Ayam Saos Lada Hitam Favorit Sahur & Berbuka

RAMADHAN memang bulan yang penuh berkah. Selain karena di bulan suci ini pintu mencari pahala terbuka lebar dan berlipat, kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga juga jadi lebih sering.

Jika pada hari biasa makan malam hanya bersama suami, maka di bulan Ramadhan ini saya yang masih tinggal bersama mama dan dua adik di rumah selalu buka bersama keluarga.

Nah, karena setiap orang punya selera yang berbeda-beda, terkadang jadi suka bingung kalau mau masak. Masak ikan, suami yang nggak doyan. Daging sapi, adik perempuan yang gak doyan. Masak soto, adik yang laki-laki yang ga suka.

Hingga pada suatu hari timbul ide bikin masakan dari bahan ayam, tanpa tulang dengan saos yang rasanya mirip dengan masakan salah satu restoran favorit keluarga. Saya menyebutnya Ayam Saos Lada Hitam. Dan ternyata masakan inilah yang seleranya kompak. Selalu ludes dari piring tanpa sisa. Rasanya manis, pedas dan gurih di lidah.

Sebagai perempuan pekerja yang hari liburnya cuma Minggu dan setiap hari pulang menjelang Magrib, terus terang saya lebih memilih masak makanan dengan cara yang praktis dan cepat. Apalagi kalau bulan Ramadhan, masaknya jadi harus lebih gesit.

Nah, memasak ayam saos lada hitam ini menjadi masakan yang disukai oleh keluarga, tapi masaknya gampang dan nggak pakai lama. Jadi melalui tulisan perdana menulis resep masakan hasil buatan sendiri ini saya ingin berbagi resep Ramadhan yang bisa dijadikan sebagai menu sahur atau makanan buka puasa. Dimulai dari menyiapkan bahan-bahannya :

Resep Ayam Saos Lada Hitam
Resep Ayam Saos Lada Hitam

Bahan

800 gr – Ayam potong daging dada bersih

5 siung – Bawang merah

3 siung – Bawang putih

1 ons – Bawang bombay

3 bks – Saos lada hitam kemasan

1/2 sendok – Merica

4 sendok – Kecap Manis

10 buah – Cabai rawit (sesuai selera)

1 sendok – Garam

Bawang merah dan putih dihaluskan bersama garam dan merica
Bawang merah dan putih dihaluskan bersama garam dan merica

Meracik Bahan

  • Cuci daging ayam hingga bersih, lalu iris kecil dengan potongan lebar seperti di-fillet
  • Iris 1 ons bawang bombay atau bisa ditambah sesuai selera
  • Giling halus 5 siung bawang merah dan 3 siung bawang putih dengan garam dan merica.
  • Iris 10 buah cabai rawit atau bisa ditambah dan dikurangi sesuai selera

Tahapan Masak di Kompor

  • Panaskan minyak goreng di kuali
  • Tumis bawang merah, bawang putih, garam dan merica yang sudah digiling halus hingga aroma harumnya keluar
  • Masukkan daging ayam, aduk sampai rata
  • Masukkan kecap dan cabai rawit. Lalu tambah sedikit air hingga meresap. Biarkan 10 menit.
  • Setelah daging ayam mulai matang, masukkan lada hitam cair dan bawang bombay, biarkan 5 menit.
  • Kalau ingin kuahnya lebih banyak, bisa ditambah sedikit air.
  • Setelah kuahnya tampak kental, pindahkan ke piring. Selesai deh.

Gimana? Gampang kan masak ayam saos lada hitam. Daging ayam ini bisa juga diganti sama daging sapi, tahu atau tempe loh. Saya juga udah pernah coba memasaknya dengan bahan lain.

Walau memasaknya mudah dan praktis, tapi yang perlu diperhatikan adalah pemilihan bahannya. Semuanya harus segar. Baik itu daging, maupun bawang dan cabainya. Karena kalau bukan bahan terbaik yang dibeli, akan mempengaruhi rasa.

Misal kalau dagingnya sudah kurang segar, rasanya jadi tidak manis lagi. Walau sudah dibumbui sedemikian rupa, ada rasa “sepah” yang tersisa.

Belanja di HappyFresh

Kurir Happy Fresh. Sumber: www.happyfresh.id
Kurir Happy Fresh. Sumber: www.happyfresh.id

Buat yang ingin membeli bahan masakan segar tapi punya waktu banyak untuk berbelanja, tidak usah khawatir tidak mendapatkan bahan masakan yang masih fresh. Karena sekarang ada layanan belanja online khusus bahan masakan segar. Yap. HappyFresh namanya.

Jasa layanan HappyFresh ini sangat membantu. Khususnya yang nyaris tidak punya waktu buat belanja. Jadi kita bisa menghemat waktu. Nggak perlu capek mondar-mandir bawa troli sampe berdiri antre panjang di kasir.

Selain itu juga menghindarkan diri dari pengeluaran belanja lainnya yang bikin budget belanja bahan makanan jadi membengkak. Hihihi tau sendiri kan ibu-ibu biasanya ngeliat yang lain, semuanya jadi bikin merasa perlu dibeli.

Apalagi belanja dengan menggunakan layanan HappyFresh ada promo #BukaKebahagiaan selama Ramadhan. So, sangat tepat menjadikan HappyFresh sebagai pilihan utama para buat berbelanja.

Seperti yang kita ketahui, di zaman digital seperti sekarang ini aktivitas berbelanja bahan masakan segar pun bisa dilakukan cukup menggunakan ujung jari saja. HappyFresh memberikan kemudahan itu melalui aplikasi yang diluncurkan melalui AppStore atau Google Play Store.

Meski bukan kita sendiri yang memilih langsung sayur, bahan mentah lauk dan lain-lain, namun HappyFresh memberikan jaminan yang dibeli adalah kualitas terbaik. Soalnya tenaga alias sumber daya manusia yang berbelanja, sudah dibekali oleh pengetahuan dan keahlian memilih bahan masakan yang oke punya.

Download Aplikasinya

HappyFresh di Play Store
HappyFresh di Play Store

Terus gimana dong kalau mau menggunakan jasa layanan berbelanja bahan masakan segar dari HappyFresh? Caranya gampang bingits. Tinggal buka AppStore (pengguna smartphone Aplle) atau Google Play Store. Ketik HappyFresh di pencarian. Install. Berat aplikasi ini hanya 29 MB dan sekarang sudah dipakai oleh lebih dari 1 juta orang.

Asyiknya lagi, HappyFresh sekarang lagi ada diskon Rp 50 ribu loh untuk order pertama dengan pembelian minimal Rp 150 ribu. Diskon ini bisa kita dapatkan dengan memasukkan kode BUKARESEP di halaman checkout yang ada di aplikasi. Atau bisa juga dengan memasu  Promo ini berlaku 1 Januari-31 Desember 2018.

Cara Belanja

Cara belanja HappyFresh mirip kayak kita berbelanja online di aplikasi belanja lainnya. Bedanya, HappyFresh khusus untuk berbelanja di supermarket. Kita tinggal tentukan melalui maps atau peta dimana tempat kita tinggal.

Nantinya aplikasi tinggal mengarahkan supermarket mana yang terdekat dengan rumah. HappyFresh dengan personal shopper terlatih yang akan berbelanja. Setelah itu dianter sampai ke rumah.

Supermarket Premium

Saat ini HappyFresh bekerja sama dengan banyak supermarket ternama. Ada Ranch Market, Farmers Market, Superindo, LOKA Lifestyle Supermarket, LotteMart, Grand Lucky dan Carrefour. Selain itu juga tersedia toko yang menjual barang khusus seperti Red & White.

Mahal Nggak?

Pilih barang yang kita perlukan. Barang yang kita beli melalui aplikasi, tetep sama dengan harga toko. Sistem pembayaran bisa dilakukan dengan kartu kredit dan cash on delivery. Kita bisa membayar ketika barang sampai dan kita terima.

Waktu antar belanjaan juga bisa diatur dengan rentang waktu panjang. Mulai dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Jadi kalau masih ada keperluan di luar rumah, kita bisa bikin janji sama kurirnya kapan sudah ada di rumah. Mudah kan?(**)

 

 

31 Komentar Tambahkan milikmu
  1. Nah bener…. belanja dengan mudah itu pilihan ibu ibu jaman sekarang ya. Apa lagi kayak q tipe orang malas keluar rumah jadi Langsung bisa q nulai nih belanja di happy fresh…

  2. Yummy banget hasilnya mbak. Saya boleh catet ya resepnya, mau praktek bikin langsung d rumah.
    Enaknya di jaman serba digital ini, beli sayur dan buah pun bisa dari rumah sambil mengerjakan pekerjaan rumah. Kualitas buah dan sayur pun terjaga kesegarannya. Happy fresh emang bikin happy dah

  3. kayaknyo enak menggoda giman gitu mbak, bikin ngiler. bulila kelak selesai masa pantang dicubo. maklumla udah melahirkan nih dak bisa makan pedas dulu hehe

  4. aku sempet pengen nyoba juga nih belanja pake Happy Fresh, tapi belum kesampean sampe sekrang karena terlalu banyak aplikasi semacam ini di smartphone kak. Tapi kalo harganya sama kaya d store boleh juga ya…

  5. Ini pedas kah? Ada double lada di haluskan dan saos lada hitam. Btw apa merk saos lada hitsmnya. Mungkin bisa di tukar dengan saori saus tiram or teriyaki? Well. Thanks for sharing makin pedas dengan tambahan cabe rawit. Nom nom nom.

  6. Asyik ya belanja di HappyFresh. Bayarnya flexibel lagi. Terus pengiriman barangnya juga bisa ditentukan. Dan yang pasti barang – barangnya segar dan berkualitas.
    By the way saya save resep ayam saos lada hitamnya ya mbak. Kelihatan yummy.

  7. Emak2 wajib tau happy fresh nih. Kayaknya ak krg update.. Baru tau pas baca ini. Hihi. Praktis ya ad saos lada hitam yg udah kd ya bun? Boleh tau merk ap? Biasa sy bikin manual pak lada hitam asli. Penasaran yg udh jadi kyk gmn rsnya.. Hihi

  8. Aih sekarang bahkan ada grocery online? Memudahkan sekalee… Hihihi. Apalagi dengan keadaan yang sudah sangat rempong dan capek ngurusin rumah, urusan belanja dapur dipermudah itu worth it to have banget

  9. Saus Lada Hitamnya merek apakah mbak? Btw, saya pernah pakai aplikasi happyfresh ini, memudahkan sekali untuk belanja bahkan untuk emak-emak kayak saya yang males banget keuar rumah, hahaha. Salut deh, walau bekerja, makanan buatan sendiri itu memang paling top yaaa

  10. Enak banget kayaknya, makasih resepnya.
    Saya beberapa kali pakai Happy Fresh suka ngumpulin tas belanjanya haha.
    Tapi semenjak pindah Cilebut blm pernah pakai lagi, ntr nanya ah apa masih masuk area jangkauannya 😀
    TFS

  11. Mau Coba resepnyaaa aahh..
    Simple dan praktis sepertinya..tinggal beneran di praktekin.
    Sekalian pengen coba download Happy Fresh ..
    Lumayan belanja keperluan masak secara online tanpa perlu kemana-mana. bisa nyambi kerjain kerjaan rumah…

  12. Resepnya boleh dicoba nih mba. Enak banget kayaknya itu ya ayamnya. Oiya, happy fresh emang ngebantu banget apalagi aku gak bisa kemana2 jagain bayi sm kakaknya yg gak bs diem kalau diajak ke pasar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *