Manuver New Agya Lebih Lincah

Manuver New Agya Lebih Lincah

Pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) sudah berlangsung Kamis (27/4) lalu. Meski begitu, perjalanan para jurnalis yang diundang khusus oleh Toyota Astra Motor (TAM) belum berakhir. Kemarin (28/4), wartawan Harian Rakyat Bengkulu menjadi salah satu yang mencoba secara langsung performa New Agya 1.200 cc.

 KOMI KENDY, Jakarta

SEBANYAK enam unit New Agya tampak berjajar rapi di halaman Jimbaran Resto, Ancol. Lokasi ini menjadi tempat first drive New Agya, sekaligus acara ramah tamah dengan media. Sejak diluncurkan sejak 7 April lalu, mobil ini memang belum pernah di-test drive oleh wartawan.

“First drive New Agya memang sengaja untuk wartawan dari daerah yang diundang ke acara IIMS 2017 ini. Nanti setelahnya baru kita lakukan test drive di daerah-daerah lain, termasuk bersama wartawan nasional di Jakarta,” ungkap Executive General Manager PT. Toyota-Astra Motor Franciscus Soerjopranoto.

Para peserta dibagi menjadi dua untuk mengemudikan langsung New Agya manual dan automatic varian TRD S 1.2 yang memang tertinggi di kelasnya. Saat dikendarai, New Agya memang terbukti lincah dan ringan. Baik yang manual dengan lima kecepatan maupun yang automatic dengan empat kecepatan.

Dari segi tampilannya, Toyota New Agya diperkenalkan sebagai mobil yang lebih stylish dan modern. Jika seri Agya terdahulu dari depan terlihat lebih cute (imut) dan mungil, New Agya lebih tampak “garang” karena ada desain baru pada bagian lower grille (bagian depan) yang disematkan.

New Agya yang didesain oleh Prana Jiwandhana itu menambahkan desain headlamp yang baru, desain upper grille, desain fog lamp, rear lamp, bumper dan velg yang diganti dengan alloy wheel design khusus varian 1.2 G dan 1.2 TRD S.

Masuk ke bagian dalam, ada bangku semi-bucket. Bangku baru ini membuat pengemudinya nyaman dan serasa “dipeluk”. Berkendara pun jadi terasa begitu melelahkan, apalagi jika perjalanan cukup jauh. Lalu ketika bermanuver, bangku bucket ini bisa menahan body.

Audio entertainment pada New Agya pun diperbaharui dengan desain modern, lengkap dengan bluetooh. “Pengendara yang ingin menelpon atau memutar lagu, bisa menggunakan fitur bluetooth. Lalu di bagian setir sudah disematkan tombol volume,” ujar Tim Product Knowledge Toyota Tommy Hermansyah.

Keunggulan lain, ada fitur safety yang lengkap. Bahkan mendapat 4 bintang dari ASEAN NCAP. Fitur keamanan yang ditambahkan yakni dual SRS airbag, 3 point seltbelt untuk seluruh penumpang, head rest untuk seluruh penumpang, driver seatbelt warning sign, ISOFIX, ABS (1.2 TRD S), wireless door lock dan power door lock.

“New Agya juga sudah dipasangi alarm immobilizer. Aman dari pencurian. Karena kalau ada yang coba bongkar pakai kunci T, mobil tetap akan mau hidup,” ungkap Tommy.

Begitu New Agya dihidupkan, suara mesin memang terdengar halus. Rupanya kehalusan mesin dikarenakan adanya aplikasi improvement baru New Agya, didukung oleh penggunaan mesin 1.000 cc yang kini ditingkatkan dengan teknologi VVT-i DOHC tiga silinder in-line (segaris). Sementara untuk mesin 1.200 cc sudah dual VVT-i empat silinder segaris.

Kedua pilihan engine ini diklaim memiliki tingkat keiritan bahan bakar yang lebih baik dibanding sebelumnya. Penggunaan mesin 3NR, juga diklaim membuat New Agya memiliki suara yang halus dan minim getaran. Kabin pun lebih kedap, sehingga noise atau gangguan suara dari luar menjadi berkurang.

Andalan Pembalap

Yang cukup menarik perhatian, Agya rupanya sudah menjadi andalan tim balap Toyota, yakni Toyota Team Indonesia (TTI) yang dikomandoi Memet Djumhana. Salah satu pembalap berprestasi kebanggaan Indonesia Alinka Hardianti yang berhasil memenangkan berbagai kejuaraan kelas slalom mengendarai Agya.

“Dulu saya sempat minder ketika diminta mengendarai Agya dengan 1.000 cc untuk ikut kejuaraan. Tapi rupanya Agya mampu berkompetisi dengan mobil-mobil lainnya. Bisa fight karena memang lebih lincah. Bahkan dengan mobil yang kelasnya berada diatasnya. Maka itu, dengan hadirnya New Agya yang cc-nya 1.200, saya makin optimis pada kejuaraan-kejuaraan berikutnya,” ungkap Alinka.(**)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *