Booth Daihatsu di GIIAS 2019 tampil penuh warna khas generasi milenial. Foto: Komi Kendy

GIIAS 2019, Daihatsu Hadirkan MVP untuk Anak Muda

Multi Purpose Vehicle (MVP) identik sebagai mobilnya keluarga. Di tahun ini Astra Daihatsu membuat terobosan baru dengan mem-branding MVP sebagai mobilnya anak muda. Mobil konsep nan smart dan canggih dihadirkan Daihatsu pada gelaran GIIAS 2019.
Gaikindo Indonesia Internasional Auto Show (GIIAS) 2019 kemarin (18/7) resmi dibuka oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla. Event mobil terbesar di Asia Tenggara ini akan berlangsung hingga 28 Juli mendatang. Pada event yang berlangsung di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD City Tangerang Selatan ini, Daihatsu menghadirkan booth yang futuristik dan penuh warna. Ini seiring dengan keinginan Daihatsu yang ingin memuaskan selera generasi zaman now.
Dinding penuh motif warna-warni dengan cahaya neon yang artsy terlihat eye catching diantara berbagai booth mobil lainnya yang ada di area Hall 2. Bertema “Funtastic GenerasiON” booth Daihatsu terasa makin ceria aktif dan youthful khas generasi milenial. “Sesuai tema Funtastic GenerasiON, kami ingin selalu memberikan program unggulan dan permainan interaktif untuk para pengunjung kawula muda dan keluarga. Kami berharap Sahabat Daihatsu dapat menikmati pengalaman mengesankan selama berada di booth Daihatsu,” kata Chief Executive PT. Astra Internasional TBK – Daihatsu Sales Operation Supranoto, pada pembukaan booth Daihatsu di GIIAS 2019.

Pembukaan Booth Daihatsu

Presiden Daihatsu Motor Company Ltd Jepang Soichiro Okudaira, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Tetsuo Miura, Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Pongky Prabowo dan Chief Executive PT. Astra Internasional TBK - Daihatsu Sales Operation Supranoto memperkenalkan mobil masa depan Daihatsu.
Presiden Daihatsu Motor Company Ltd Jepang Soichiro Okudaira, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Tetsuo Miura, Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Pongky Prabowo dan Chief Executive PT. Astra Internasional TBK – Daihatsu Sales Operation Supranoto memperkenalkan mobil masa depan Daihatsu.
Booth Daihatsu ini dibuka secara resmi oleh Presiden Daihatsu Motor Company Ltd Jepang Soichiro Okudaira, Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Tetsuo Miura dan Wakil Presiden Direktur PT Astra Daihatsu Motor Pongky Prabowo. Sebagai simbol, pembukaan ditandai dengan membuka selubung mobil konsep Hy Fun. Turut hadir dan menyaksikan pula Gidion Hasan, Direktur PT Astra International Tbk serta jajaran Direksi dan Manajemen PT Astra Daihatsu Motor, PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation, Daihatsu Dealer Management & Owner, serta undangan dari berbagai kalangan dan Sahabat Jurnalis dari seluruh media.
Ada 12 unit mobil andalan Daihatsu yang dipamerkan. Terdiri dari 1 unit mobil konsep Hy-Fun, 1 unit mobil model domestik Jepang, yaitu Tanto Custom, 1 unit Xenia modifikasi, dan 1 unit Sirion Artvatar yang dapat didesain sesuai kreativitas dan selera pengunjung. Tidak hanya itu. Daihatsu juga memamerkan 3 unit Special Edition (SE). Yaitu Astra Daihatsu Ayla SE, Terios SE, dan Sirion SE. Lalu 5 unit existing model Xenia, Terios, Ayla, Sigra dan Sirion.
Di booth Daihatsu para pengunjung tak hanya bisa melihat-lihat mobil saja. Ada berbagai program seru yang membuat pengunjung merasa betah. Mulai dari game corner interaktif, R&D (Research and Development) Corner yang memperlihatkan teknologi smart assist, After Sales Service (ASS) corner yang didesain gravitasi, fantastic play ground buat pengunjung yang datang bersama keluarga. Salah satu yang banyak dikunjungi adalah mobil domestik Jepang berteknologi smart assist. Tanto namanya. Mobil ini bisa di-test drive di area GIIAS untuk merasakan fitur keamanannya.

Daihatsu Hy-Fun

Mobil Hy Fun Daihatsu di GIIAS 2019
Mobil Hy Fun Daihatsu di GIIAS 2019
Pada gelaran GIIAS tahun ini, Daihatsu mengenalkan Hy Fun. Sebuah mobil konsep untuk generasi modern dan kekinian, berkapasitas 6 orang. Design Engineering Div Executive Coordinator Soni Satriya menjelaskan Hy Fun adalah mobil hybrid yang smart dengan berbagai fitur canggih. Pada sisi eksterior, bodi mobil Hy-Fun memiliki desain aerodinamis, sehingga terlihat agresif dan sporty.
Hy-Fun dibalut dengan warna silver metalik, dan desain grill yang dapat menyala berwarna biru muda. Warna ini memberikan kesan high tech pada mobil ini. Hy-Fun terlihat semakin gagah dan sporty dengan disematkannya velg 20 inch.
Pada bagian pintu, kendaraan konsep ini dibekali dengan Side Door Closing Motion, baik pada sisi pintu baris pertama, maupun kedua, sehingga memberikan akses masuk ke kabin yang lebih luas. Walaupun didesain tanpa handle, namun pintu dapat dibuka melalui sensor pada mobil yang akan membaca gesture tertentu pada tubuh tanpa harus menyentuh mobil ini.
“Hy-Fun memiliki fitur face tecognition disematkan untuk membuka atau pun mengunci pintu mobil ini, sehingga lebih aman,” kata Soni saat mini conference bersama Marketing Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, Research & Development Executive Officer Pradipto Sugondo, Corp. Planning & Communication Div. Head Elvina Afny serta Marketing & CR Div Head Hendrayadi Lastiyoso.

Smart Assist Safety

Mobil konsep Daihatsu Hy Fun hadir di booth Daihatsu pada GIIAS 2019. Foto: Komi Kendy
Mobil konsep Daihatsu Hy Fun hadir di booth Daihatsu pada GIIAS 2019. Foto: Komi Kendy

Dari segi keamanan, Hy-Fun sudah disematkan smart assist atau teknologi keamanan pintar. Teknologi smart assist memiliki lima keunggulan utama. Mencegah benturan, mengurangi risiko salah injak pedal, memberi peringatan saat mobil di depan bergerak, memberi peringatan saat pindah jalur dan dilengkapi lampu jauh adaptif. “Mobil smart assist juga sudah dilengkapi dengan face recognition (pengenal wajah) and hand gesture untuk masuk ke dalam mobil,” jelas Soni dalam mini conference bersama Marketing Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, Research & Development Executive Officer Pradipto Sugondo, Corp. Planning & Communication Division Head Elvina Afny serta Marketing & CR Division Head Hendrayadi Lastiyoso.

Soni menambahkan, Hy Fun merupakan mobil pintar yang full hiburan. Seat atau jok bisa diputar 90 derajat sehingga penumpang bisa interaksi dan bisa menikmati berbagai entertainment. “Mobil ini bisa mendeteksi kondisi abnormal pada kendaraan. Dilengkapi dengan voice command, terintegrasi dengan device pengguna untuk mendengarkan lagu dan bermain games Virtual Reality (VR),” tambah Soni.
Marketing Director PT. ADM Amelia Tjandra menjelaskan konsep MVP untuk anak muda yang kini diusung Daihatsu. Foto: Komi Kendy
Marketing Director PT. ADM Amelia Tjandra menjelaskan konsep MVP untuk anak muda yang kini diusung Daihatsu. Foto: Komi Kendy

Marketing Director PT. Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra menambahkan, saat ini mobil hybrid ini belum diproduksi. Mengingat bahan bakarnya yang elektrik membutuhkan sumber daya baterai. Sementara baterainya belum diproduksi di Indonesia. “Mobil konsep yang ada sekarang lebih pada mengedukasi masyarakat Indonesia seperti apa nanti mobil masa depan,” kata Amelia di hadapan wartawan peserta Regional Gathering Daihatsu. 

Terkait dengan mobil dengan smart assist yang sudah beroperasi di Jepang dan Malaysia, Amelia belum memastikan kapan akan dipasarkan di Indonesia. Daihatsu masih akan menjajaki apakah mobil semacam seri Tanto, dibutuhkan atau tidak oleh pangsa pasar Indonesia.
Kalau di Tangerang lagi ada event show mobil terbesar di Asia Tenggara, di Bengkulu juga sedang ada Festival Bumi Rafflesia yang sudah dibuka sejak kemarin. Apa saja jadwalnya, silakan baca di tulisan saya Ini Dia Jadwal Festival Bumi Rafflesia 2019.(**)
Tulisan ini dibuat untuk Harian Rakyat Bengkulu dan RB Online.
Komi Kendy

Halo, saya adalah blogger pemula yang menyukai dunia menulis, fotografi dan traveling.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *