Pesawat Wings Air yang akan terbang dengan rute Bengkulu-Mukomuko
TRAVELING

Asyik, Traveling ke Mukomuko Sekarang Bisa Naik Wings Air

MUKOMUKO sudah berasa seperti kampung halaman sendiri. Ada nenek, juga datuk (kakek) suami yang Alhamdulillah masih sehat menetap di Desa Tanah Rekah. Disela libur Lebaran kami sekeluarga biasa “mudik” dua hari untuk berkunjung ke sana.

Perjalanan darat dari Kota Bengkulu menuju Mukomuko, kabupaten yang berbatasan dengan Sumatera Barat, sungguh menyita waktu dan tenaga. Perlu menempuh perjalanan 6-7 jam menggunakan mobil. Berangkat pagi, sampainya sudah sore. Bahkan jelang Magrib jika banyak mampir.

Sean bersama datuk saat mudik ke Mukomuko
Sean bersama datuk saat mudik ke Mukomuko

Paling terberat ketika melintasi rute perkebunan karet Pamorganda yang masuk ke wilayah Kabupaten Bengkulu Utara. Jalan berkelok-kelok bikin pusing. Setiap mudik, kami biasa bersama mama dan papa mertua yang usianya sudah lebih dari 60 tahun. Pasti mereka merasakan lelah yang lebih dari saya dan suami.

Nah, mudik tahun depan ke Mukomuko sepertinya sudah bisa merasakan naik pesawat yang bisa meringkas waktu perjalanan jadi 30 menit saja. Karena mulai 25 Oktober mendatang, maskapai Wings Air yang merupakan bagian Lion Air Group mulai melayani rute penerbangan Bengkulu-Mukomuko.

Beragam Detinasi Wisata

Wisata Danau Nibung di Mukomuko
Wisata Danau Lebar di Mukomuko

Selain untuk mudik, ke Mukomuko juga bisa sambil berwisata. Daerah yang dikenal akan kenikmatan rendang lokannya itu memiliki wisata pantai Batu Baduro, Danau Nibung dan Danau Lebar hingga Air Terjun Mandi Angin yang indah. Traveler juga bisa mendatangi tempat bersejarah berupa puing peninggalan Benteng Anna buatan Inggris.

Selama ini banyak traveler yang sesungguhnya ingin mendatangi Mukomuko. Kabupaten terjauh di Provinsi Bengkulu ini adalah pilihan terbaik, karena berlokasi sangat strategis berbatasan langsung Bengkulu dan Sumatera Barat. Akses menuju ke sana sudah tentu semakin mudah dengan adanya Wings Air.

Wings Air Terbang Perdana

Wings Air (kode penerbangan IW) menyediakan cara mudah melancong menuju kedua kota mulai 25 Oktober 2018. Pembukaan jaringan baru dalam intra wilayah yang menghubungkan Kota Bengkulu dan Mukomuko.

Penerbangan dilayani dengan frekuensi penerbangan satu kali setiap hari pergi pulang (PP). Hal ini menjadikan Wings Air sebagai maskapai satu-satunya yang menerbangi secara regular.

Layanan perdana Wings Air akan dimulai dari Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Bengkulu (BKS) pukul 07.40 WIB, menggunakan nomor IW-1134. Pesawat dijadwalkan tiba di Bandar Udara Mukomuko, terletak di Desa Bandar Ratu, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu (MPC) pada 08.20 WIB.

Untuk rute sebaliknya, Wings Air bernomor IW-1135 akan berangkat dari Mukomuko pada 08.40 WIB, kemudian diperkirakan mendarat di Fatmawati Seokarno pukul 09.20 WIB.

Dalam menarik minat traveler di era kekinian, salah satunya segmen rute baru Bengkulu ke Mukomuko, Wings Air mengajak wisatawan ataupun pebisnis merasakan terbang dengan pesawat asal Prancis tipe ATR 72-500 dan ATR 72-600.

Armada berkapasitas 72 kursi ini sangat handal di kelasnya. Cocok menerbangi rute pendek dan dilengkapi interior kabin terbaik, sehingga menjadikan pengalaman terbang semakin berkesan.

Operations Director of Wings Air Capt. Redi Irawan mengungkapkan, ekspansi rute baru adalah bagian strategis Wings Air dalam mengembangkan jaringan penerbangan domestik dalam upaya menghubungkan wilayah setingkat kabupaten dengan kota.

Permudah Mobilitas

Rute Baru Wings Air
Rute Baru Wings Air

Selain itu, pengembangan di Bengkulu ini menjadi bagian komitmen kami guna mempermudah mobilitas orang dan menyediakan akses percepatan distribusi barang ataupun logistik.

“Kami akan terus melakukan evaluasi market, apabila pasar di rute ini tumbuh secara signifikan maka tidak menutup kemungkinan Wings Air bisa meningkatkan jumlah frekuensi atau membuka rute dengan terhubung ke kota lainnya,” jelas Redi.

Wings Air akan melengkapi transportasi yang ada sekarang sekaligus memberikan alternatif baru bagi penduduk lokal ketika bepergian. Nilai lebih tersebut seiring kesungguhan Wings Air dalam menyediakan konektivitas masyarakat Mukomuko dan sekitar untuk melanjutkan penerbangan dengan singgah terlebih dahulu di Bengkulu, ke destinasi lainnya.

Yaitu Medan, Pekanbaru, Jambi, Padang, Tanjung Pinang, Anambas, Dumai, Tanjung Karang, Palembang, Pangkalpinang, Pontianak, Jakarta (Soekarno-Hatta dan Halim Perdanakusuma), Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Denpasar, Lombok.

Redi menambahkan, Mukomuko adalah pintu masuk ke Bengkulu bagian utara, dengan tersedianya penerbangan secara reguler diharapkan berdampak positif terhadap pengembangan berbagai sektor antara lain industri kreatif, pariwisata, bisnis, jasa, perdagangan dan lainnya.

“Hal ini sejalan upaya pemerintah dalam mendorong pertumbuhan ekonomi. Wings Air mengharapkan rute ini dapat menunjukan tren positif sejalan berbagai inisiasi banyak pihak,” tambah Redi.

Bersamaan pembukaan Bengkulu ke Mukomuko pada 25 Oktober 2018, secara serentak Wings Air akan meresmikan penambahan satu frekuensi terbang dari Kupang ke Atambua di Nusa Tenggara Timur, sehingga menjadi dua kali sehari.

Sampai saat ini, Wings Air telah terbang ke 110 destinasi dalam dan luar negeri. Untuk jaringan regional, sudah melayani ke Kuching, Malaka di Malaysia. Wings Air memiliki frekuensi yang mencapai lebih dari 350 penerbangan perhari dengan didukung 61 armada ATR 72-500/ 600. (**)

25 thoughts on “Asyik, Traveling ke Mukomuko Sekarang Bisa Naik Wings Air

  1. Baru tau saya ada daerah dengan nama unik gini.
    Btw pesawatnya sama kayak yang saya naikin kalau mudik ke rumah ortu.
    Agak2 serem gitu, kayak naik bus terbang hahaha.

    Untung jaraknya gak jauh, jadi gak serem mulu liat baling2 pesawat 😀

  2. Senang ya mba, sekarang makin banyak fasilitas yang bisa diakses untuk bepergian kayak gini. Bikin traveling makin happy 😊

  3. Aku kira tadi mokumuko itu di luar negeri tapi kok pakai wings air. Sungguh mainku kurang jauh, sampai gak tau nama daerah di negeri sendiri, ckckck

    Di Jatim juga mulai banyak bandara kecil untuk ke kota-kota yang jarak tempuhnya lama dari Surabaya. Memudahkan banget untuk bepergian dan pengiriman logistik

  4. Wah, rencana tahun ini ke Bengkulu belum kesampaian, semoga tahun depan..Pengin ke Muko-Muko juga
    Habis mupeng, suami selalu cerita tentang Bengkulu, karena waktu lajang dia pernah kerja di kota Bengkulu selama 5 tahun..
    Syukur kalau sudah ada penerbangan langsung ya Mbak

  5. Seumur hidup tinggal di indonesia ak baru tau sm daerah muko-muko. Haha. Aku yg kuper banget atau apa ya. Aku kira td pas baca judulnya daerah di jepang sana. Ckck. Byk jg destinasi wisata keren ya disana. Keren deh, smg suatu saat bs kesana.

  6. Hai mbak.. Perjalanan saya ke daerah Sumatera baru sampai Lampung, Palembang, Jambi dan Padang,Bukittinggi. Sempet berencana ke Bengkulu tapi gagal.. Pengen juga kapan-kapan mengunjungi Bengkulu dan baru tau juga klo MukoMuko masuknya wilayah Bengkulu. Senang ya akhirnya ada rute pesawat ke sana juga.

  7. Ooo di Bengkulu 😀
    Wah asyik kalau ada rute penerbangan bisa menyingkat waktu ya mbak.
    Bisa langsung ke Malaysia jg yaaaa
    Tapi kalau di Jkt perjuangan banget krn bandara jauh, eh tapi untung udah ada Halim sih kalau yg dari seatan Jkt. Ini knp malah curhat ya haha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back To Top