Festival Bumi Rafflesia yang akan segera diselenggarakan di Bengkulu. Foto : Genpi Bengkulu

Jadwal Festival Bumi Rafflesia 2019

Festival Bumi Rafflesia kembali digelar. Istimewanya, tahun ini untuk pertama kalinya event yang diselenggarakan Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu itu masuk sebagai Top 100 Calendar of Event (COE) Kementerian Pariwisata.

Sudah punya agenda traveling kemana di bulan Juli ? Yuk pilih Bengkulu sebagai destinasi liburan pertengahan tahun ini. Rencananya tanggal 18-22 Juli akan ada Festival Bumi Rafflesia 2019 yang dipusatkan di Sport Center Pantai Panjang.

Festival Bumi Rafflesia merupakan ajang pariwisata dan budaya yang rutin diselenggarakan setiap tahun di Bengkulu. Kegiatan ini diselenggarakan sejak tahun 2013. Biasanya ada pameran industri dan Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM), pagelaran seni dan budaya, karnaval etnik, lomba fashion show, pameran dan lomba melukis, serta kegiatan menarik lainnya.

Setiap tahun diselenggarakan, penyelenggaraan yang tadinya masih ala kadarnya terus berbenah. Khususnya dengan semakin meningkatnya kesadaran bahwa festival ini memiliki potensi yang besar untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Bengkulu. Sehingga objek-objek wisata Bengkulu yang menarik, bisa lebih dikenal.

Tidak tanggung-tanggung. Selama lima hari Festival Bumi Rafflesia berlangsung, kunjungan wisata ditargetkan bisa mencapai 10.000 orang. Cukup banyak juga ya targetnya. Mudah-mudahan bisa terpenuhi.

Oleh sebab itu Festival Bumi Rafflesia tahun 2019 ini perlu persiapan matang. Jika penyelenggaraan tahun ini sukses dan kembali digelar secara rutin di tahun mendatang, maka akan banyak efeknya untuk perekonomian masyarakat.

Mulai dari tingkat hunian hotel yang bertambah, berkembangnya wisata kuliner, bertambahnya kunjungan ke objek wisata andalan di Bengkulu, hingga menguntungkan masyarakat yang menopang mata pencahariannya melalui bisnis UMKM.

Apa yang  Menarik di Festival Bumi Rafflesia?

Festival Bumi Rafflesia
Festival Bumi Rafflesia

Menurut saya ada beberapa kegiatan menarik yang bisa kita saksikan di Festival Bumi Rafflesia. Tapi rasanya yang sayang untuk dilewatkan untuk ditonton salah satunya adalah pertunjukan atraksi dol, lomba lukis dan pagelaran seni dan budaya.

Yang ingin liat-liat pameran juga ada pameran industri. Bisa sambil shopping produk-produk unik dan menarik. Secara keseluruhan, ini dia kegiatan yang akan diselenggarakan pada Festival Bumi Rafflesia:

Pameran Pariwisata & Inafact Fair

Akan ada tenda-tenda ber-AC yang dipasang di aera Sport Center Pantai Panjang. Berisi pameran industri, investasi dan pariwisata. Biasanya kita bisa melihat aneka produk kerajinan seperti aksesoris gelang, kalung, cincin, bros, jilbab, batik, sepatu dan lain-lain. Bukan hanya dari Bengkulu saja. Tapi juga dari kabupaten dan provinsi-provinsi lainnya.

Atraksi Dhol dengan Formasi Pola Bunga Rafflesia

Akan ada 500 lebih pemain dhol yang tampil. Tahun-tahun sebelumnya atraksi dhol sudah memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Atraksi ini dipusatkan di depan ikon Pantai Panjang. Atraksi ini tampaknya yang paling dinanti karena selama ini musik dhol dikenal sebagai pertunjukan musik tradisional yang menarik. Daya tarik musik dhol terletak pada permainan musiknya yang memacu semangat siapapun yang mendengarnya.

Internasional Folk Art Festival

Pagelaran seni dan budaya dari Thailand, Singapura, Inggris dan Korea Selatan. Grup seni dari negara Asia ini menampilkan tarian. Seperti dari Singapura ada penampilan Dian Dancers, “Nalmoe Buk Chum” dari Korea Selatan, “Butwa’an Dance Ensamble” dari Philipina dan lain-lain. Selain dari luar negeri juga ada penampilan Bencoolen Percusion dari PGSD Unib, Performance KA-GA-NGA, Performance UKM Batra Universitas Riau dan lain-lain.

Ethnic Carnaval

Karnaval dengan fashion etnik di Festival Bumi Rafflesia dengan ciri khas Batik Kain Besurek
Karnaval dengan fashion etnik di Festival Bumi Rafflesia dengan ciri khas Batik Kain Besurek

Fashion show pakaian bernuansa etnik karya desainer Bengkulu. Biasanya pakaian etnik yang ditampilkan bernuansa khas Bengkulu. Yakni Batik Kain Besurek. Karnaval ini sayang dilewatkan oleh para fotografer dan pecinta fashion etnik.

Nge-Trail Wonderful Bengkulu

Sebanyak 1.000 riders akan menempuh jalur start di Sport Center Pantai Panjang-Bengkulu Tengah-finish Sport Center Pantai Panjang. Para riders ini bukan hanya dari Provinsi Bengkulu saja. Tapi juga dari Provinsi Lampung dan Sumatera Selatan.

Lomba Lukis dan Pameran

Lomba lukis bertema “Wonderful Bengkulu” akan diikuti pelajar SMP, SMA, mahasiswa dan umum. Total hadiahnya mencapai Rp 54 juta.

Pagelaran Seni dan Budaya

Penampilan lagu daerah, tarian dan musik tradisional dari masing-masing kabupaten/kota.

Penanaman Pohon dan Visit Kalamansi

Aksi penanaman pohon sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan. Lokasinya akan dipusatkan di kawasan Danau Dendam Tak Sudah. Setelahnya para peserta yang termasuk juga perwakilan dari empat negara akan mengunjungi sentra sirup kalamansi. Minuman khas dari Bengkulu. Mereka akan menyaksikan langsung proses produksi jeruk kalamansi.

Jadwal Festival Bumi Rafflesia

Denah lokasi Festival Bumi Raff;esia
Denah lokasi Festival Bumi Raff;esia

Nah, buat yang sudah siap-siap datang ke Festival Bumi Rafflesia, silakan baca jadwalnya ya. Jangan sampai melewatkan atraksi dan pegalaran seni budaya yang seru. Berikut jadwalnya :

Pembukaan – Kamis, 18 Juli 2019

Pagi-Malam        Lomba Lukis

15.00 WIB            Pembukaan Festival Bumi Rafflesia dan Inafact Fair (pameran) oleh Gubernur Bengkulu Dr. Rohidin Mersyah

                                Ethnic Carnaval

                                Performance Grup Seni Tari dan Budaya dari Kabupaten

Hari ke-2 – Jumat, 19 Juli 2019

Pagi-Malam        Lomba Lukis

                                Pameran Inafact Fair

16.00 WIB            Akuistik

19.30 WIB           Performance Grup Seni Tari dan Budaya dari KAbupaten

Hari ke-3 – Sabtu, 20 Juli 2019

Pagi-Malam        Lomba Melukis

07.00 WIB            Pelepasan Ngetrail Wonderful Bengkulu –RBAT 2019

08.00 WIB            Worshop Cross Culture bersama 4 negara &  4 sanggar lokal

15.00 WIB            Atraksi Dol dengan pola bunga rafflesia dan kolaborasi dengan seniman 4 negara

19.30 WIB           Performance Grup Seni Tari dan Budaya dari KAbupaten

Hari ke-4 – Minggu, 21 Juli 2019

07.00 WIB          Penanaman Pohon Sapta Pesona di Danau Dendam Tak Sudah

08.30 WIB          Kunjungan ke rumah produk kalamansi

Pagi-Malam        Lomba Lukis

                              Performance Grup Seni Tari dan Budaya dari KAbupaten

Hari ke-5 – Senin, 22 Juli 2019

19.30 WIB            Pembagian hadiah

                               Penutupan oleh Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyah

                               Performance Grup Seni Tari dan Budaya dari grup seni negara sahabat

Jadwal diatas, dilansir berdasarkan rundown yang di-share oleh Dinas Pariwisata Provinsi Bengkulu melalui Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Bengkulu. Jadwalnya saya ringkas dan olah supaya lebih mudah dibaca. Dan bisa jadi ada yang berubah, molor atau dipercepat ya. Jadi harap maklum kalau ada yang tidak sesuai jadwal nantinya.

Oia sambil traveling ke Bengkulu para wisatawan juga jangan lewatkan destinasi wisata lainnya yang ada di Kota Bengkulu. Salah satunya bisa mengunjungi Rumah Ibu Fatmawati, ibu negara pertama Republik Indonesia. Kalau lelah berkeliling tempat wisata dan ingin relaksasi, bisa datang juga ke Martha Tilaar Cabang Bengkulu.

Air terjun Sengkuang di Kabupaten Kepahiang yang bisa didatangi saat traveling ke Bengkulu selain menyaksikan Festival Bumi Rafflesia
Air terjun Sengkuang di Kabupaten Kepahiang yang bisa didatangi saat traveling ke Bengkulu selain menyaksikan Festival Bumi Rafflesia

Berikut beberapa rekomendasi beberapa tempat wisata menarik di Kota Bengkulu dan kabupaten sekitarnya yang dekat :

  • Kota Bengkulu
  • Benteng Marlborough
  • Kampung Cina
  • Penangkaran Tukik/ Anak Penyu Tapak Paderi
  • Rumah Pengasingan Bung Karno
  • Pantai Panjang
  • Danau Dendam Tak Sudah
  • Wisata Mangrove Badhrika & Kampung Melayu
  • Sentra Oleh-oleh Anggut
  • Bengkulu Tengah
  • Bunga Rafflesia
  • Air Terjun Taba Penanjung
  • Pantai Sungai Suci
  • Kepahiang
  • Bunga Rafflesia
  • Penangkaran Bunga Bangkai/ Amorphopallus
  • Air Terjun Sengkuang
Komi Kendy

Halo, saya adalah blogger pemula yang menyukai dunia menulis, fotografi dan traveling.

3 Comments

Join the discussion and tell us your opinion.

Sofian

Juli 15, 2019 - 15:27

mantul mba

Balas
Juli 15, 2019 - 14:36

Mantul mas. Semoga acaranya tahun ini lebih sukses, lebih meriah, lebih berkesan dan berdampak pada pariwisata budaya Provinsi Bengkulu

Balas
Juli 18, 2019 - 23:32

[…] Bumi Rafflesia yang sudah dibuka sejak kemarin. Apa saja jadwalnya, silakan baca di tulisan saya Ini Dia Jadwal Festival Bumi Rafflesia 2019.(**) Tulisan ini dibuat untuk Harian Rakyat Bengkulu dan RB […]

Balas

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *