Merasakan Keseruan Pesona Nusa Dua Fiesta 2018

JELANG akhir September banyak event seru tahunan yang diadakan di Bali. Bahkan dua diantaranya masuk ke dalam Top 100 Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata tahun 2018 ini. Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival (WICSF) dan Pesona Nusa Dua Fiesta 2018.

Jika WICSF ketiga dibuka pada 27 September di Beachwalk, Kuta, maka Pesona Nusa Dua Fiesta 2018 digelar selama dua hari mulai 28 September hingga 29 September. Bertempat di Pulau Peninsula kawasan The Nusa Dua Bali, sebanyak 22 event memukau dihadirkan.

Kemegahan Pesona Nusa Dua Fiesta memang benar-benar terasa. Apalagi event ini menggabungkan antara seni dan budaya dengan sport tourism. Yap, event ini dikolaborasikan dengan Mandiri International Badung Night Run 2018.

Ditambah lagi dengan kehadiran musisi papan atas seperti Gigi, Adera, Ginda Bestari, serta Ghea dan Abdul Indoneia Idol. Tak pelak, kemeriahan acara ini menjadi magnet kuat penarik wisatawan. Sedikitnya lebih dari 1.000 wisatawan yang hadir di hari pertama.

Akses yang mudah dan lokasi event yang berada di jantung destinasi wisata terbaik di Pulau Dewata, tentu saja menjadi faktor pendukung suksesnya event ini. Adanya eksibisi kuliner dan spot permainan anak, membuat segmen acara makin beragam.

Event Kolaborasi

Pesona Nusa Dua menghadirkan kolaborasi seni budaya dan olahraga. Foto: Nasroel/GENPI Aceh
Pesona Nusa Dua menghadirkan kolaborasi seni budaya dan olahraga. Foto: Nasroel/GENPI Aceh

Managing Director The Nusa Dua, I Wayan Karioka menjelaskan, gelaran dua event yang diselenggarakan ini tak hanya sekadar mempromosikan The Nusa Dua sebagai resort & event destination.  Tetapi juga ikut mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan.

“Kedua event itu digelar untuk menunjukkan kesiapan Kabupaten Badung dalam menyambut hajatan akbar Annual Meeting IMF-World Bank pada 8-14 Oktober 2018,” ujar I Wayan Karioka.

Pesona Nusa Dua Fiesta 2018 adalah “Quintessentially Indonesia”. Tema ini diambil untuk menunjukkan keaslian Indonesia. “Targetnya ada 30 ribu kunjungan selama dua hari acara ini diselenggarakan,” kata I Wayan Karioka.

Pesona Nusa Dua Fiesta rupanya sudah diadakan sejak 1996 alias 22 tahun lalu. Kepala Divisi Komersial Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) AA Istri Ratna Dewi menuturkan, sudah banyak yang berubah dari event ini.

Event ini awalnya berlabel Nusa Dua Festival. Seiring waktu, label event akhirnya direvisi menjadi Pesona Nusa Dua Fiesta. Dengan potensi besarnya, event ini member tetap Top 100 CoE. “Masuk Top 100 CoE jadi support terbaik Kemenpar. Kepercayaan ini kami jawab sajian atraksi terbaik,” kata Ratna Dewi.

Hadirkan Seniman Body Painting

Seorang seniman melukis di wajah dan tubuh. Foto: Nasroel/GENPI Aceh
Seorang seniman melukis di wajah dan tubuh. Foto: Nasroel/GENPI Aceh

Sajian yang tak kalah menarik, adalah Lomba Body Painting. Dalam sub kegiatan ini ada sesi Cat Walk Body Painting. Sesi Cat Walk Body ini makin terasa istimewa karena modelnya adalah pelajar internasional Universitas Udayana. Agenda ini pun melibatkan 26 seniman body painting dari seluruh penjuru Pulau Dewata.

 Saat kegiatan berlang

Pesona Nusa Dua Fiesta 2018. Foto: Nasroel/GENPI Aceh
Pesona Nusa Dua Fiesta 2018. Foto: Nasroel/GENPI Aceh

sung pada Sabtu, 27 September, tampak para seniman asyik melukis di tubuh para model. Hasilnya sangat indah. Menurut Ratna, diadakannya lomba body painting bukan tanpa sebab.

Lomba ini mengusung seni dan memiliki misi menghapus beragam stigma negatif dari seni tersebut. Selama ini, tak sedikit orang beranggapan bahwa body painting menonjolkan sisi kemolekan tubuh modelnya. Padahal esensinya adalah sebuah karya seni yang dihasilkan oleh seniman.

“Body painting adalah karya seni. Artinya, harus dikembangkan dan dilestarikan,” lanjutnya.

Sementara itu Asisten Deputi (Asdep) Pemasaran Pemasaran I Regional III Kemenpar Ricky Fauzi mengungkapkan apresiasi terselenggarannya Pesona Nusa Dua Fiesta. Menurutnya event ini memberikan pengalaman yang berbeda.

“Pesona Nusa Dua Fiesta memang luar biasa. Komposisi seni budaya yang ditampilkan memang unik. Anemo yang dihadirkannya pun besar. Secara keseluruhan penyelengaraan event ini sukses besar,” ungkap Ricky.

Sukses mendatangkan massa dalam jumlah besar, apresiasi diberikan oleh Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya. Menpar mengatakan, Pesona Nusa Dua Fiesta memuaskan.

“Konsepnya unik. Yang jelas, setiap event di Bali itu jaminan kualitas. Aspek 3A-nya itu luar biasa. Pokoknya rugi kalau setiap ada event Anda tidak berada di sana,” ujar Arief Yahya.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *