Flash Blogging Asik Bareng Mira Sahid dan TKP

Untuk pertama kalinya Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) RI menyelenggarakan Flash Blogging di Bengkulu. Sebanyak 74 blogger ikut serta. Banyak hal baru yang didapat dari kegiatan ini. Selain pengetahuan tentang program pemerintah Presiden Jokowi dan seputar blogging, saya juga mendapat pengalaman menulis cepat dan indeepth (mendalam) di waktu yang terbatas.

***

JARUM jam sudah menunjukkan pukul 08.00 WIB. Posisinya saya masih di kantor Graha Pena Rakyat Bengkulu. Selain harus absen, sebagai karyawan swasta saya juga masih ada pekerjaan yang harus dikerjakan pagi itu juga di kantor. Supaya saat ikut Flash Blogging, semua sudah beres.

Menurut jadwal, Flash Blogging yang diselenggarakan Direktorat Kemitraan Komunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu ini berlangsung pukul 09.00 WIB. Karena jaraknya yang lumayan jauh dari kantor, pagi ini saya pun bekerja dengan gercep. Alias gerak cepat.

Flash blogging ini sendiri sudah sejak seminggu lalu ditunggu-tunggu. Begitu mbak Ria Fasha share informasi ke grup komunitas Blogger Bengkulu, saya langsung isi formulirnya. Apalagi salah satu pematerinya yang akan berbagi ilmu adalah Mira Sahid. So pasti hari ini semua aktivitas lain menjadi nomor kesekian. Spesial dikosongin buat acara ini.

Saya berada di ruang kelas Flash Blogging nungguin acara dimulai.

Sejam kemudian, sampailah saya di Hotel Amaris yang berada di Jalan Gading Cempaka Kelurahan Penurunan, Kota Bengkulu. Lokasinya sekitar 4 kilometer dari kantor. Belum terlambat rupanya. Karena pas sampai, saya masih absen di jajaran 10 besar. Hehe. Jadi nggak buru-buru juga buat menyiapkan laptop dan perangkatnya.

Tak lama menunggu, pembukaan Flash Blogging dimulai. Seperti halnya dengan acara-acara lainnya, ada seremoni pembukaan. Sambutan diawali sepatah dua patah kata dari Sekretaris Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bengkulu Ferry Ernez Parera dan Direktur Kemitraan Komunikasi Kementerian Kominfo Dedet Surya Nandika.

Intinya sih keduanya sama-sama mengajak agar para blogger yang ada di Indonesia, terutama di Bengkulu bisa berperan aktif menebar kebaikan. Blogger diminta lebih baik memperbanyak konten positif dan bermanfaat. Apalagi tujuan nge-blog bukan hanya untuk untuk mendapat keuntungan dari segi penghasilan. Tapi juga bisa menjadi influencer atau memberi pengaruh baik buat orang-orang yang membaca tulisan kita.

Nggak cuma menulis soal niche blog kita saja. Tapi sesekali juga bisa saja menulis tentang program pengentasan kemiskinan, wisata, pembangunan dan lain-lain yang dikemas melalui bahasa-bahasa blogger yang ringan dan menarik untuk dibaca.

Peserta Flash Blogging Bengkulu
Peserta Flash Blogging Bengkulu

Saat yang dinanti-nanti tiba. Materi kegiatan Flash Blogging ini pun dimulai. Ada dua narasumber yang hadir. Dialah Andoko Darta Tim Komunikasi Presiden yang disingkatnya menjadi TKP. Juga ada blogger kece nan ternama Mira Sahid founder komunitas yang sudah menasional, Kumpulan Emak Blogger. Dimulai dari pemateri yang pertama :

Mengenal Sudut Istana

“Hoax tidak berbahaya. Yang berbahaya itu jika menyebar. Ibarat bisa gigitan ular yang menyebar ke seluruh tubuh. Hoax dibuat oleh orang pintar yang bermaksud jahat. Tapi disebarkan orang baik yang tidak pintar.” -Andoko Darta, Tim Komunikasi Presiden

Kalimat itu disampaikan Andoko Darta saat mengawali materi Sudut  Istana. Sebagai tim komunikasi presiden, materi yang disampaikan Andoko Arta adalah seputar jalannya pemerintahan. Beliau ini menyampaikan sudut pandang berbeda dari jalannya pemerintahan Presiden RI Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla selama empat tahun terakhir.

Dimana ada begitu banyak prestasi dan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah. Mulai dari Aceh, hingga Papua yang selama ini dikenal sebagai daerah terpencil dan susah akses transportasi. Tapi sayangnya, prestasi dan pembangunan itu kerap tenggelam karena maraknya berita hoax di dunia maya. “Hoax sudah menjadi perusahaan yang menyebabkan kerusakan kepada negara,” tegas Andoko.

Andoko mengatakan, pemerintah tidak anti kritik. Selama kritik yang disampaikan adalah kritik membangun. “Pemerintahan tidak sempurna. Jika salah, katakan salah. Jika benar, ungkapkan benar,” tutur Andoko.

Tim Komunikasi Presiden, lanjut Andoko, bertugas mendengar kritik membangun dari segala penjuru nusantara. Menurutnya, blogger Indonesia dari ujung barat ke ujung timur bisa berperan serta menyukseskan cita-cita pemerintah Menuju Indonesia Maju. Tagline ini juga menjadi tema Flash Blogging bersama blogger di Bengkulu/

Ibaratnya nih ya, blogger itu bisa menjadi Paspampres bagi jalannya pemerintahan, membantu menangkis berita hoax.

“Selama 72 tahun Indonesia menjadi negara berkembang. Presiden Jokowi menanamkan bahwa sekarang saat Indonesia menjadi negara maju. Ini adalah tahun keempat pemerintahannya. Mari sama sama membangun optimisme Indonesia Maju di media sosial,” ujar Andoko.

Kebijakan pemerataan yang berkeadilan yang sudah dilakukan antara lain:

  • Keberpihakan pada 40 persen lapisan masyarakat terbawah
  • BBM 1 harga. KAlau dulu di Papua harga BBM bisa Rp 65 ribu, sekarang bisa sama dengan masyarakat di daerah lainnya
  • Peningkatan kompetensi kerja
  • Subsidi tepat sasaran
  • Pembangunan pos lintas batas negara
  • Revitalisasi Pasar
  • Dan lain-lain.

Program di Bengkulu

Di Bengkulu , pemerintah Republik Indonesia sudah melakukan banyak program. Salah satunya adalah program sejuta rumah di Kampung Melayu. Kemudian telah dibangun 120 rumah nelayan sejak 2016-2017 untuk nelayan yang berpenghasilan rendah. “Pemerataan dapat dicapai dengan kesamaan perlakuan dan berkeadilan,” ujar Andoko.

Peserta diajak ikut berpartisipasi aktif saat materi berlangsung
Peserta diajak ikut berpartisipasi aktif oleh Andoko Darto saat materi berlangsung

Walau materi yang disampaikan Andoko ini seputar pemerintahan, tapi selama 30 menit paparan, asli peserta tidak merasa bosan. Karena beliau ini nggak hanya ngomong-ngomong saja. Ada video yang diputar, beserta penyajian data yang mendukung statemennya yang menyatakan pemerintah itu bener-bener bekerja untuk rakyat Indonesia.

buat kawan-kawan yang ingin menyampaikan kritik dan masukkan kepada pemerintah, Andoko berpesan bisa disampaikan melalui email lasmi.purnawati@setkab.go.id dan lasmipurnawati@yahoo.com. Email harus dikirimkan ke dua alamat tersebut.

Blogger Untuk Indonesia

Naraumber Flas Blogging Mira Sahid
Narasumber Flash Blogging Mira Sahid

Tibalah waktunya materi Mira Sahid. Ini materi yang tentu saja ditunggu para emak blogger yang ada di Bengkulu. Yaaa, nggak cuma emak-emak aja sih. Sebagian pesertanya ada yang masih single, juga ada lelaki blogger juga.

Mira Sahid ini adalah emak kelahiran Bandung, masih muda dan menjadi founder salah satu komunitas blogger terbesar di Indonesia Kumpulan Emak Blogger. Ibu dua anak ini aktif sudah aktif ngeblog sejak tahun 2008. Wah, sudah 10 tahun ya.

Dan ternyata dia suka kopi dan yoga. Kok samaan ya. Katanya Mira Sahid, kopi dan yoga bikin awet muda. Setujukah kawan-kawan?

Sekilas profil Mira Sahid
Sekilas profil Mira Sahid

Mira Sahid lebih banyak berbicara seputar dunia blogging yang harus bermanfaat untuk Indonesia. Bagaimana para blogger yang ada di Bengkulu, yang jumlahnya terdeteksi sudah mencapai 400 orang, bisa berperan untuk Indonesia. Khususnya dalam penyebaran informasi positif.

Hingga saat ini, tak sedikit diantara blogger yang masih anti dengan pemerintahan. Jangankan untuk berkolaborasi, untuk menyenggol hal-hal yang berbau pemerintahan kelihatannya sensitif sekali. Padahal blogger yang baik harusnya tidak begitu. Blogger harus terbuka untuk semua kalangan. Termasuk pemerintahan.

“Semakin kita membuka diri, semakin banyak jaringan yang bisa dibangun oleh para blogger. Sehingga konten tulisannya bisa semakin kaya dan bermanfaat,” ungkap Mira.

Miliaran Netizen

Mira membuka materinya dari peran manusia sebagai mahluk sosial. Di era teknologi canggih kayak sekarang ini, manusia hidup di dunia nyata, dunia mimpi dan dunia maya. Bahkan sebagian besar waktu di kehidupan sudah mulai didominasi hidup di dunia maya. Oleh sebab itu kita harus bijak dan cerdas dalam menjalani hidup di dunia maya ini.

Ada data menarik yang disampaikan. Bahwasanya dari jumlah penduduk 265,4 miliar, pengguna internet saat ini ada 132,7 miliar orang. Aktif di media sosial 130,0 miliar orang, pengguna smartphone unik 177,9 miliar orang dan aktif secara mobile di media sosial 120 miliar.

Sungguh banyak bukan? Bisa dibayangkan seperti apa dunia nyata ini, jika informasi hoax berjaya di dunia maya. Satu orang saja, bisa punya lebih dari dua akun di banyak aplikasi berbeda. Bisa share, twit, twit dan twit lagi.

Kalau pinjam istilahnya pak Andoko di awal materi, negara bisa hancur akibat berita hoax.

Data pengguna internet dan media sosial.
Data pengguna internet dan media sosial.

Informasi seputar blogging sendiri dimulai dari apa sih weblog. Ternyata ada rumusnya. Web + Log = Weblog.

Apa sih weblog?
Apa sih weblog?

Manfaat Menulis Blog

Blogger itu, katanya harus menulis pakai rasa. Selain memberikan pengetahuan baru, juga bisa membuat orang terlibat dalam tulisan. Menulis blog bermanfaat untuk :

  1. Menyalurkan hobi,
  2. Membuat rekam jejak digital,
  3. Branding personal,
  4. Media informasi,
  5. Engagement, 
  6. Peluang
"Blogger itu harus bisa memberikan dampak positif bagi pembacanya," kata Mira Sahid.
“Blogger itu harus bisa memberikan dampak positif bagi pembacanya,” kata Mira Sahid.

Untuk menulis ide kreatif, bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Mulailah dari banyak membaca dan berlatih. Olahlah kata semenarik mungkin dan bernada positif agar bisa membangun citra positif. Tambahkan efek visual sehingga tulisan menjadi lebih menarik.

Menulis sebaiknya juga dilakukan dengan sistematik. Dimulai dari intro atau pembukaan dengan kalimat yang mengajak orang untuk terus membaca. Lalu tambahkan setiap detail dan konklusi dari tulisan yang kita buat. Jangan lupa juga indahkan ejaannya yang harus standar bahasa Indonesia. Supaya blogger juga sekaligus membudayakan bahasa yang baik dan benar.

Apa Sih Flash Blogging?

Para peserta Flash Blogging lagi ikut challange menulis cepat
Para peserta Flash Blogging lagi ikut challange menulis cepat

Setelah dua materi selesai, sesi selanjutnya adalah flash blogging. Apa sih flash blogging itu? Dari hasil browsing saya menemukan flash blogging bisa disebut juga dengan ngeblog di tempat. Isi tulisan adalah reportase yang isinya bisa ditambahin sama pengalaman pribadi selama mengikuti suatu kegiatan. Tulisan kita itu diposting di hari yang sama, ditambahin foto, video atau grafis yang menarik.

Waktunya sempit gan. Cuma satu jam saja. Ada pakai hitungan mundur segala di layar yang bikin susasana nulis jadi makin mendebarkan. Tik, tik, tik, ruangan mendadak senyap dari suara orang bicara. Untung maih ada suara musik yang menemani.

Wah, rasanya kok deg-degan ya. Yaaa walau memang ingin jadi juara, tapi tentu saja yang paling utama saya ingin tulisan ini dimengerti isinya dan bisa bermanfaat bagi yang membaca. Jadi perlu konsentrasi supaya jangan sampai ada salah makna.

Yang Asik dari Acara Ini

 

Foto bersama blogger yang ada di Bengkulu dengan narasumber, Mira Sahid.
Foto bersama blogger yang ada di Bengkulu dengan narasumber, Mira Sahid.

Alhamdulillah melalui acara ini saya mendapat banyak manfaat. Manfaat yang saya dapatkan yaitu:

  • Dapat pengetahuan baru seputar blogging
  • Menambah sudut pandang baru dari jalannya pemerintah melalui materi Sudut Istana
  • Banyak kuisnya. Saya kebagian satu payung sebagai pengunggah youtube tercepat
  • Ikut mendukung pemerintahan Menuju Indonesia Maju
  • Mendapat motivasi menjadi blogger yang bermanfaat bagi Indonesia
  • Silaturahim dengan teman lama yang biasanya cuma ketemu di online
  • Nambah teman baru
  • Nambah arsip foto-foto
  • Nambah tulisan di blog
  • Jadi trending topik nasional di twitter hari ini

Overall, bagi saya, acara ini seru dan menarik sekali. Pesertanya diajak untuk berpikir dan bekerja cepat. Menyimak, menulis, posting tulisan, motret. Bahasanya jadi multitasking lah ya dalam hitungan jam. Apalagi di sesi pertama saya dapat hadiah payung berkat subscribe Youtubenya Sudut Istana dan ngetwit video tercepat di twitter.

Semoga tidak hanya kali saja acara semacam ini diadakan. Tapi lebih sering lagi, lebih banyak kuisnya dan kuotanya ditambahin. Sehingga semakin banyak blogger yang bisa ikut serta.

Nah, kawan-kawan yang ada di kota berbeda dan ingin ada event serupa diadakan di kota kalian, mungkin bisa colek-colek akun @kemkominfo @djikp dan @rniken di twitter ya. Siapa tahu ditanggapi. Soalnya zaman sekarang, cuitan di twitter bisa direspon lebih cepat.(**)

Tulisan ini dsertakan dalam lomba #flashblogging yang diselenggarakan @djikp @kemkominfo dan @rniken

14 Komentar Tambahkan milikmu
  1. Selamat ya… Dapat payung presiden hehehe. Waktu saya, dapat payung karena bercerita tentang blogger Aceh.

    Btw waktu acara di Bandung ga ada sesi flash bloggingnya lho. Yang dihadirkan juga youtuber edho zell. Terkesan ya sama materi yang disampaikan Pak Handoko Data team TKP.

  2. Aku jg ikutan ini kmrn. Eh, tp tulisan ak g komplit gini. Malah ad curcolnya. Hahaha. Ga bisa ngubah gaya sih. Keren mba.. Salut… Eh, setelah ini diundang keistana negara kan? Tmnq kmrn kesana hehe. *liat post berikutnya ah kepoo.. Haha

  3. Seru ya flash blogging, masih fresh buat nulis materi.
    Btw skrng pemerintah, kementerian jg udah mulai tahu ya kalau blogger bisa membantu mereka menyampaikan update2 kinerjanya ke masyarakat 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *