Mobil Toyota di Masa Depan
OTOMOTIF TEKNO

Melihat Mobil Toyota di Masa Depan

TAHUN ini senang sekali berkesempatan menyaksikan pameran mobil terbesar di Asia, secara langsung. Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Selain bisa cuci mata mantengin mobil-mobil keluaran terbaru, bagian yang paling keren adalah ketika bisa melihat mobil Toyota di masa depan. Apa saja?

GIIAS 2018 diadakan di ICE BSD Tangerang, Banteng pada 2-12 Agustus. Saya bisa ke sana atas undangan khusus dari Agung Automall Bengkulu. Pada pameran ini booth Toyota menjadi spot paling kece untuk memerkan kecanggihan teknologi.

Nah diantara 28 jenis mobil yang dipamerkan di booth hall 10, ada tiga unit kendaraan paling mencolok. Berada di atas panggung berlatar belakang hitam, tiga kendaraan di atas panggung yang warnanya putih kinclong itu terang saja menjadi pusat perhatian.

Yap. Kendaraan-kendaraan itulah yang disebut sebagai kendaraan konsep i-Series. Terdiri i-Concept, i-Ride, dan i-Walk. Kata Executive General Manager PT  TAM Fransiscus Soerjopranoto, Toyota sengaja tidak meluncurkan mobil keluaran baru. Karena memang tidak fokus pada penjualan.

Toyota justru menitikberatkan pada edukasi dan kampanye mobil masa depan yang ramah lingkungan. Hal ini sebagai bentuk dukungan pada kebijakan pemerintah terkait industri 4.0 dan menggalakkan industri otomotif yang berbasis elektrifikasi.

Terus, apa saja mobil i-Concep keluaran Toyota?

Toyota i-Concept

Toyota i-Concept
Toyota i-Concept

Mobil ini diklaim sebagai kendaraan cerdas. Memiliki kemampuan melayani manusia dalam bertransportasi via teknologi artificial intelligence (AI), automated driving (mengemudi otomatis) dan terkoneksi.  Mobil ini juga dilengkapi sistem kecerdasan yang dapat mendeteksi tingkat emosi pengendara.

Dilihat dari desainnya, mobil i-concept futuristik sekali.  Toyota i-Concept juga sudah disematkan teknologi Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Trace Control (LTC) dan predictive and interactive human machine interface (HMI).

Toyota i-Ride

Toyota i-Ride

Kendaraan berukuran kecil ini disebut mampu melayani kalangan disabilitas, juga dengan teknologi masa depan serupa milik i-Concept. Secara dimensi, memiliki ukuran panjang 2.500 mm, tinggi 1.500 mm, dan lebar 1.300 mm. Hal ini tergolong luas, karena pengemudi yang menggunakan kursi roda dapat mengaksesnya mudah.

Uniknya, kendaraan ini tak dilengkapi peda rem, gas, bahkan lingkar kemudi, melainkan mirip sebuah joystick. Menariknya desain pintunya yang ke arah atas, atau disebut “falcon wing.”

Toyota i-Walk

Toyota i-Walk
Toyota i-Walk

Kendaraan i-Walk ini mirip otoped, yang sudah menggunakan teknologi elektrifikasi. Kendaraan ini bisa menjadi mobilitas personal yang juga memperagakan berbagai teknologi masa mendatang. Toyota Concept-i Walk yang dilengkapi roda tiga ini bisa digunakan area pejalan kaki, sehingga lebih cocok digunakan di kala santai dan mengatasi kemacetan.

Toyota mengklaim bahwa kendaraan ini telah dijejali berbagai fitur keselamatan dan keamanan, salah satunya dapat mendeteksi bahaya, memberikan peringatan dan menghindari jika terdapat obyek yang membahayakan.(**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top