Lima Situs Galang Dana Online Terpercaya di Indonesia

Bencana maupun orang-orang dengan penyakit kritis dan kronis di Indonesia terbilang cukup tinggi. Beruntungnya saat ini berkat teknologi digital yang semakin maju, semakin banyak pula platform dan aplikasi yang memudahkan untuk menggalang donasi online.
Menjamurnya situs fundrising atau penggalangan dana online, tak pelak harus membuat kita juga perlu berhati-hati. Kita perlu cermat dalam memilih situs galang dana online yang terpercaya di Indonesia agar donasi yang kita kirimkan bisa tepat sasaran.
Nah komikendy.com sudah merangkum setidaknya lima situs galang dana online terpercaya di Indonesia. Apa saja?

1.Peduli Sehat Id

Situs Peduli Sehat Id
Situs Peduli Sehat Id

Peduli Sehat Id adalah platform penggalangan dana online yang terbilang baru. Namun jumlah usernya cukup tinggi, sudah mencapai 1 juta pengguna dengan 500 lebih kampanye per Maret 2019. Platform yang bisa diakses melalui smartphone dan aplikasi di Playstore ini berdiri sejak 2019.
Melalui Peduli Sehat kita bisa berdonasi secra online denga mudah, cepat, aman terpercaya. Selain itu kita juga bisa membuat kampanye jika ingin membantu keluarga atau orang lain yang memerlukan bantuan melalui situs www.pedulisehat.id.
Peduli Sehat hadir sebagai wadah yang menawarkan layanan penggalangan dana kesehatan dan menyebarkan penggalangan dana melalui media sosial. Berfokus pada pasien yang menderita penyakit kronis yang tidak memiliki cukup dana untuk perawatan, berobat juga bertahan hidup, dikarenakan masih terdapat biaya lainnya (biaya obat, biaya susu khusus untuk pasien bayi dan balita, alat medis penunjang kesehatan) yang tidak dapat dibiayai melalui program kartu BPJS (Badan Penyelenggara jaminan Sosial) atau JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

2. Kitabisa.com

Situs Kita Bisa
Situs Kita Bisa

Sejak tahun 2013, kitabisa.com menyediakan wadah dan teknologi online bagi individu, komunitas, organisasi, maupun perusahaan (kami sebut para #OrangBaik) yang ingin menggalang dana dengan membuat halaman donasi online (kami sebut halaman penggalangan) untuk beragam tujuan sosial, personal, kreatif dan lainnya.
Berdonasi kapan saja secara online ke penggalangan di Kitabisa sesuai dengan kategori atau organisasi yang ingin dibantu.
Dengan semangat gotong-royong menghubungkan kebaikan, Kitabisa menerapkan kebijakan open platform. Artinya, dalam hitungan menit siapapun dapat membuat halaman donasi di Kitabisa selama mereka melengkapi syarat verifikasi identitas dan tidak melanggar hukum di Indonesia.
Sebagai social enterprise startup, Kitabisa mengenakan biaya administrasi sebesar 5 persen dari total donasi di sebuah penggalangan, kecuali penggalangan bencana alam dan zakat (0 persen biaya administrasi). Dengan model ini, kami bisa fokus mengembangkan teknologi dan layanan untuk terus mempermudah kegiatan menggalang dana dan donasi di Indonesia dan dunia.
Yayasan Kitabisa tercatat di Kemenkumham, mendapatkan izin PUB (Penggalangan Uang dan Barang) dari Kemensos dengan SK Menteri no 478/HUK-PS/2017, dan diaudit oleh Kantor Akuntan Publik dengan hasil Wajar Tanpa Pengecualian.

3. Aksi Cepat Tanggap

Halaman situs ACT
Halaman situs ACT

Tanggal 21 April 2005, Aksi Cepat Tanggap (ACT) secara resmi diluncurkan secara hukum sebagai yayasan yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan. Untuk memperluas karya, ACT mengembangkan aktivitasnya, mulai dari kegiatan tanggap darurat, kemudian mengembangkan kegiatannya ke program pemulihan pascabencana, pemberdayaan dan pengembangan masyarakat, serta program berbasis spiritual seperti Qurban, Zakat dan Wakaf.
ACT didukung oleh donatur publik dari masyarakat yang memiliki kepedulian tinggi terhadap permasalahan kemanusiaan dan juga partisipasi perusahaan melalui program kemitraan dan Corporate Social Responsibility (CSR).
Sebagai bagian dari akuntabilitas keuangannya ACT secara rutin memberikan laporan keuangan tahunan yang telah diaudit oleh Kantor Akuntan Publik kepada donatur dan pemangku kepentingan lainnya, serta mempublikasikannya melalui media massa.
Sejak tahun 2012 ACT mentransformasi dirinya menjadi sebuah lembaga kemanusiaan global, dengan jangkauan aktivitas yang lebih luas. Pada skala lokal, ACT mengembangkan jejaring ke semua provinsi baik dalam bentuk jaringan relawan dalam wadah MRI (Masyarakat Relawan Indonesia) maupun dalam bentuk jaringan kantor cabang ACT. Jangkauan aktivitas program sekarang sudah sampai ke 30 provinsi dan 100 kabupaten/kota di seluruh Indonesia.
Pada skala global, ACT mengembangkan jejaring dalam bentuk representative person sampai menyiapkan kantor ACT di luar negeri. Jangkauan aktivitas program global sudah sampai ke 22 Negara di kawasan Asia Tenggara, Asia Selatan, Indocina, Timur Tengah, Afrika, Indocina dan Eropa Timur. Wilayah kerja ACT di skala global diawali dengan kiprah dalam setiap tragedi kemanusiaan di berbagai belahan dunia seperti bencana alam, kelaparan dan kekeringan, konflik dan peperangan, termasuk penindasan terhadap kelompok minoritas berbagai negara.

4.WeCare.id

Halaman Situs WeCare
Halaman Situs WeCare

WeCare.id adalah situs web yang dibangun khusus untuk mengumpulkan dana bagi pasien-pasien yang memiliki kemampuan finansial yang terbatas, tinggal di wilayah yang sulit dijangkau, serta belum menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) atau yang kepesertaannya sudah tidak aktif.
WeCare bekerja sama dengan dokter-dokter di rumah sakit untuk menghubungkan para calon donatur dengan para pasien sehingga mereka dapat memperoleh pengobatan dan fasilitas pendukung lainnya yang menyeluruh.
WeCare percaya bahwa setiap individu di Indonesia memiliki hak yang sama atas pelayanan kesehatan yang diterima, sehingga mereka dapat berperan sebagai individu yang prima dan produktif. Sebab pada kenyataannya, tidak semua penduduk Indonesia memiliki akses terhadap pelayanan kesehatan yang baik karena kemampuan finansial yang terbatas, wilayah yang sulit dijangkau, serta tidak dimilikinya Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Untuk mendukung program JKN yang diselenggarakan pemerintah, WeCare.id juga memfasilitasi individu yang masih memiliki tunggakan iuran kepada BPJS.

5. Change.org

Halaman Situs Change.org
Halaman Situs Change.org

Platform ini dapat digunakan oleh NGO maupun individu untuk memobilisasi sekaligus mengedukasi kepada khalayak umum tentang isu yang diangkat dalam bentuk petisi online untuk perubahan.
Konsep utama dari petisi online ini adalah public shaming, atau memobilisasi masyarakat yang peduli terhadap isu yang di mana di dalam petisi tersebut dijabarkan kesalahan dan ketidakadilan yang dilakukan oleh pelaku, bisa individu atau organisasi maupun perusahaan.
Jika memang petisi yang dibuat tujuannya sekaligus untuk lead generation, yang perlu diperhatikan adalah pembuat petisi tidak bisa mendapatkan akses terhadap database signers.
Di Change.org, setiap orang di mana saja memulai kampanye, memobilisasi pendukung, dan bekerja dengan pengambil keputusan untuk mencari solusi.
Pengguna Change.org lebih dari 200 juta orang di 196 negara membuat perubahan di komunitas mereka. Melalui situs ini pengambil keputusan di tingkat pemerintahan tertinggi dan bisnis terlibat dengan konstituen dan konsumen mereka.
Yang terlibat di Change.org biasanya juga adalah organisasi-organisasi terkemuka mengajukan kegiatan sosial mereka dan menjalin hubungan dengan pendukung yang baru. Serta wartawan mencari sumber berita yang memiliki kekuatan dan meliput kampanye ratusan kali sehari.(**)

Komi Kendy

Halo, saya adalah blogger pemula yang menyukai dunia menulis, fotografi dan traveling.

3 Comments

Join the discussion and tell us your opinion.

Mei 01, 2019 - 04:41

[…] Galang dana (fundrising) secara online adalah menghimpun donasi secara online melalui platform situs dan aplikasi. Setiap pendonasi bisa memilih secara langsung kemana donasinya akan diberikan dan memantau perkembangan donasi yang sudah diberikan secara real time dan terpercaya. Tulisan mengenai situs-situs galang dana online terpercaya bisa juga dilihat di artikel sebelumnya Lima Situs Galang Dana Online Terpercaya di Indonesia. […]

Balas
Mei 07, 2019 - 07:54

Wow.. ternyata ada banyak ya provider penggalangan dana online. Semoga semua dana yang terkumpul tersalurkan secara tepat.

Balas
Mei 07, 2019 - 13:00

saya sudah menggunakan beberapa situs galang dana online yang disebutkan disini. Kalau sekarang, saya sedang mencoba berdonasi di pedulisehat. Selain itu, saya pernah mencoba berdonasi melalui ACT dan Kitabisa. Kalo change.org baru tau seputar petisi-petisinya, kalo donasinya malah belum pernah hehehe

Balas

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: