Ajak Bobe Jadi Duta Promosi

Ajak Bobe Jadi Duta Promosi

SELALU ada yang menarik dari kopi darat (kopdar) Blogger Bengkulu (Bobe). Pada pertemuan kesembilan Minggu, 30 April 2017, secara langsung Bobe diajak menjadi media promosi Bengkulu. Khususnya promosi produk-produk lokal. Mulai dari kerajinan, makanan, berikut pelaku ekonomi kreatifnya.

Untuk itulah kopdar yang difasilitasi Media Centre Pemprov di Ruang Rafflesia lantai II, Kantor Gubernur, mempertemukan antara Bobe dan Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Provinsi, bersama empat kabupaten. Antara lain Rejang Lebong, Kaur, Kota Bengkulu dan Bengkulu Tengah.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) Provinsi Hj. Yuliswani, SE, MM mengatakan, banyak diantara pelaku industri rumahan yang ada di Bengkulu mengalami kendala dalam pemasaran produknya. Seiring dengan kecanggihan teknologi, media promosi bisa lebih luas melalui internet.

“Saya pikir komunitas Blogger ini sangat tepat diajak kerjasama sebagai media promosi produk-produk Bengkulu. Lalu saya minta bantuan media centre untuk memfasilitasi, hingga kita bisa sampai bertemu di hari ini. Di tahap awal mungkin fokusnya pada promosi makanan dan minuman Bengkulu,” ungkap Yuliswani.

Pada kesempatan kopdar, Yulsiwani mengajak serta sejumlah pelaku ekonomi kreatif dan Dinkop UKM kabupaten. Mereka membawa serta hasil produksi makanan andalannya. Ada yang sudah ternama, meraih penghargaan dan dijual hingga ke luar daerah. Namun ada pula yang masih beredar di kabupaten dan belum ada promosi.

Dari Dinkop UKM Bengkulu Tengah ada pisang salai cokelat dan keju, jeruk kalamansi dan ikan kering tawar. Dari Kaur ada kerupuk gurito rasa original dan pedas, kopi petik merah naga rantai kualitas terbaik dari Kaur dan kopi luwak liar Naga Rantai Koperasi produsen Cahaya Sejahtera Lestari.

Kemudian dari Rejang Lebong ada produsen gula aren dan gula semut. Kota Bengkulu ada kerupuk ikan beledang, emping melinjo Enggano Ceshi, sambal cengeh dan jahe Auliya kemasan yang sudah dipasarkan hingga ke Bali. Masing-masing produsen memaparkan langsung produk mereka di hadapan 28 peserta Kopdar Bobe yang hadir.

Sebarkan Informasi

Sementara itu, Tim Ahli Media Centre Rizal Mustari mengatakan, dunia Blogger lebih luas untuk menyebarluaskan informasi. Blogger punya peran menyajikan informasi ke dunia maya yang bisa diakses hingga seluruh dunia.

“Koran dan televisi sudah menjadi “old media”. Blogger menjadi bagian dari media masa depan,” ujar Rizal yang sebelumnya dikenal sebagai presenter dan pendiri program Liputan 6 di salah satu stasiun televisi swasta nasional.

Blogger, lanjut Rizal, bisa menjadi media promosi yang potensial bagi Pemprov untuk mempromosikan event dan produk-produk unggulan daerah. Begitupun dengan pariwisatanya. Oleh sebab itu ia berharap agar kedepannya Bobe bisa menjalin kerjasama yang baik dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada.

“Semog Bobe bisa menjadi duta Bengkulu untuk mempromosikan produk-produk kerajinan dan makanan Bengkulu,” ungkap Rizal.

Tawaran kerjasama yang ingin dijalin Pemprov Bengkulu, disambut baik Komunitas Bobe. Ketua Bobe Mildaini, S.Pd berharap Bobe bisa menjadi media partner setiap event yang diselenggarakan Pemprov Bengkulu. “Kami ingin menjadi komunitas pertama yang diundang, agar kawan-kawan mendapat informasi lalu menulis di blog masing-masing sebagai promosi,” ujar Milda.

Milda Ini mengatakan, Bobe memang belum lama berdiri. Namun tingkat partisipasi para blogger cukup tinggi. “Saat ini ada lima puluh blog aktif yang sudah terverifikasi,” ungkap Milda.

Untuk bergabung di grup Wa, lanjut Milda, harus mengikuti syarat dan ketentuan minimal wajib memiliki blog. “Dengan adanya verifikasi ini, apa yang dituliskan kawan-kawan anggota Bobe bisa dipertanggungjawabkan isinya. Bukan blog yang abal-abal,” ujar Milda.

Pertemuan kedelapan. Apresiasi terhadap Pemprov Bengkulu yang bersedia menggandeng Blogger Bengkulu. “Kami berharap pada event-event yang diselenggarakan oleh Pemprov Bengkulu, Bobe menjadi komunitas yang pertama kali diundang. Dijadikan media partner,” ungkap Milda Ini.(ken)

 

4 Replies to “Ajak Bobe Jadi Duta Promosi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *