantu memperbaiki fungsi pencernaan, lambung, mengatasi perut kembung, mengurangi nyeri otot dan gejala rematik.

“Khasiat utama lainnya untuk wanita yang merasa nyeri saat datang bulan. Istilahnya senggugut. Setelah minum ini, banyak yang mengakui nyerinya bisa reda,” beber Yogi.

Bahan Minuman

Bahan utaman minuman jahe Auliya, lanjut Yogi, asli dari Bengkulu. Saat ini minuman ini sudah bisa dijadikan sebagai minuman oleh-oleh khas Bengkulu. Pemasarannya saat ini sudah didistribusikan hingga ke Jimbaran, Bali. Khusus di dalam Kota Bengkulu, pemasarannya masih lebih banyak ke rumah makan.

“Kalau menjual ke luar biasanya melalui jual beli online,” tutur Yogi.

Buat yang ingin mencoba langsung jahe merah Auliya, bisa menghubungi langsung ke nomor telepon 0852 6736 8031. Atau bisa datang langsung ke alamat Jalan Citandui No. 22 RT. 19 RW. 03 Kelurahan Lingkar Barat Kecamatan Gading Cempaka, Kota Bengkulu. Email auliyasjm@gmail.com.(ken)

 

8 Replies to “Nikmatnya Jahe Merah Auliya”

  1. suka pas baca bagian ini mb : “Sembari nge-blog, saya menikmati rasa jahe yang berasa pedas di mulut, lalu terasa hangat di tenggorokan. Rasa manis gula arennya pun pas di lidah.” cocok kali kalu buat bedagang nih jahe ya mb, anti masuk angin hehehe

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *