Kemasan Unik Sirup Kalamansi Cap Gusti

NAMA sirup kalamansi sebagai minuman khas Bengkulu, sudah cukup dikenal. Karena produsennya sudah cukup banyak, masing-masing “berlomba” untuk membuat ciri khas tersendiri sebagai strategi penjualan.

Hal inilah yang dilakukan Rustianti, pemilik usaha Gusti Cake & Cookies Bengkulu. Selain menonjolkan rasanya yang enak, sirup Gusti juga mudah diingat karena bentuk botolnya yang unik.

Berbeda dengan sirup kemasan lain yang botolnya bulat atau persegi, sirup kalamansi botolnya mirip bohlam lampu. Plastiknya bening, lumayan tebal dan tidak mudah pecah.

“Sekarang kan yang membuat sirup kalamansi sudah banyak. Nah botol yang unik ini bikin pelanggan jadi mudah ingat sama merek Gusti,” ungkap Rustianti.

Penghargaan UKM Pangan Award 2016. Foto: Dok. FB Elrosa Indah
Penghargaan UKM Pangan Award 2016. Foto: Dok. FB Elrosa Indah

Karena rasa yang enak dan botol yang unik pula, sirup kalamansi Gusti pernah meraih juara 1 UKM Pangan Award tahun 2016 dari Kementerian Perdagangan (Kemendag) kategori Lomba Produk Minuman Dalam Kemasan Kelompok Usaha Mikro Kecil.

Rustianti mengakui, kemasan yang unik sebagai salah satu strategi pemasaran ia dapatkan dari pemasok botol kemasan di Pulau Jawa. Dari katalog bermacam bentuk botol yang dikirim, ia memutuskan memilih yang berbentuk bohlam lampu. “Di sini (Bengkulu belum ada yang menyamai,” ungkapnya.

Saat ini sirup merek Gusti yang diproduksi di Jalan M. Hasan No. 10 Kelurahan Pasar Baru bukan hanya dipasarkan ke outlet-outlet yang ada di sentra oleh-oleh Anggut Atas. Tapi juga sudah ke luar daerah. Seperti ke pusat oleh-oleh Yeyen di Lampung, Aneka Sari Rasa, Toko Oleh-oleh Sowan dan Dapur Solo di Jakarta.

Saat ini Rustianti tengah menjajaki sirup Gusti bisa menjadi sajian di Bandara Soekarno Hatta.

“Kami juga ada reseller di kawasan Jakarta Timur. Lalu sudah dipasarkan online melalui IG (Instagram) dan FB (facebook). Bagi yang mau pesan bisa menghubungi 085273227433,” tambahnya.

Sebotolnya ukuran 320 ml sirup Gusti dihargai Rp 25 ribu. Sirup ini tanpa bahan pengawet dan pemanis buatan. Komposisinya gula putih dan tentu saja jeruk kalamansi yang dibeli dari petani jeruk lokal di kawasan Padang Serai, Kota Bengkulu.

Cara penyajiannya juga mudah. Tinggal tuangkan air ke gelas, lalu tuangkan sedikit “biang” sirup. Aduk sampai rata. Lebih segar menambahkan es batu. Diminum saat cuaca sedang panas pula.

Selain sirup Gusti, Rustianti rupanya sudah dikenal sebagai UKM yang memproduksi kue basah dan kue kering (cake and cookies). Ia sudah punya label Brownies Oke dan olahan selai jeruk kalamansi.

“Selai ini karena belum ada izin resmi, jadi saya baru sebatas untuk produksi kue sendiri.Yang tengah dikembangkan saat ini manisan kulit jeruk kalamansi. Mudah-mudahan disukai oleh masyarakat,” tutup Rustianti.(ken)

5 Comments Add yours

  1. Keluarganawra berkata:

    kayaknya enak ya, segar rasanya, boleh dicobain

  2. Rio Anderta berkata:

    Gusti Sirup Emang Mantap..

    1. admin berkata:

      iyaaah mantaap

  3. Zefpron Saputra berkata:

    Jeruk Kalamansi khas Bengkulu memang luar biasa. 😀

  4. Apura berkata:

    Informasi yang menarik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *