Mau ke Enggano, Ini Nih Daftar Ongkos Kapalnya

PULAU ENGGANO pasti sudah pada tahu kan ya. Pulau terluar Provinsi Bengkulu yang berada di Samudera Hindia. Pulau yang dikenal dengan keindahan dasar lautnya ini mulai dilirik sebagai salah satu destinasi wisata loh. Nah, satu-satunya alat transportasi ke sana, menggunakan kapal. Kemarin saya mendapat informasi rincian ongkos kapal ke Enggano.

ASDP Indonesia Ferry (Persero) Bengkulu rupanya memberlakukan tarif baru untuk penyeberangan Kota Bengkulu – Pulau Enggano, juga sebaliknya. Ongkos kapal ke Enggano yang baru ini berlaku mulai 1 Februari 2018.

General Manager PT. ASDP Indonesia Ferry (Persero) Bengkulu, Eddy Hermawan melalui Supervisor Penyeberangan Bengkulu-Enggano Sukisman mengatakan, penyesuaian ini dilakukan untuk memenuhi permintaan warga Enggano. Dikatakannya besaran penyesuaian tarif bervariasi.

“Usulan penyesuaian tarif disampaikan Maret tahun lalu ke Dinas Perhubungan Provinsi Bengkulu,” kata Sukisman.

Penyesuaian tarif, lanjut Sukisman, ditetapkan berdasarkan Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 44 tahun 2017 tentang Tarif Dasar Angkutan Penyeberangan untuk Penumpang Kelas Ekonomi, Kendaraan dan Alat-alat Berat/Besar Lintas Bengkulu-Kahyapu Pulau Enggano.

“Saat ini sosialisasi penyesuaian tarif sedang dilakukan melalui spanduk, memasang pengumuman di pelabuhan maupun di loket, hingga penerbitan di media cetak,” ungkap Sukisman.

Untuk tarif baru, lanjut Sukisman, penumpang kelas ekonomi tarif dasarnya untuk dewasa Rp 57 ribu. Sementara anak-anak Rp 35 ribu. Lalu untuk kendaraan golongan I (sepeda dayung) Rp 46 ribu, golongan II (sepeda motor) Rp 115 ribu, golongan III (sepeda motor 500 cc keatas) Rp 290 ribu.

Selanjutnya, golongan IV (minibus) Rp 1.174.000, golongan IV (pickup) Rp 800 ribu, golongan V bus sedang Rp 1,9 juta, golongan V (truk sedang) Rp 1,5 juta, golongan VI (bus besar) Rp 2,9 juta, golongan VI (truk besar) Rp 2,5 juta, golongan VII (truk tronton) Rp 3.450.000, golongan VIII (trailer) Rp 5,2 juta dan golongan IX (alat berat) Rp 7,8 juta.

“Tarif yang diberlakukan ini sudah termasuk asuransi. Tapi belum termasuk dengan pas/jasa pelabuhan,” ungkap Sukisman. Ditambahkannya, saat ini ada dua kapal yang melayani penyeberangan Bengkulu-Enggano. Kapal perintis Sabuk Nusantara dan Pulo Telo. Kapal ini secara reguler beroperasi dua kali seminggu pada Selasa dan Jumat (Bengkulu-Enggano), serta Rabu dan Sabtu (rute Enggano-Bengkulu).

“Ada penambahan jadwal di hari Minggu hanya jika kondisi cuaca pada saat penyeberangan reguler, tidak memungkinkan untuk berangkat. Atau ada permintaan dari instansi. Untuk jumlah penumpang rata-rata 30-60 orang per hari. Penumpang masih didominasi oleh warga,” ungkap Sukisman.(ken)

3 Komentar Tambahkan milikmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *