Bayar pajak kendaraan bisa via ATM Bank Bengkulu

Bayar Pajak Kendaraan Bisa Via ATM Bank Bengkulu

Bayar pajak kendaraan di Bengkulu sekarang semakin mudah. Khususnya bagi nasabah Bank Bengkulu. Saat ini sudah ada program baru untuk membayar pajak melalui Anjungan Tunai Mandiri (ATM). 

Pernah nggak sih ketika kita merasa malas bayar pajak kendaraan gara-gara sudah keduluan membayangkan panjangnya antrean di Kantor Samsat? Ini saya sekali. Apalagi kalau mesti meluangkan waktu di jam kerja. Alhasil karena dinanti-nanti, molor dari tenggat waktu. Kena denda deh.

Yakin deh. Yang merasakan hal serupa bukan hanya saya. Itu sebabnya tak sedikit diantara pemilik kendaraan alias wajib pajak kerap telat bayar pajak kendaraan. Secara tak sadar ini membuat angka penunggak pajak menjadi terus bertambah.

Oleh sebab itu, Bank Bengkulu membuat terobosan baru. Dengan bekerjasama dengan Badan Pendapatan Keuangan Daerah (BPKD) Provinsi, Polda Bengkulu dan Jasa Raharja meluncurkan program yang memudahkan masyarakat untuk bayar pajak kendaraan.

Program e-Smilan

Direktur Utama Bank Bengkulu Agusalim saat menyampaikan sambutan pada program e-Smilan yang memudahkan nasabah bayar pajak kendaraan melalui ATM Bank Bengkulu
Direktur Utama Bank Bengkulu Agusalim saat menyampaikan sambutan pada program e-Smilan yang memudahkan nasabah bayar pajak kendaraan melalui ATM Bank Bengkulu

Program yang diluncurkan Bank Bengkulu namanya e-Smilan: baca Semilan. Program ini merupakan singkatan dari Elektronik Samsat Online Langsung Transaksi. Peluncuran berlangsung pada Minggu 23 Juni 2019 di Sport Center Pantai Panjang

“Keutamaan layanan ini memudahkan masyarakat membayar pajak kendaraan, baik mobil maupun motor tanpa perlu antre di Samsat. Cukup melalui ATM (Anjungan Tunai Mandiri),” kara Direktur Utama Bank Bengkulu H. Agusalim, SE, ME melalui Pemimpin Divisi Pemasaran Iswahyudi.

Melalui program Semilan masyarakat yang sudah membayar melalui ATM bisa mencetak pembayaran di mesin E-smilan yang akan disediakan di tempat-tempat umum. Dengan begitu pemilik kendaraan yang tadinya menunda pembayaran pajak karena enggan antre, bisa berkurang.

Dengan membayar tepat waktu, pemilik kendaraan pun tidak perlu membayar denda. Bayar pajak kendaraan bisa kapan saja. Tinggal datang ke mesin ATM yang ada di berbagai penjuru Provinsi Bengkulu, lalu datang ke lokasi mesin e-Smilan di Bencoolen Mall dan Kantor Pusat Bank Bengkulu.

Bagaimana Alurnya?

Penasaran kan bagaimana caranya bisa bayar pajak kendaraan melalui ATM Bank Bengkulu dan mesin e-Smilan. Ini dia caranya :

Alur bayar pajak kendaraan melalui mesin ATM Bank Bengkulu dan e-Smilan
Alur bayar pajak kendaraan melalui mesin ATM Bank Bengkulu dan e-Smilan
  • Pemilik kendaraan yang merupakan nasabah Bank Bengkulu bisa datang ke ATM yang tersebar di berbagai titik. Setelah memasukkan kartu dan PIN, pilih menu pembayaran pajak kendaraan.
  • Masukkan tanggal jatuh tempo pajak kendaraan yang terdapat pada Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP), melalui notice/ pemberitahuan. Setelah berhasil, maka wajib pajak akan mendapatkan bukti bayar dan kode referensi pembayaran.
  • Simpan bukti bayar dan kode referensi untuk melakukan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan pencetakan TBPKP sementara pada mesin Semilan.
  • Selanjutnya wajib pajak mendatangi mesin Semilan. Masukkan nomor referensi yang didapat dari pembayaran ATM. Nantinya wajib pajak akan mendapatkan TBPKP. Lalu masukkan STNK untuk melakukan emboss yakni pembubuhan cap dan paraf petugas Polri secara elektronik sebagai bukti pengesahan.
  • Yang perlu diingat juga, wajib pajak harus melakukan cetak ulang notice TBPKP di kantor samsat terdekat.
  • Untuk memiliki TBPKP yang asli sesuai ketentuan yang berlaku, maka wajib pajak harus mendatangi Kantor Samsat terdekat untuk menggantikan TBPKP sementara yang diperoleh dari mesin Semilan.

Ngomong-ngomong soal Bank Bengkulu, sudah pada ikutan program undian berhadiahnya apa belum? Kalau belum, buruan yuk ikuti programnya. Infonya ada di tulisan saya berjudul Grand Prize Fortuner Undian Bank Bengkulu Sudah Dipajang.(**)

Komi Kendy

Halo, saya adalah blogger pemula yang menyukai dunia menulis, fotografi dan traveling.

1 Comment

Join the discussion and tell us your opinion.

Oktober 24, 2019 - 21:05

[…] Bayar Pajak Kendaraan Bisa Via Bank Bengkulu […]

Balas

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *