Ketoprak Simpang Golf, Berasa Kacangnya

Makanan tradisional ketoprak.KOMI KENDY
Makanan tradisional ketoprak.KOMI KENDY

Ketoprak sebagai makanan tradisional khas Indonesia, tentu sudah tak asing lagi. Penjajanya saja terbilang banyak. Tapi buat nyari yang rasanya enak, tentu nggak ditemui di sembarang tempat. Di Kota Bengkulu, salah satunya yang sudah dikenal ada di Jalan Citandui Simpang Lapangan Golf, Lingkar Barat.

Terus terang, jika kita datang ke lokasinya jauh dari kesan mewah. Malah bisa dikatakan ini jajanannya “kelas” kaki lima. Karena hanya ada gerobak serta bangku dan meja panjang beratapkan seng saja.

Tapi jangan salah. Yang datang ke sana tak sedikit diantaranya yang pakai mobil mewah. Tua muda, pria wanita, juga anak-anak. Hal ini tak lepas karena sajian ketopraknya yang bener-bener asli enaknya. Seperti apa sih ketoprak simpang golf ini?

Setiap porsinya terdiri dari potongan lontong daun pisang, toge, mie bihun, timun, tahu goreng, telor rebus, bawang goreng, kecap, kerupuk dan tentu saja, kuah kacang. Kuah kacangnya ini yang menurut saya bikin rasa ketoprak simpang golf jadi terus terkenang di lidah.

Kuah kacangnya kental, tapi ga bikin eneg. Asin, manis dan gurihnya pas. Berasa segar juga karena ada potongan timunnya. Untuk urusan pedas, bisa disesuaikan sama selera. Silakan minta tambah rawit untuk level pedas maksimal. Karena kalau saya sukanya yang sedang-sedang saja.

Dengan harga Rp 15.000, satu piring ketoprak sudah bikin kenyang. Bisa tambah tempe goreng tepung atau tahu dengan menambah Rp 1.000 saja. Murah meriah kan.

Oh iya, dalam sehari pedagang ketoprak bisa menjual hingga 80 porsi lebih loh. Biasanya buka dari jam 10.00 WIB-17.00 WIB. Saat yang paling ramai biasanya mulai dari jam 12 siang hingga sore. Karena udah beberapa kali ke sana, jika diperhatikan yang paling banyak datang diantaranya karyawan atau PNS yang ingin makan siang.

Saya sendiri pertama kali ke sana bersama Tusda Cuy dan bang Irfansyah. Awalnya pas diajak makan ke sana, rada kurang yakin. Apalagi awalnya nggak terlalu suka karena belum nemu sama yang pas. Sambil nunggu penjualnya meracik, Tusda cerita kalau itu salah satu tempat makan favorit istrinya. “Waktu hamil ngidamnya ke sini terus Ken,” begitu ujarnya.

Ehh beneran. Sekali nyoba, bikin jadi ketagihan.

Beda Suasana

Makan di kaki lima memang memberikan sensasi yang berbeda. Angin semilir karena di sekitarnya banyak pohon cemara. Teduh sih ya. Jadi bikin betah buat duduk-duduk. Ya itung-itung melepas penat sejenak sambil istirahat siang. Supaya refresh lagi untuk bekerja.

Kaya Manfaat

Selain enak dan murah meriah, ketoprak ini juga kaya manfaat loh. Dikutip dari situs khasiat.co.id makan ketoprak bisa :

  1. membakar lemak,
  2. menjaga tekanan darah,
  3. mencegah kanker usus,
  4. melindungi otot jantung,
  5. mencegah tekanan darah tinggi,
  6. mencegah batu ginjal,
  7. melancarkan fungsi otak,
  8. mencegah osteoporosis,
  9. menguatkan gigi,
  10. mengurangi nyeri saat haid,
  11. pelengkap kandungan nutrisi,
  12. membantu pertumbuhan tulang,
  13. mengurangi kram selama hamil dan
  14. menjaga tekanan darah.

Komplit kan manfaatnya. Ini tak lepas dari kandungan gizi dan nutrisinya yang lengkap. Ada karbohidrat dari lontong, sayur, lauk tahu dan telor, juga kacangnya sendiri. Ini penting loh. Apalagi buat makan siang. Apapun yang masuk ke perut bukan hanya sekadar kenyang. Tapi bikin sehat. Itu yang nggak kalah penting.(**)

 

6 Comments Add yours

  1. Apura berkata:

    Ya Allah ngiler wkwkwk

  2. Dahlia Siregar berkata:

    Kayaknya inu tempat yg bikin suami saya salah kaprah. Dari jauh dilihatnya rame, motor seliweran parkir di bahu jalan. Dalam benaknya ada razia..eh, begitu dekat rupanya pelanggan ketoprak.. besok kucoba ah..

    1. admin berkata:

      betul betul mbak… rame kendaraan parkir, apalagi kalau siang

  3. Kuma Seo berkata:

    Duuh, siang-siang baca ini + lagi puasa juga, jadi gmna gitu,, ***Pengen***

  4. elva susanti berkata:

    Sayang nian baru tahu saya mbak, kl dak tu lah ksana jg saya. Ngilerr jadinya,

  5. Relinda Puspita berkata:

    Penasaran enaknya kayak apa ini ketoprak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *