Jasa Raharja Renovasi Pasar Kuliner Tertua di Kota Bengkulu

SUDAH belasan tahun, Pasar Barukoto menjadi salah satu pusat aneka kuliner di Kota Bengkulu. Ada berbagai macam makanan yang dijual di sana. Mulai dari bakso, soto, pempek, nasi goreng hingga es campur.

Walau arealnya kelas kaki lima, tapi bervariasinya jenis makanan yang ada di sana membuat tak sedikit wisatawan atau masyarakat lokal yang datang berkunjung. Nah sayangnya, sebagai sentra kuliner yang lokasinya berada di kawasan wisata sejarah Kampung Cina dan Benteng Marlborough itu selama ini kondisi lingkungannya masih kurang terawat.

Untuk itulah, pada Senin, 7 Mei 2018 PT. Jasa Raharja Cabang Bengkulu memberikan bantuan melalui dana Corporate Social Responsibility (CSR). Program ini oleh Jasa Raharja disebut Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL). Nilainya terbilang besar mencapai Rp 271,5 juta.

Dana ini oleh PT. Jasa Raharja Cabang Bengkulu dihibahkan untuk pembangunan/ renovasi sarana, prasarana dan fasilitas umum pasar kuliner di Barukoto. Penyerahan dana CSR ini dilakukan secara simbolis kepada Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bengkulu Dewi Dharma M.Si. Ia  didampingi Kepala Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) Pasar Barukoto Edwin Agus Sukarta.

Kepala PT. Jasa Raharja Bengkulu Akhdiyat Setya Purnama mengatakan, bantuan PKBL diberikan untuk rehabilitasi 45 auning Pasar Barukoto. Bantuan sengaja disalurkan ke pasar tersebut mengingat Pasar Barukoto memiliki nilai historis di Bengkulu. Dimana dulunya kawasan itu pernah menjadi pusat perbelanjaan yang paling dituju.

“Penyaluran dana bina lingkungan ini merupakan tugas tambahan dari Kementerian BUMN kepada PT. Jasa Raharja, sebagai wujud komitemen Jasa Raharja untuk terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat,” kata Akhdiyat.

“Dengan adanya bantuan ini diharapkan pedagang-pedagang yang berjualan disini dapat terbantu. Sehingga para pedagang juga masyarakat yang datang merasa nyaman dan tidak kepanasan,” tambahnya.

Pada kesempatan itu, Kepala Disperindag Kota Bengkulu Dewi Dharma mengucapkan terima kasih banyak kepada PT Jasa Raharja Cabang Bengkulu yang telah memberikan bantuan program bina lingkungan kepada UPTD Pasar Barukoto.

“Kami mengapresiasi bantuan program CSR yang diberikan Jasa Raharja Bengkulu. Dikarenakan saat ini kondisi auning pusat kuliner sudah sangat memprihatinkan. Sudah bertahun-tahun belum ada perbaikan ataupun renovasi. Dengan adanya bantuan ini dan juga sudah berfungsi dengan baik diharapkan dapat pendapatan UPTD pasar barukoto,” kata Dewi.(**)

Satu Komentar Tambahkan milikmu
  1. Memang sudah sebaiknya diperbaiki. Kalau menarik desainnya, bisa menjadi daya tarik wisata juga, loh. Apalagi ada banyak kota yang menjadikan pasar (terutama pasar tradisional) sebagai daya tarik kotanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *