10 Alasan Pilih Traveling Naik Kereta Api

TRANSPORTASI  saat traveling yang paling asyik, ya kereta api. Berpindah dari satu destinasi ke destinasi lainnya walau jaraknya jauh, nggak terlalu berasa capek. Apalagi kalau jarak dekat. Rasanya baru saja naik, nggak terasa lama udah sampai aja ke tempat tujuan. Cocok kalau perjalanan bawa keluarga. Khususnya orangtua dan anak.

Transportasi milik PT. Kereta Api Indonesia (KAI) ini sudah berdiri sejak tahun 1946 atau setahun setelah Indonesia merdeka. Semakin hari, pelayanannya pun semakin bagus. Termasuk dengan kondisi stasiunnya. Apalagi sekarang rutenya semakin diperbanyak. Setidaknya ada sepuluh alasan kenapa naik kereta api itu patut menjadi tranportasi pilihan buat traveling :

1.Bebas Macet

Pengalaman naik bus sampai 7 jam untuk menuju Kota Bandung, terus terang bikin “trauma”. Apalagi saat musim liburan. Terjebak macet di bus walau ber-AC, tetep rasanya bikin bete. Belum lagi kalo sudah terlanjur janjian minta dijemput. Nggak bisa kasih kepastian kapan nyampe.

2.Tepat Waktu

Perjalanan yang ontime, nggak bikin orangtua merasa lelah.
Perjalanan yang ontime, nggak bikin orangtua merasa lelah.

Sepanjang naik kereta api, belum pernah tuh ngalamin yang namanya delay berjam-jam. Apalagi sudah duduk manis, disuruh turun lagi karena harus pindah armada. Kalopun molor 5-15 menit untuk keberangkatan atau tiba di tujuan, ya masih bisa ditoleransi.

3.Cepat

Naik kereta api lebih cepat sampai ke tujuan. Misal ke Bandung naik mobil, bisa ampe 3 jam paling cepat dari Jakarta. Atau Jakarta ke Purwokerto bisa sampai 8 jam. Padahal ke Bandung naik kereta Cuma 2 jam. Ke Purwokerto bisa lima jam naik yang eksekutif.

4.Aman

Akses masuk ke stasiun dan gerbong kereta yang terbatas hanya penumpang dan petugas, membuat kondisi jadi lebih aman. Pengalaman pernah nyampe Stasiun Purwokerto jam 2 pagi belum bisa kemana-mana, tidur di stasiun pun barang-barang aman.

5.Tertib & Nyaman

Tempat duduk yang diatur dua orang per baris dan luas di kaki, bikin perjalanan jadi nyaman. Jalannya pun gak berkelok-kelok kayak jalan aspal. Apalagi sekarang semua kelas ber-AC. Setiap penumpangnya tertib duduk di bangku masing-masing. Terus juga dicek dengan jelas Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau identitas lainnya sampai dua kali.

6.Bersih

Bagian dalam gerbong bersih.
Bagian dalam gerbong bersih.

Gerbong penumpang kereta api terbilang bersih. Termasuk dengan toiletnya. Apresiasi sama petugas saat di tengah perjalanan membawa plastik besar, meminta sampah dari penumpang.

7.Ajang Wisata

Nenek sama Sean berada di kereta api Argo Parahyangan saat kami menuju Jakarta.
Nenek sama Sean berada di kereta api Argo Parahyangan saat kami menuju Jakarta.

Sepanjang perjalanan, ada pemandangan indah menanti. View-nya berasa beda kalo kita naik mobil, Ini bikin naik kereta apinya serasa menjadi destinasi wisata.

8.Tiket Murah

Tiket perjalanan keluarga kecil kami.
Tiket perjalanan keluarga kecil kami.

Yang namanya traveling, sudah pasti memperhitungkan budget. Termasuk budget transportasi. Tiket kereta api terbilang murah. Apalagi dengan jarak tempuh yang lebih cepat, membuat pengeluaran buat biaya lain seperti makan, jadi berkurang.

9.Tiket Mudah

Mesin chec-in tiket di Stasiun Gambir.
Mesin chec-in tiket di Stasiun Gambir.

Dulu, taunya beli tiket kereta kita harus datang dan antre di stasiun. Seiring perkembangan teknologi, lewat handphone pun bisa beli tiketnya. Mengecek jadwal dan pantau harga tiket bisa dilihat di situs resmi https://tiket.kereta-api.co.id/# atau situs-situs traveling lainnya. Asal sudah punya kode booking, print out tiket juga nggak mesti antre ke petugas. Sebab di stasiun juga sudah disediakan mesin cetak otomatis/

10.Bagasi Nggak Ribet

Bagasi luas dan berada tepat di atas kepala penumpang.
Bagasi luas dan berada tepat di atas kepala penumpang.

Barang bawaan penumpang kereta api, bisa disimpan di dekat kursi penumpang. Bisa di lantai, atau di bagasi atas kepala. So pasti kita nggak perlu antre buat nungguin bagasi seperti di bandara. Kita pun merasa lebih aman kalau pas nyimpen barang beharga seperti kamera, laptop dan lain-lain. Tas pun nggak mudah rusak.

Nah itu dia 10 alasan kenapa lebih asyik traveling naik kereta api ketimbang armada lain. Mungkin traveler lain punya alasan lain. Baik yang setuju lebih suka naik kereta, maupun naik armada lain. So, ayo traveling asyik naik kereta api.(**)

 

5 Comments Add yours

  1. Ria M fasha berkata:

    naik kereta api memang enak
    aku kalau dijawa sering milih naik kereta karena ekonomis dan nyaman
    kalo di bengkulu mah ga ada ya hehee

    1. admin berkata:

      iyahh mbak lebih nyaman kalo naik kereta api

  2. Keluarganawra berkata:

    saya belum pernah aja ortu naik kereta api, kali enak ya ngajak nenek nawwra naik kereta,

  3. Ella berkata:

    Sepakat bgt nih mbak.. Aku juga hobi banget naik kreta. Gak bakal mabok deh.. Wkwkwk

    1. admin berkata:

      salam kenal mbak Ella 😀 iyaaa.. asyik naik kereta api.. sayangnya di Bengkulu belum ada

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *