CAnggihnya OLED TV dari LG

Canggihnya OLED TV dari LG

Teknologi terus berkembang pesat di segala bidang. Demikian pula dengan teknologi televisi (TV). Jika sebelumnya kita dibuat kagum dengan layar tipis TV LED, maka sekarang ada lagi yang namanya Organic Light Emitting Diode (OLED) TV. Canggihnya OLED TV ini sudah diusung LG sebagai vendor TV ternama di dunia.

Dibanding Light Emitting Diode (LED), perangkat televisi dengan layar OLED jelas punya kualitas gambar yang jauh lebih baik. Itu sebabnya LG saat ini telah mengembangkan teknologi OLED TV dan meluncurkannya di pasaran.

Teknologi OLED TV

Karena sebutan OLED TV masih belum sepopuler LED, kita kupas dulu apa itu OLED TV. Teknologi OLED terbuat dari senyawa organik. Menyala ketika dialiri listrik. Mekanismenya sama dengan LED. Bedanya, layar OLED dapat dibuat dengan ukuran sangat tipis, fleksibel dan bahkan dapat digulung.

Pixel-pixel di layar OLED dapat menyala dan mati secara independen. Makanya, ketika pixel OLED dimatikan warnanya benar-benar hitam.

Layar OLED hadir perdana sekitar enam tahun lalu. Tepatnya tahun 2013. Sampai kini terus teknologinya terus berkembang. Nyatanya, perkembangan teknologi OLED ini mendapat animo positif dari masyarakat. Terbukti pada tahun lalu, penjualan TV premium mengalami peningkatan.

Data Futuresource Consulting menyebutkan pada tahun 2018, penjualan TV naik 3 persen dengan nilai yang juga naik sebesar 7 persen. Kenaikan persentase ini salah satu pendorongnya adalah peningkatan penjualan OLED TV.

Pengaruh besar OLED TV di pasaran, membuat sejumlah vendor elektronik juga ikut mulai melirik teknologi serupa pada produk TV mereka. Sebut saja seperti Philips, Sony atau Panasonic yang sudah memperkenalkan TV OLED ke pasaran.

Namun berbicara mengenai TV OLED tentu tidak terlepas dari nama LG. Karena LG satu-satunya perusahaan yang memproduksi panel OLED untuk perangkat TV melalui anak perusahaan LG Display. Selain memiliki TV OLED yang bervariasi, LG juga terus dengan mengembangkan teknologi-teknologi baru.

Yang Baru di OLED TV LG

OLED TV LG yang sudah disematkan dengan teknologi AI.
OLED TV LG yang sudah disematkan dengan teknologi AI.

OLED TV LG yang laris dipasaran, tak lepas dari berbagai teknologi anyar yang disematkan. Ini dia beberapa teknologi baru yang ada pada OLED TV LG :

1. Artificial Intelligence (AI)

Teknologi Artificial Intelligence (AI) adalah kecerdasan buatan ini. Penggunaannya lebih dari mengenai ketersediaan platform (Google & LG ThinQ). Namun juga bekerja pada peningkatan tampilan atau gambar dan suara.

Teknologi AI berpusat pada penggunaan prosesor Alpha 9 Gen 2. Yakni merupakan prosesor cerdas α (Alpha) 9 generasi kedua dari perusahaan yang memiliki algoritma pembelajaran yang mendalam.

Letak kepintaran prosesor generasi kedua LG ini ada pada algoritma khusus dengan kemampuan belajar (deep learning) yang memberi dukungan peningkatan pada sisi visual dan audio untuk memberi pengalaman sinematik lebih menyeluruh.

Pada sisi visual, bekal jutaan basis data terkait berbagai informasi visual, prosesor Alpha Gen 2 mampu mengenali berbagai kualitas konten asal untuk kemudian bekerja dengan pilihan metode terbaik dalam mengoptimalkan tayangan pada layar.

Dengan sensor khusus, prosesor pun mampu mengukur tingkat pencahayaan ruang sebagai dasar mengoptimalkan kecerahan layar dan perbaikan detail gambar pada bagian yang dibutuhkan.

2. Teknologi HDR

Kemampuan mengoptimalkan tingkat kecerahan yang berbeda menyesuaikan dengan pengaturan pencahayaan ini pun hadir saat memainkan konten High Dynamic Range (HDR). Sebagai pendukungnya, LG tetap mempertahankan teknologi Dolby Vision dalam jajaran TV premium terbarunya ini.

3. Efek Dramatis Pada Audio

Pada sektor audio pun, algoritma prosesor Alpha Gen 2 LG bekerja meningkatkan kepuasan dengar penggunanya. Salah satunya dengan tawaran nuansa bunyi lebih kaya dengan peningkatan secara virtual sistem audio 5.1 surround sound dari sistem audio 2.1 miliknya. Disamping itu, kemampuan mengidentifikasi bunyi berdasarkan ragam konten membuat nya dapat mereproduksi bunyi lebih baik.

Hasilnya, TV mampu menghadirkan efek suara lebih dramatis pada tayangan film aksi dan  sementara bagi tayangan music, suara vokal penyanyi akan terdengar lebih jelas. Bekal prosesor pintar ini pun membuat TV LG dapat memberikan tingkatan keluaran audio optimal yang menyesuaikan dengan penempatan dan posisi penggunanya.

Selain itu, LG juga memastikan tetap mempertahankan penggunaan teknologi Dolby Atmos untuk memperkuat audio TV terbarunya ini dalam memberikan keluaran audio yang lebih realistis.

4. Prosesor α9 Gen 2

Saat ini prosesor α9 Gen 2 sudah digunakan dalam seri TV OLED Z9, W9, E9 dan C9. Khusus ini seri 8K 88-inch Z9, penggunaan prosesor menawarkan kemampuan pemrosesan yang lebih tinggi untuk menghadirkan kualitas gambar 8K paling realistis yang terlihat tajam, jelas, dan terperinci.

Varian LG di Indonesia

Gimana? Canggih kan OLED TV keluaran dari LG ? Untuk pasar Indonesia, LG sudah merilis beberapa varian TV OLED Seri 9 (B9, C9, W9). Oh iya, OLED TV LG C9 ini kualitasnya sudah tidak diragukan lagi. Mengingat telah mendapatkan apresiasi dari Cnet sebagai TV OLED dengan kualitas gambar terbaik yang pernah ada.

Kelebihan OLED TV LG Seri C9

Apresiasi Cnet kepada OLED TV LG sebagai televisi terbaik, jelas bukan tanpa sebab. Ada beberapa kelebihan yang dimiliki OLED LG, khususnya untuk seri C9 yang sudah dipasarkan di Indonesia:

  • Sudah Dibekali LG ThinQ AI yang memungkinkan kita melakukan banyak hal.
  • Memiliki Audio terbaik dengan Dolby Atmos yang memberi keluaran audio bertenaga dan bergerak seakan ada di sekeliling Anda.
  • 4K Cinema HDR LG di dukung berbagai format HDR, HDR10 Pro dan HLG Pro
  • Desainnya sangat tipis, membuatnya mudah menyatu dengan dekorasi rumah
  • Ukuran layar mulai 55 inci hingga 77 inci
  • Punya prosesor cerdas α9 gen 2 / α7 gen 2 (model B9) yang akan menghasilkan gambar detail dan pengaturan suara terbaik.
  • Pengelolaan kabel yang tersusun rapi agar terlihat bersih dan tidak berantakan

Lagi Ada Promonya Loh

Yang bikin happy nih, buat yang tertarik untuk membeli TV OLED dari LG, sekarang adalah waktu yang sangat tepat. Saat ini LG sedang mengadakan promo OLEDPhoria berhadiah langsung e-voucher hingga Rp1 juta.

Hadiah ini bisa langsung didapatkan untuk setiap pembelian semua TV OLED LG selama masa promo yaitu dari 30 Juli 2019 – 31 Agustus 2019. Yuk buruan beli OLED TV LG mumpung masih promo.(**)

Baca Juga :

Lebih Dekat dengan ZenBook

 

Komi Kendy

Halo, saya adalah blogger pemula yang menyukai dunia menulis, fotografi dan traveling.

3 Comments

Join the discussion and tell us your opinion.

September 15, 2019 - 07:53

Semakin maju ternyata perkembangan teknologi ya mb. Baru pertama dengar n tau sama yang satu ini.

Balas
September 15, 2019 - 12:07

Makin canggih aja ya teknologi dari LG ini, jadi pengen ganti TV deh hehe

Balas
September 15, 2019 - 12:15

Keren, selain audionya, fitur paling menarik adalah teknologi AI-nya.

Balas

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: